Dalil Bersiwak (Gosok Gigi)

Bersiwak (membersihkan mulut atau gigi) merupakan perbuatan yang disukai di setiap saat, (1) kecuali sesudah saat tergelencirnya matahari bagi orang yang sedang berpuasa. Ada tiga waktu yang sangat dianjurkan bersiwa, yaitu: (a) ketika bau mulut berubah tidak enak disebabkan al azmu (lama tidak berbicara) dan sebagainya, (2) (b) ketika bangun dari tidur, (3) (c) ketika akan melaksanakan sholat.(4) dan (d) ketika berdiri akan sholat.(5)
Dalil Bersiwak (Gosok Gigi)
Bersiwak atau membersihkan mulut dan gigi adalah sunnah. Suatu perbuatan yang secara teratur dilakukan Rasulullah. Dan itu tercatat dengan jelas dalam sejumlah hadis sahih

Nama kitab: Terjemah Al-Tahzhib (Tahdzib) Syarah Matan Taqrib
Nama lain: Terjemah At-Tahzhib Dalil Al-Quran dan Hadits dari Matan Taqrib
Judul kitab asal: Al-Tahdzib fi Adillati Matnil Ghayah wat Taqrib
Nama kitab asal: التذهيب في أدلة متن الغاية والتقريب
Penulis: Mustofa Daib Al-Bigha Al-Maidani Al-Dimasyqi Al-Syafi'i

Daftar Isi

HUKUM SIWAK (GOSOK GIGI)

"فصل" والسواك مستحب في كل حال (1) إلا بعد الزوال للصائم (2)، وهو في ثلاثة مواضع أشد استحبابا:
1 - عند تغير الفم من أزم وغيره (3)
2 - وعند القيام من النوم (4)
3 - وعند القيام إلى الصلاة (5).

(Fasal): Bersiwak (membersihkan mulut atau gigi) merupakan perbuatan yang disukai di setiap saat, (1) kecuali sesudah saat tergelencirnya matahari bagi orang yang sedang berpuasa.

Ada tiga waktu yang sangat dianjurkan bersiwa, yaitu: (a) ketika bau mulut berubah tidak enak disebabkan al azmu (lama tidak berbicara) dan sebagainya, (2) (b) ketika bangun dari tidur, (3) (c) ketika akan melaksanakan sholat.(4) dan (d) ketika berdiri akan sholat.(5)

Catatan dan dalil

(1) روى النسائي (1/ 10) وغيره: عن عائشة رضى الله عنها: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (السوَاكُ مطَهَرَةٌ لِلفَمِ، مَرْضَاة للرب). ورواه البخاري تعليقاً.
والسواك: الآلة التي تدلك بها الأسنان، ويطلق على الفعل، وتحصل السنة باستعمال كل خشن يزيل الوسخ، وعود الأراك المعروف بالسواك أفضل.

(2) لما رواه البخاري (1795) ومسلم (1151) عن أبى هريرة رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (لخُلُوفُ فَمِ الصائم أطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيحِ المسْك). والخلوف تغير رائحة الفم، ولا يحصل غالباً للصائم إلا بعد الزوالَ، وَاستعمال السمواك يذهبه، ولذلك كره.

(3) الأزم: السكوت الطويل، أو ترك الأكل والشرب. وغيره: كتعاطي ذي رائحة كريهة.

(4) روى البخاري (242) ومسلم (255) وغير هما، عن حذيفة رضي الله عنه قال: كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا قام من الليل يَشُوصُ فاه بالسواك [يشوص: يَدْلِكُ].
وروى أبو داود (57) وغيره، عن عائشة رضي الله عنها: أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا يَرْقُدُ، من ليل ولا نهار، فيستيقظ إلا تَسَوَكَ قبل أن يتوضأ.

(5) وكذلك عند الوضوء، لما رواه البخاري (847) ومسلم (252) وغيرهما، عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (لَولا أنْ أشُق عَلى أمتي لأمَرْتُهُمْ بِالسوَاك عنْدَ كُل صَلاة).
وفي رواية لأحمد (6/ 325): (لأمَرتُهمْ بالسوًاكَ معً كُل وُضُوء).
أي لأمرتهم أمرَ إيجاب، وهذا دليل الاستحباب المؤكد.
(1) Diriwayatkan oleh an Nasaie (101/1) dan lainnya dari A’isyah ra. bahwasanya Nabi saw. bersabda: “Bersiwak itu mensucikan (membersihkan) mulut, dan diridloi
oleh Tuhan”, dan diriwayatkan oleh al Bukhary muallaq. Siwak adalah alat yang dimasukkan ke dalam mulut untuk menggosok gigi, dan mutlak untuk dilakukan. Disunnatkan menggunakan semua benda keras yang mampu menghilangkan kotoran pada gigi, atau ranting kayu arok sebagaimana yang telah dikenal untuk sebagi siwak dan itu lebih afdlol.

(2) Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh al Bukhary (1795) dan Muslim (1151) dari Abu Hurairoh ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “Sungguh al khuluf (bau yang tidak sedap) dari mulut orang yang sedang berpuasa itu di sisi Allah lebih harum dibandingkan dengan bau minyak wangi. Dan pada umumnya bau tersebut muncul sesudah tergelincirnya matahari, dan bersiwak berarti menghilangkan bau tak sedap tersebut, dan yang demikian itu hukumnya makruh.

(3) Al azmu (tidak bicara): berdiam diri cukup lama, atau meninggalkan makan. Pengertian dan lainnya: seperti mengalami bau mulut yang tidak disukai.

(4) Hadits diriwayatkan oleh al Bukhary (242) dan Muslim (255) dan lainnya dari Hudzaifah ra. ia berkata: “Rasulullah saw. apabila akan melaksanakan sholat malam, beliau memasukkan siwak ke dalam mulut beliau”. Dan diriwayatkan oleh Abu Dawud (57) dan lainnya dari A’isyah ra.: “Bahwasanya Nabi saw. beliau tidak tidur baik siang atau malam, lalu beliau bangun, kecuali beliau bersiwak sebelum berwudlu”.

(5) Demikian pula ketika beliau berwudlu, berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh al Bukhary (847) dan Muslim (252) dan lainnya dari Abi Hurairoh ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “ Seandainya tidak akan memberatkan bagi ummatku niscaya saya perintahkan mereka untuk bersiwa setiap kali akan sholat”. Dalam riwayat Ahmad (325/6): “Niscaya saya perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudlu”. Perintah ini mengandung hukum sunnat muakkad.[]
LihatTutupKomentar