Dalil 10 Sunnah Wudhu

10 hal berikut ini sunnah dilakukan saat berwudhu. Sunnah dalam istilah fikih artinya mendapat pahala apabila dilakukan tapi tidak berdosa apabila ditinggalkan serta tidak merusak keabsahan wudhu.
Dalil Sunnahnya Wudhu Ada 10
10 hal berikut ini sunnah dilakukan saat berwudhu. Sunnah dalam istilah fikih artinya mendapat pahala apabila dilakukan tapi tidak berdosa apabila ditinggalkan serta tidak merusak keabsahan wudhu.

Judul kitab: Al-Tahdzib fi Adillati Matnil Ghayah wat Taqrib
Nama kitab asal: التذهيب في أدلة متن الغاية والتقريب
Penulis: Mustofa Daib Al-Bigha Al-Maidani Al-Dimasyqi Al-Syafi'i
Bidang studi: Dalil Quran dan Hadits fiqih madzhab Syafi'i dalam Kitab Matan Taqrib karya Abu Syujak

Daftar Isi
  1. Sunnah Wudhu Ada 10
  2. Download Kitab Al-Tahdzib
  3. Kembali ke: Kitab Tahdzib Dalil Matan Taqrib

SUNNAH WUDHU ADA 10

وسننه عشرة أشياء:

1 - التسمية (1)
2 - وغسل الكفين قبل إدخالهما الإناء
3 - والمضمضة
4 - والاستنشاق
5 - ومسح جميع الرأس (2)، ومسح الأذنين ظاهرهما وباطنهما بماء جديد (3)
6 - وتخليل اللحية الكثة (4)
7 - وتخليل أصابع اليدين والرجلين (5)
8 - وتقديم اليمنى على اليسرى (6)
9 - والطهارة ثلاثاً ثلاثاً (7)
10 - والموالاة (8).

10 SUNNAHNYA WUDHU

Dan sunnatnya berwudlu ada sepuluh macam: membaca tasmiyah atau basmalah (Bismillaahir Rohmaanir Rohiim)(1), membasuh dua telapak tangan sebelum memasukkannya ke dalam bejana, berkumur, istinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkannya kembali), mengusap kepala secara keseluruhan (2), mengusap dua telinga bagian luar maupun dalam dengan air yang baru(3), membasahi sela-sela janggot yang tebal (4), membersihkan sela-sela jari dua tangan beliau (takhlil) dan jari-jari kaki (5), mendahulukan anggota wudlu sebelah kanan dari yang sebelh kiri (6), bersuci/membasuh anggota wudlu tigakali tigakali (7), dan muwalat (berturut-turut/kontinyu) (8)

Catatan dan dalil

(1) روى النسائي (1/ 61) بإسناد جيد، عن أنس رضي الله عنه قال: طلب بعض أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم وَضوءاً فلم يجدوا ماءَ، فقال صلى الله عليه وسلم: (هَلْ معً أحَد مِنكمْ مَاء). فَأتيَ بماء، فوضع يده في الإناء الذي فيه الماء، ثم قال: (تَوَضؤُا بِسمِ اللهِ) أي قائلين ذلك، فرأيت الماء يفور من بين أصابعه، حنى توضأ نحو سبعين رجلاً.

(2) دليل هذه السنن الأربع: ما رواه البخاري (183) ومسلم (235) من حديث عبد الله بن زيد رضي الله عنه، وقد سئل عن وُضوء النبي صلى الله عليه وسلم، فدعا بِتَوْر من ماء، فتوضأ لهم وُضوء النبي صلى الله عليه وسلم: فأكفَأ على يده من التور، فغسل يديه ثلاثاً، ثم أدخل يده في التور، فمضمض واستنشق واستنثر بثلاث غَرَفات، ثم أدخل يده فغسل وجهه ثلاثاً، ثم غسل يديه مرتين إلى المِرفقين، ثم أدخل يده فمسح رأسه، فأقبل بهما وأدبر مرة واحدة، ثم غسل رجليه إلى الكعبين.
[التور: إناء كان معروفاً لديهم. فأكفأ: أسال وصب].

(3) روى الترمذي وصححه (36) عن ابن عباس رضي الله عنهما: أن النبي صلى الله عليه وسلم مسح برأسه، وأذنيه ظاهرهما وباطنهما.
وللنسائي (1/ 74): مسح برأسه وأذنيه، باطنهما بالسباحَتيْنِ، وظاهرهما بإبهاميه.
وروى الحاكم (1/ 151) من حديث عبد الله بن زيد رضي الله عنه، في صفة وُضُوئه صلى الله عليه وسلم أنه توضأ، فمسح أذنيه بماء غير الماء الذي مسح به الرأس. قال الحافظ الذهبي: صحيح.. (1/ 484).

(4) روى أبو داود (145) عن أنس رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا توضأ أخذ كفاً من ماء، فأدخله تحت حَنَكِهِ، فخَللَ به لحيته، وقال: (هكذَا أمرَني رَبى عز وَجَل).

(5) عن لَقِيط بن صَبرَةَ رضي الله عنه قال: قلت يا رسولْ الله، أخبرني عن الوضوء؟ قال: (أسبِغِ الوضُوءَ، وخَلِّلْ بيْن الأصَابع، وَباَلِغْ في الاستنثسَاق إلاّ أنْ تكُونَ صَائِماً). رواه أَبو داود (142) وصحه الترمذيَ (38) وغيرهما.
[أسبغ: أتمه وأكمله بأركانه وسننه].

(6) روى البخاري (140) عن ابن عباس رضي الله عنهما: أنه توضأ ... وفيه: ثم أخذ غُرْفة من ماء فغسل بها يده اليمنى، ثم أخذ غرفة من ماء فغسل بها يده اليسرى، ثم مسح رأسه، ثم أخذ غرفة من ماء فرش بها على رجله اليمنى حتى غسلها، ثم أخذ غرفة من ماء فغسل بها رجله اليسرى، ثم قال: هكذا رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يتوضأ. وانظر حاشية 2 ص 13.

(7) روى مسلم (230): أن عثمان رضي الله عنه قال: ألا أريكم وُضُوءَ رسول الله صلى الله عليه وسلم؟ ثم تَوَضأ ثلاثاً ثلاثاً.

(8) أي التتابع في التطهير بين الأعضاء، بحيث لا يجف الأول قبل الشروع في الثاني عادة. ودليلها الاتباع المعلوم من الأحاديث السابقة.
تنبيه: كل ما ورد في السن من أدلة ظاهرها الوجوب، دل على عدم الوجوب فيها آية الوضوء التي نصت على الفرائض، وأدلة أخرى غيرها، لم نذكرها خشية التطويل.

فائدة: يستحب أن يقول بعد الوضوء: (أشْهَدُ أنْ لا إلهَ إلا اللهُ، وحدَه لا شريكَ له، وأشهدُ أن محمداً عبدُه ورسولُه. اللهم اجْعَلْني من التَّوّابينَ واجْعلْني مِنَ المتَطَهرِينَ. سُبْحَانَك اللهُم وَبحَمْدكً، أشْهدُ أن لا إلهَ إلا أنْتَ، أستَغفركَ وَأتُوبُ إليكَ).
ورد مجموع هذا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم، في أحاديث، رواها مسلم (423) والترمذي (55) والنسائي في أعمال اليوم والليلة.

(1) Hadits diriwayatkan oleh an Nasaie (61/1) dangan sanad yang bagus, dari Annas ra. ia berkata: Sebagian sahabat Nabi saw. mencari air untuk berwudlu, tetapi mereka tidak mendapatkan air, maka Nabi saw. bersabda: “Apaqkah di antara kalian ada yang memiliki persediaan air?”. Maka beliau di beri air oleh seorang sahabat. Maka beliau meletakkan tangan beliau ke dalam bejana berisi air, lalu beliau bersabda: “Berwudlulah kalian semua dengan membaca basmalah”. Maksudnya dengan mengucapkan Bismillaahir Rohmaanir Rohiim. Saya menyaksikan bahwa air memancar dari sela-sela jari-jari beliau, sampai yang berwudlu mencapai kurang labih 70 orang.

(2) Dasar hukum dari emapt macam sunnat di atas adalah hadits yang diriwayatkan oleh al Bukhary (173) dan Muslim (235) dari Abdullah bin Zaid ra. dia ditanya tentang tatacara berwudlunya Rasulullah saw. , maka dia meminta seember air, kemudian dia berwudlu untuk memberikan contoh kepada mereka seperti cara wudlu Nabi saw. Dia mengalirkan air di tangannya dari ember, lalu dia membasuh tangannya tiga kali, lalu dia memasukkan tangannya ke dalam ember lalu dia berkumur dan istinsyaq dan istinstsar (mengeluarkan air dari hidung) dengan tiga gayung menggunakan tangan, lalu memasukkan tangannya lalu dia membasuh muka tiga kali, lalu membasuh dua tangannya dua kali sampai dengan siku-siku, lalu memasukkan tangannya dan mengusap kepalanya, dimulai dari muka ke belakang kemudian kembali dari belakang ke muka sat kali, lalu membasuh dua kakinya sampai dengan dua matakaki.

(3) Hadits diriwayatkan oleh at Tirmidzy dan dinyatakan shohih (36) dari Ibnu Abbas ra. bahwasanya Nabi saw. mengusap pada bagian kepala beliau, dan telinga beliau bagian luar dan dalam. Dan berdasarkan hadits an Nasaie (74/1): Beliau mengusap kepala dan telinga beliau, bagian dlam menggunakan jari telunjuk sedangkan bagian luar menggunakan ibu jari beliau. Dan diriwayatkan oleh al Hakim (151) dari Abdullah bin Zaid ra. tentang tatacara berwudlunya Nabi saw.: “Bahwa beliau berwudlu, mengusap dua telinga beliau dengan air bukan air yang dipergunakan untuk mengusap kepala beliau. Al Hafidh adz Dahbie menyatakan: hadits tersebut shohih.

(4) Hadits riwayat Abu Dawud dari Annas ra. bahwasanya Nabi saw. apabila berwudlu, beliau mengambil air sepenuh telapak tangan beliau, lalu memasukkannya ke bawah rahang bawah lalu membasahi janggot beliau dengan tangan (takhlil), beliau bersabda: Demikian Tuhanku memerintahkan aku”.

(5) Hadits dari Laqith bin Shobroh ia berkata: saya berkata kepada Rasulullah saw.: beritahukanlah kepadaku tentang tatacara berwudlu? Beliau menjawab: “Sempurnakanlah olehmu dalam berwudlu (baik fardlu dan sunnatnya), dan bersihkanlah sela-sela jari-jarimu, dan sempurnakanlah dalam beristinsyaq, keculai bila anda dalam keadaan berpuasa”, diriwayatkan oleh Abu Dawud (142) dan dishohihkan oleh at Tirmidzy (38) dan lainnya.

(6) Hadits diriwayatkan oleh al Bukhary (140) dari Ibnu Abbas ra. bahwasanya dia berwudlu dalam berwudlu tersebut antara lain berbuat: lalu dia mengambil dengan telapak tangannya lalu membasuh tangannya sebelah kanan, lalu mengambil (menggayung) air lagi dengan telapak tangan untuk membasuh tangannya sebelah kiri, lalu mengusap kepalanya, lalu mengayung air untuk disiramkan pada kakinya sebelah kanan dan membasuhnya, lalu menggayung lagi untuk membasuh kakinya sebelah kiri, lalu ia berkata: “Demikianlah saya menyaksikan Rasulullah saw. berwudlu”. Perhatikan cat6atan kaki nomor: 19.

(7) Hadits diriwayatkan oleh Muslim (230) bahwasanya Utsman ra. berkata: Maukah kamu saya tunjukkan tatacara wudlunya Rasulullah saw.? Lalu dia berwudlu dengan tigakali-tigakali.

(8) Artinya secara kontinyu dalam hal membersihkan antara anggota yang satu dengan berikutnya, tidak sampai anggota yang sudah dibasuh menjadi kering sebelum membasuh anggota berikutnya. Dalilnya tentang harus kontinyu dapat diketahui dari hadits tersebut di atas. Perhatian: Semua yang dijelaskan dalam hadits-hadits di atas menunjukkan, bahwa perbuatan tersebut wajib dilakukan, adapun dalil yang menunjukkan bahwa hal itu tidak wajib adalah ayat firman Allah tentang berwudlu, yang menetapkan tentang hal yang fardlu dalam berwudlu, dan dalil yang lain, yang tidak disebutkan di sini karena akan memperpanjang pembahasan. Anjuran: Sangat disukai sesudah selesai berwudlu membaca do’a sebagai berikut: أشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك له, وأشهد أن محمدا عبده ورسوله, اللهم اجعلنى من التوابين واجعلنى من المتطهرين, سبحانك اللهم وبحمدك, أشهد أن لا اله الا أنت, أستغفرك واتوب اليك. (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba dan utusan Allah. Yaa Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suci. Maha Suci Engkau. Ya Allah dengan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau, aku memohon ampunan kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu). Semua hadits di atas diriwayatkan oleh Muslim (234), at Tirmidzy (55) dan an Nasaie tentang amalan sehari-hari.[]
LihatTutupKomentar