Hadits Keutamaan Malam Nishfu Sya'ban

Hadits dan perkataan Sahabat (atsar) yang berkaitan dengan Keutamaan fadhilah malam Nishfu Sya'ban
Hadits Keutamaan fadhilah malam Nishfu Sya'ban

1. Ibnu Majah meriwayatkan dari Ali. Ia berkata: Nabi bersabda: Apabila tiba malam nishfu Sya'ban maka bangunlah pada malamnya dan puasanya siangnya karena Allah akan turuna pada saat itu sampai terbenamnya matahari ke langit dunia kemudian berfirman: Ingatlah orang yang memohon ampun (istighfar) akan aku ampuni. Yang meminta rizki akan aku beri rejeki. Yang terkena musibah akan aku sembuhkan dan seterusnya sampai terbit fajar.

2. Al-Asfahani meriwayatkan dari Muadz bin Jabal dia berkata. Nabi bersanda: Barangsiapa menghidupkan malam yang lima maka wajib mendapatkan sorga, yaitu malam tarwiyah, malam Arafah, malam Nahar (Idul Adha), malam Idul Fitri, malam nishfu Sya'ban.

3. Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar (Ibnu Umar) ia berkata: 5 (lima) malam yang tidak ada doa yang ditolak yaitu malam Jum'at, awal malam bulan Rajab, malam nishfu Sya'ban, malam lailatul Qadar, malam dua idul fitri dan idul adha.

Teks asal:
.
وروى ابن ماجه عن علي رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وعلى آله وسلم:
"إذا كانت ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن الله ينزل فيها لغروب الشمس إلى السماء الدنيا فيقول ألا من مستغفر فأغفر له ألا مسترزق فأرزقه ألا مبتلي فأعافيه ألا كذا ألا كذا حتى يطلع الفجر

روى الأصفهاني عن معاذ بن جبل قال : قال رسول الله صلى الله تعالى عليه وعلى آله وسلم :
من أحيا الليالي الخمس وجبت له الجنة : ليلة التروية , وليلة عرفة , وليلة النحر , وليلة الفطر , وليلة النصف من شعبان


روى عن ابن عمر رضي الله تعالى عنهما قال :
خمس ليال لا يرد فيهن الدعاء : ليلة الجمعة , وأول ليلة من رجب , وليلة النصف من شعبان , وليلة القدر , وليلتا العيدين

Hadits-hadits lain seputar nishfu Sya'ban lihat di http://goo.gl/TB941 dan http://goo.gl/keZ9Z

STATUS HADITS

Hadits ke-1 status silsilahnya dhaif. Lihat, http://goo.gl/5nTWG dan http://goo.gl/NKsfJ

Hadits ke-2 statusnya dho'if karena salah satu perawi hadits bernama Ibrahim bin Yazin Al-Khawzi yang menurut banyak pakar hadits sangat lemah. Ibnu Hibban mengatakan bahwa Al Khawzi banyak meriwayatkan hadits-hadits munkar. Lihat: http://goo.gl/02qWX
LihatTutupKomentar