Penerimaan Santri Baru 2024 dan Program Pesantren Al-Khoirot

Penerimaan, pendafaran Santri Baru tahun 2024 dan Program Pesantren Al-Khoirot Malang terbaik, biaya murah, fasilitas memadai, aswaja NU, salaf modern

Penerimaan Santri Baru 2024 dan Program Pesantren Al-Khoirot

Bagi calon santri baru, penerimaan dan pendaftaran mulai dibuka dari 20 Syawal (30 April 2024) sampai akhir Juni 2024. Lebih detail, silahkan hubungi kontak admin di sini.

Pondok Pesantren terbaik Al-Khoirot yang berlokasi di Malang Jawa Timur dikenal memiliki program yang sangat lengkap. Dari program tahfidz Al-Quran, bahasa Arab klasik dan modern, tahsin al-Quran sampai sekolah formal SLTP dan SLTA. Yang tak kalah pentingnya adalah biayanya sangat murah. 

Prinsip Empat Pilar: Iman, Ilmu, Akhlak, Aswaja.

VIDEO: PENDAFTARAN SANTRI BARU PONPES AL-KHOIROT

Visi Pesantren: Mencetak ilmuwan yang ulama dan ulama yang ilmuwan.

Santri dianggap sukses apabila secara akademis mencapai level S3 atau doktor di bidang studi apapun yang diambil.

Ciri khas pesantren: Anti kekerasan, anti bullying, dan anti pelecehan seksual. Ditandai dengan pemisahan putra putri di semua aktifitas. Termasuk guru laki-laki hanya mengajar di putra, guru perempuan hanya mengajar di putri.

Tipe pesantren: kombinasi salaf dan modern

Download Kalender Pesantren Al-Khoirot 2024

Berikut daftar lengkap semua program di Ponpes Al-Khoirot Malang. Klik untuk lebih detail:

Daftar Program

  1. Biaya 
  2. Tahfidz Al-Quran
  3. Bahasa Arab Modern & Klasik
  4. Pengajian Kitab Kuning (Bahasa Arab Klasik)
  5. Bahsul Masail
  6. Mutola’ah (belajar membaca kitab gundul tanpa dibimbing)
  7. Al-Miftah lil Ulum (Metode cepat baca kitab kuning)
  8. Madrasah Diniyah (Madin)
  9. Tahsin Quran Tartil
  10. Pendidikan Formal
  11. Universitas Terbuka
  12. Santri Dewasa
  13. Santri Kilat (Gratis)
  14. Prestasi 
  15. Kontak Admin 
  16. Medsos
  17. Fasilitas


Biaya

Biaya masuk ke PP Al-Khoirot dikenal sangat murah. 

Santri reguler tingkat SLTP: Rp. 2.460.000 (putra) dan 2.314.000 (putri)

Santri reguler tingkat SLTA: Rp. 2.460.000 (putra) dan 2.662.000 (putri)

Santri Dewasa: Rp. 1.710.000 (putra) dan 1.346.000 (putri)

Santri Kilat: Rp. 160.000 (seratus enampuluh ribu)

Biaya Bulanan: SPP dan Makan

Biaya SPP (Bulanan)

SPP Santri Dewasa Rp.      85.000
SPP Santri MTs (SLTP formal) Rp.   165.000
SPP Santri MA (SLTA formal) Rp.   170.000


Biaya Makan (Bulanan)

Untuk makan ada dua pilihan layanan yaitu Dapur dan Kantin dengan harga yang berbeda

Kos Dapur Rp.     330.000 2 x Sehari
Kos Kantin Rp.     360.000 2 x Sehari

Berikut rinciannya:

Pendaftaran santri baru Al-Khoirot 2024/2025


Tahfidz Al-Quran

Program tahfizh Al Quran Al-Khoirot ini merupakan salah satu program unggulan di Pondok Pesantren Al-Khoirot. Program tahfidz (tahfizh) ini dapat diikuti oleh santri putra dan santri putri dan guru pembimbing yang berbeda pula sesuai dengan status gender. Santri hafizh putra akan dibimbing oleh Sayed Husain Syihab sedang santri hafidzah putri akan diasuh oleh Ny.Hj. Lutfiyah Syuhud dan Ny. Luthfiyah Karim .

Studi Bahasa Arab Modern dan Klasik

Program khusus pendidikan bahasa Arab intensif di Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang meliputi:

a) Kajian gramatika bahasa Arab yaitu ilmu Nahwu, Sharaf dan balaghah (ma'ani, bayan, badi').

b) Nadi Arabi atau komunitas bahasa Arab.

Program poin "b" ini bersifat opsional: santri boleh mengikutinya atau tidak. Bagi santri yang berminat, maka mereka akan dikumpulkan dalam asrama khusus agar tercipta suasana dan lingkungan yang mendukung dan kondusif untuk mempercepat proses penguasaan bahasa Arab modern secara aktif baik kemampuan mendengar (maharat al-istima'; listening); kemampuan berbicara (maharat al-kalam; : speaking); membaca (maharat al-qira'ah; reading) dan menulis (maharat al-kitabah; writing).

Pengajian Kitab Kuning

Pengajian kitab atau studi mendalam literasi keilmuan Islam karya para ulama klasik di berbagai bidang studi Islam yang dibimbing langsung oleh para pengasuh / pimpinan Ponpes Al-Khoirot. Sebagian dari program ini diikuti oleh seluruh santri (putra & putri) dan sebagian yang lain hanya diikuti oleh santri kelas 5 madrasah diniyah ke atas dan para asatidz. 

Bahsul Masail

Bahsul Masail adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh kalangan santri di pesantren salaf untuk mencari solusi syariah atas permasalahan fiqhiyah (hukum Islam) baik yang aktual yang sedang terjadi di masa kini atau persoalan klasik dengan merujuk pada pada literatur kitab fikih klasik (kitab kuning) maupun kitab fikih bahasa Arab kontemporer. 

Kegiatan bahstsul masail di Al-Khoirot dilakukan seminggu sekali setiap Sabtu Malam dan diikuti oleh santri madin kelas 5, 6 ibtidaiyah, kelas 1, 2 tsanawiyah dan Ma'had Aly.

Hasil bahsul masail diterbitkan setiap minggu secara online di Portal online alkanews.com

Mutola’ah (belajar membaca kitab gundul tanpa dibimbing)

Santri mendapat tugas untuk membaca kitab di depan pengasuh. Ini disebut sorogan. Kitab yang dibaca belum ada versi terjemahannya sama sekali. Seperti Al-Muhadzab, Fathul Wahab dan Al-Iqna’. Untuk mempersiapkan diri, santri pada malam harinya melakukan kegiataan mutala’ah atau belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil. Yang dipersiapkan adalah makna setiap kosa kata, kedudukan i’rabnya serta pemahamannya. Besoknya, mereka akan ditunjuk secara acak oleh pengasuh untuk membaca versi makna tarkib (makna Jawa utawi-iku) dan versi bahasa Indonesianya.

Peserta mutala'ah sama dengan peserta Bahsul Masail yaitu santri madrasah diniyah kelas 5 ke atas.

Al-Miftah lil Ulum  (Metode cepat baca kitab kuning)

Metode Al-Miftah digunakan Al-Khoirot sebagai bagian dari sistem akselerasi bagi santri baru yang pendidikan formalnya masuk Madrasah Aliyah (MA).

Program al-Miftah dilakukan selama 1 tahun. Dan pada tahun kedua, seluruh peserta akan masuk sekokah diniyah kelas 5. Diharapkan, siswa akan selesai masa belajarnya di Madrasah Diniyah kelas 6 ibtidaiyah bersamaan dengan kelulusannya di MA (Madrasah Aliyah).

Madrasah Diniyah (Madin)

Madrasah Diniyah adalah sekolah khusus ilmu agama yang lulusannya dapat membaca kitab kuning (kitab gundul, tidak berharkat) secara mandiri dan mampu membaca, memahami, berbicara dan menulis bahasa Arab modern yang terdapat di media atau tv.

Materi yang dikaji sama dengan yang dikaji di pesantren salaf yang lain. Mulai dari Taqrib, Fathul Qarib, Fathul Muin untuk bidang fikih. Ajurumiyah, Imriti, Maqsud, Kailani dan Alfiyah untuk bidang studi ilmu nahwu dan sharaf. Di samping hadits, balaghah dan usul fikih.

Ada tiga tingkatan di madrasah diniyah, yaitu:  Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah (Ma’had Aly). 

Khusus Ma'had Aly, materi yang dikaji adalah Tafsir Ayat Ahkam al-Sabuni, Ibanah al-Ahkam Syarah Bulughul Maram, Ihya' Ulumiddin dan Jam'ul jawamik (usul fikih). 

Santri madrasah diniyah

 

Tahsin Quran Tartil

Tahsin Quran adalah program  membaca Al-Qur’an dengan baik, benar dan fasih sesuai dengan standar ilmu tajwid dan makharijul huruf. Tahsin al-Quran adalah salah satu dari empat program utama Pesantren Al-Khoirot yang wajib diikuti oleh seluruh santri tanpa terkecuali. 

Metode yang digunakan ada dua yaitu  Metode UMMI dan Metode Qiraati.  Metode Ummi digunakan di madrasah diniyah dan pendidikan pesantren. Sedangkan metode Qiroati khusus digunakan untuk santri cilik yang belajar di TPQ Qiraati.

Pendidikan Formal

Pendidikan Formal ada dua tingkatan yaitu Madrasah Tsanawiyah/MTS (SLTP) dan Madrasah Aliyah/MA (SLTA). Keduanya diakui negara dengan akreditasi B. Untuk yang MA ada dua jurusan yaitu IPA dan keagamaan. Lulusannya dapat melanjutkan ke sekolah lain baik negeri atau swasta; dalam negeri maupun luar negeri.   

Sekolah formal madrasah aliyah

 

Universitas Terbuka

Sejak tahun 2023, Al-Khoirot bekerja sama dengan Universitas Terbuka memberikan kesempatan bagi santri dan alumni untuk melanjutkan studi tingkat perguruan tinggi tingkat S1, S3 dan S3. Pembelajaran bersama dilakukan di kompleks Ponpes Al-Khoirot. Info kontak (Ustadzah Ummu): 0857-4635-1080

Santri Dewasa

Santri Dewasa adalah program khusus untuk calon santri usia 18 tahun ke atas. Baik yang sudah lulus pendidikan formal SLTA atau yang tidak sekolah. Santri dewasa ditempatkan di asrama khusus santri dewasa. Tidak berkumpul dengan santri reguler.

Santri Kilat (Gratis)

Santri kilat ini gratis. Tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Santri Kilat adalah program belajar agama durasi pendek (short course) selama satu bulan yang secara umum terbagi dua kategori yaitu Pondok Ramadhan dan Pesantren Kilat Non-Ramadhan. Program ini cocok diikuti oleh kalangan non-santri (pelajar atau pekerja) yang ingin belajar ilmu agama dasar dalam waktu singkat saat libur atau cuti.

Prestasi  

Santri Al-Khoirot sering memenangi berbagai ajang kompetisi di berbagai bidang Mulai dari bidang agama seperti baca kitab, pidato bahasa Arab, MTQ (musabaqah tilawatil Quran);  maupun bidang umum seperti olimpiade matematika, karate, dll.

Beberapa di antara prestasi santri dapat dilihat di sini (klik).

Yang terbaru prestasi pada akhir Oktober 2024  untuk siswa MTS

Juara Pidato Bahasa Arab

Kontak

Kantor Putra: 0822-2667-4747 atau klik di sini.

Kantor Putri:  0858-1500-0572 atau klik di sini

Email: admin@alkhoirot.com

Website resmi: alkhoirot.com

Medsos

Youtube: @alkhoirotofficial

Tiktok: @alkhoirotofficial

Twitter: @alkhoirot

Facebook: @ponpesalkhoirot

Fasilitas 

Air: Tersedia air bersih yang diambil langsung dari mata air. Ketersediaan 24 jam membuat santri betah tinggal di pondok.

Toilet atau MCK: Toilet / MCK tersedia dengan jumlah yang memadai. Sehingga santri dapat menggunakannya untuk mandi, wudhu, bersuci, dan lainnya. Apalagi airnya langsung dari mata airnya.

Santri bisa mencuci baju sendiri tapi bisa juga memakai jasa laundry.

Asrama tempat tinggal: Semua santri tinggal di asrama. Asrama putra dan putri terpisah oleh rumah jajaran pengasuh.

Gedung sekolah: karena semua aktifitas putra dan putri terpisah, maka demikian juga gedung sekolahnya. Gedung sekolah putri berlokasi di kawasan putri; sedangkan gedung sekolah putra berada di kompleks putra.

Juara Karate


LihatTutupKomentar