Tanda-Tanda Hari Kiamat

Tanda-Tanda Hari Kiamat Ahli Ibadah yang Bodoh, Penghafal Al Quran yang Fasiq Percaya pada Pembohong, Tidak Percaya pada Orang Jujur Masjid Tidak Pernah Dibuat Shalat
Tanda-Tanda Hari Kiamat
Tanda-tanda kiamat itu banyak. Antara lain yang disebut di laman ini adalah terjadinya ironi di mana pembohong lebih dipercaya daripada orang yang jujur; dan banyak orang bodoh yang ahli ibadah dan hafidz Quran jadi pelaku maksiat dan dosa besar.

PASAL 10: Tanda-Tanda Hari Kiamat

Nama kitab: Terjemah kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jamaah (رِسَالَةُ أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ)
Judul lengkap: رسالة أهل السنة و الجماعة في حديث الموتي و أشراط الساعة و بيان مفهوم السنة و البدعة
Pengarang: Hadratusy Syaikh Kyai Hasyim Asy'ari
Penerjemah: Ngabdurohman Al Jawi
Versi Arab: أمارات اقتراب الساعة

Daftar Isi
PASAL 10: Tanda-Tanda Hari Kiamat

فصل في ذكر أمارات اقتراب الساعة

وهي كثيرة، منها عدم المساعد والمعاون على الدين، وهو قوله صلى الله عليه وسلم: {يَأَتِي عَلَى النّاسِ زَمَانٌ الصّابِرُ عَلَى دِينِهِ كالقَابِضِ عَلَى الْجَمْر}. رواه الترمذي عن أنس بن مالك رضي الله عنه.

ومنها: {يكون في آخر الزمان عباد جهال وقراء فسقة}. رواه أبو نعيم في الحلية والحاكم في المستدرك عن أنس رضي الله عنه أيضا.

ومنها {ل }. رواه الإمام أحمد في مسنده وأبو داود في سننه عن أنس رضي الله عنه.

ومنها {قطيعة الرحم، وتخوين الأمين وائتمان الخائن} رواه الطبراني في الأوسط عن أنس بن مالك رضي الله عنه أيضا.

ومنها {انتفاخ الأهلة، وأن يرى الهلال قبلا [بفتحتين أي سلعة ما يطلع] فيقال: لليلتين}. رواه الطبراني عن ابن مسعود رضي الله عنه.

ومنها {يذهب الصالحون الأول فالأول، وتبقى حثالة كحثالة الشعير أو التمر}. رواه الإمام أحمد والبخاري.

ومنها {لا تقوم الساعة حتى يكون الزهد رواية، والورع تصنعا}. رواه أبو نعيم في الحلية.

ومنها {أن يكون الولد غيظا والمطر قيظا وتفيض اللئام فيضا}. رواه الطبراني عن ابن مسعود رضي الله عنه.

ومنها {لا تقوم الساعة حتى يسود كل قبيلة منافقوها، وكان زعيم القوم أرذلهم، وساد القبيلة فاسقهم}. رواه الطبراني عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه، والترمذي عن أبي هريرة رضي الله عنه.

ومنها {أن تزخرف المحاريب، وأن تخرب القلوب} رواه الطبراني عن ابن مسعود رضي الله عنه.

ومنها {فشو التجارة حتى تعين المرأة زوجها على التجارة، وقطع الأرحام، وفشو القلم، وظهور الشهادات بالزور}. رواه الإمام أحمد والبخاري عن ابن مسعود رضي الله عنه . وفشو التجارة كناية عن كثرة الكتبة وقبة العلماء، يعني يكتفون بتعلم الخط ليخالطوا الحكام.

ومنها {أن يتخذ الأمانة مغنماً، والصدقة مغرماً، ويتعلم العلم لغير دين}. رواه الترمذي عن أبي هريرة رضي الله عنه

ومنها {إذَا أطاعَ الرجُلُ امْرَاَتَهُ وَعَقَّ أُمَّهُ، وَأدْنَى صَديْقَهُ وَ أَقصى أَبَاهُ، وارْتَفَعَتْ الأَصْوَاتُ في المسَاجِدِ} رواه الترمذي عن أبي هريرة رضي الله عنه أيضا.

ومنها {إذاَ ظَهَرَتْ القَيْنَاتُ وَالمَعَازِفُ، وَشُرِبَتِ الْخُمُور ُ، وَلَعَنَ آخِرُ هَذِهِ الأُمّةِ أَوّلَهَا} رواه الترمذي عن أبي هريرة رضي الله عنه أيضا.

ومنها {إن أيام الدجال سنين خداعة، يكذب فيها الصادق، ويصدق فيها الكاذب، ويخون فيها الأمين، ويؤتمن فيها الخائن، ويتكلم فيها الرويبضة. قيل: وما الرويبضة؟ قال: الرجل التافه يتكلم في أمر العامة}. رواه الإما أحمد والبزار عن أنس بن مالك رضي الله عنه.

ومنها {لا تقوم الساعة حتى تروا أمورا عظاما لم تحدثوا بها أنفسكم، يتفاقم شأنها في أنفسكم، وتسألون هل كان نبيكم ذكر لكم منها ذكرا، وحتى تروا الجبال تزول عن أماكنها} رواه الإمام أحمد والطبراني عن سمرة بن جندب رضي الله عنه.

ومنها {إِذَا وُسِّدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِروْ السَّاعَة}. رواه البخاري عن أبي هريرة رضي الله عنه.

ومنها {لاَ تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى يَمُرَّ الرَّجُلُ عَلَى الْقَبْرِ، فَيَتَمَرَّغَ عَلَيْهِ وَيَقُولَ: يَالَيْتَنِي كُنْتُ مَكَانَ صَاحبِ هذَا الْقَبْرِ} رواه مسلم عن أبي هريرة أيضا.

ومنها {لا تقوم الساعة حتى يتسافد الناس تسافد البهائم في الطرق} رواه الطبراني عن ابن عمر رضي الله عنهما.

ومنها {لاَتفنى هذه الأمة حتى يقوم الرجل إلى المرأة فيفترشها في الطريق فيكون خيارهم يومئذ من يقول: لو واريناها وراء هذا الحائط} رواه أبو يعلى عن أبي هريرة.

ومنها {لا تقوم الساعة حتى توجد المرأة نهارا تنكح [أي تجامع] وسط الطريق، لا ينكر ذلك، فيكون أمثلهم يومئذ الذي يقول: لو نحيتها عن الطريق قليلا، فذلك فيهم مثل أبي بكر وعمر فيكم} رواه الحاكم أبو عبد الله عن أبي هريرة رضي الله عنه.

ومنها ما روى الطبراني عن أبي أمامة رضي الله عنه {وحتى تمر المرأة على القوم، فيقوم أحدهم، فيرفع بذيلها كما يرفع ذنب النعجة، فيقول بعضهم: ألا واريتها وراء الحائط، فهو يومئذ فيهم مثل أبي بكر وعمر فيكم}.

ومنها {لا تقوم الساعة حتى تناكر القلوب، وتختلف الأقاويل، ويختلف الإخوان من الأب والأم في الدين} رواه الديلمي عن حذيفة رضي الله عنه

ومنها {لا تقوم الساعة حتى تتخذ المساجد قناطر، فلا يسجد لله فيها ، وحتى يبعث الغلام الشيخ بريدا بين الأفقين، وحتى يبلغ التاجر بين الأفقين فلا يجد ربحا} رواه الطبراني عن ابن مسعود رضي الله عنه. وهو كناية عن عدم الرغبة في الصلاة، وعدم توقير الصغير الكبيرَ، وعدم البركة في التجارة لغلبة الكذب والغش على التجار.

ومنها {يأتي على الناس زمان همتهم بطونهم، وشرفهم متاعهم، وقبلتهم نساؤهم، ودينهم دارهمهم ودنانيرهم، أولئك شر الخليق لا خلاق لهم عند الله}.

ومنها {لا تذهب الأيام والليالي حتى يخلق القرآن في صدور أقوام من هذه الأمة كما يخلق الثياب، ويكون ما سواه أعجب لهم، ويكون أمرهم طمعا كله، لا يخالطه خوف، إن قصر في حق الله تعالى منته نفسه الأماني، وإن تجاوز إلى ما نهى الله عنه، قال: أرجو أن يتجاوز الله عني}.

ومنها {يَدْرُسُ الإِسْلاَمُ كَمَا يَدْرُسُ وَشْيُ الثَّوْبَ. حَتَّى لاَيُدْرِي مَاصِيَامٌ وَلاَ صلاةٌ وَلاَ نُسُكٌ. وَلاَ صَدَقَةٌ. وَيَبْقَى طَوَائِف مِنَ النَّاسِ، الشَّيْخُ الْكَبِيرُ وَالْعَجُوزُ الكبيرة. وَ يَقُولُونَ: أَدْرَكْنَا آبَاءَنَا عَلَى هذِهِ الْكَلِمَةِ: لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ. فَنَحْنُ نَقُولُهَا} رواه ابن ماجه عن حذيفة بن اليمان رضي الله عنه.

Ahli Ibadah yang Bodoh, Penghafal Al Quran yang Fasiq

Tanda-tanda hari kiamat cukup banyak, antara lain : hilangnya tolong menolong dalam agama, sebagaimana sabda Nabi s.a.w. "Akan datang pada manusia, masa di mana orang yang sabar terhadap ajaran agamanya bagaikan orang yang memegang bara api." (HR. Tirmidzi)

Tanda kiamat yang lain adalah : "Akan ada di akhir zaman, ahli ibadah yang bodoh, dan banyak penghafal al-Qur’an yang fasik." (HR. al-Hakim, Abu Naim)

"Hari kiamat tidak akan terjadi hingga orang-orang saling membanggakan masjid masing-masing." (HR. Ahmad, Abu Dawud)

Percaya pada Pengkhianat, Tidak Percaya pada Orang Jujur

Tanda-tanda kiamat yang lain adalah: terputusnya silaturrahim, orang terpercaya
dianggap khianat, orang khianat justru dipercaya, penjelasan tentang ini telah ada dalam riwayat Thabrani dari Anas bin Malik.

Tanda kiamat yang lain adalah ukuran bulan tsabit mengembang, bulan tsabit terlihat
kembali pada malam berikutnya, sehingga orang akan mengatakan telah terjadi dua malam untuk satu bentuk bulan tsabit yang sama.

Tanda kiamat yang lain adalah sebagaimana terdapat dalam hadits berikut : "Orang-orang shaleh dari generasi awal akan meninggal dunia, dan yang tersisa hanya orang-orang berperangai buruk, mirip tersisanya buah kurma yang disortir." (HR. Bhuhari, Ahmad)

"Kiamat tidak akan terjadi sampai sifat zuhud hanya menjadi riwayat, dan wira’i hanya sebagai kepura-puraan." (HR. Abu Naim)

"Munculnya anak yang suka marah-marah, hujan turun dimusim panas, dan banyak sekali orang yang berperangai buruk." (HR. Thabrani)

"Hari kiamat tidak akan terjadi sampai semua kabilah dipimpin oleh orang munafik, dan pemimpin kaum adalah yang paling hina di antara mereka, dan yang memimpin kabilah adalah orang-orang fasik." (HR. Tirmidzi, Thabrani)

Tanda- tanda kiamat yang lain adalah ketika sudah banyak mihrab yang dihias dan
banyak hati yang rusak.

Juga tanda kiamat yang lain adalah, ketika terjadi transaksi dagang dimana-mana sehingga para istri membantu suaminya dalam berdagang, dan banyak persaksian palsu, amanat dijadikan harta rampasan, dan zakat dijadikan hutang, begitu juga ketika seoranglaki-laki sudah tunduk pada istrinya dan berani kepada ibunya, merendahkan
temannya, dan mengusir ayahnya, dan banyak terjadi kegaduhan dalam masjid.

Begitu juga tanda-tanda kiamat adalah munculnya biduan dari kalangan budak,
menyebarnya alat-alat musik, minuman keras, dan generasi akhir umat ini telah melaknat generasi awal.

Tanda-tanda kiamat yang lain adalah : "Hari kiamat tidak akan datang sampai kalian menyaksikan peristiwa-peristiwa besar yang sebelumnya tidak pernah kalian perbincangkan, namun pertiwa tersebut semakin mengusik kalian sehingga membuat kalian bertanya, “apakah nabi pernah menjelaskan permasalahan tersebut ?” bahkan kalian juga akan melihat gunung-gunung bergeser dari tempatnya." (HR. Ahmad, Thabrani)

"Apabila suatu urusan telah diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah hari kiamat." (HR. al-Buhari, Ahmad, dan Tabrani)

"Dunia tidak akan sirna sampai ada seorang yang lewat di atas makam sambil berkata, “andai saja aku bisa menggantikan tempat orang yang ada dalam makam ini." (HR. Muslim)

"Hari kiamat tidak akan terjadi hingga terdapat seorang perempuan yang mesum di siang hari, yakni, berzina di jalanan tanpa ada seorangpun yang mengingkarinya." (HR. al-Hakim)

"Hari kiamat tidak akan terjadi sampai hati manusia saling mengingkari, (mempertanyakan perbedaan pendapat informasi simpang siur) dan berbeda agama antara ayah, ibu dan teman." (HR. Dailami)

Masjid Tidak Pernah Dibuat Shalat

Di antara tanda-tanda kiamat adalah ketika didirikan menara-menara di masjid, namun Allah tidak pernah disembah di dalamnya, keinginan manusia hanya urusan perut, kemulian terdapat pada harta benda, kiblatnya adalah perempuan-perempuan, dan agamanya adalah uang.

Tanda-tanda kiamat yang lain adalah, ketika malam dan siang terus terganti sementara al-Qur’an yang berada dalam hati kaum muslimin hanya diperlakukan seperti baju, segala sesuatu diwarnai dengan ketamakan, dan jika mereka melakukan sesuatu yang dilarang Allah dia berkata, “semoga Allah mengampuniku atas dosa yang aku
perbuat.”

Juga tanda-tanda kiamat adalah ketika Islam dipelajari hanya sebagai aksesoris seperti hiasan pada baju, hingga seseorang tidak lagi mengetahui apa itu puasa, shalat, haji dan sedekah, dan yang tersisa hanya orang-orang lanjut usia yang berkata, “kami pernah menjumpai ayah-ayah kami mengucapkan kalimat La Ilaha Illallah, sehingga kamipun ikut mengucapkannya.”[alkhoirot.org]
LihatTutupKomentar