I'rab Mahalli

I'rab mahalli adalah perubahan akhir kata secara status saja tapi dalam kenyataan tidak berubah karena kata tersebut mabni (tidak bisa berubah)

I'rab Mahalli

Terjemah Kitab Nahwul Wadhih Bagian, Jilid, Juz, Volume: 2 (Dua)
Nama kitab:  Terjemah Nahwu Wadhih, Nahwul Wadhih
Judul kitab asal: Al-Nahwu al-Wadih fi Qawaid al-Lughah al-Arabiyah ( النحو الواضح في قواعد اللغة العربية)
Ejaan lain: An-Nahw al-Wadhih fi Qawaidil Lughatil Arabiyah
Pengarang: Ali al-Jarim dan Mustafa Amin
Nama yang dikenal di Arab: على الجارم ومصطفي أمين
Kelahiran: Mesir
Meninggal:
Penerjemah:
Bidang studi: Gramatika tata bahasa Arab

Daftar isi 

  1. I'rab Mahalli
  2. Fi'il Mudhorik Mu'tal Akhir dan Keadaan I'robnya
  3. Isim Mu'tal Akhir (Isim Maqshur dan Keadaan I'robnya)  
  4. Isim Mangkus dan Keadaan I'robnya
  5. Nasabnya Fi'il Mudharik Dengan An (أن) yang Tersimpan ( Setelah Lam Ta'lil )
  6. Setelah Lam Juhud
  7. Setelah Au (أو)
  8. Setelah Hatta (حتي)
  9. Setelah Fa' Sababiyah (ف)
  10. Setelah Wawu Ma'iyah (و)
  11. Kembali ke: Terjemah Nahwu Wadhih Juz 2
 
الإعراب المحلي:
 
I'rab Mahalli (I'rab dalam Status Saja)
 
الأمثلة:
١- أنتَ رجل مهذب.
٢- ساعدت هؤلاءِ المساكين.
٣- عطفت على هذَا المريض.
٤- لا تشربَن الماء الكدر.
 Contoh-contoh:
  1.     Engkau seorang laki-laki yang terdidik.
  2.     Saya telah membantu orang orang miskin itu.
  3.     Saya kasihan kepada orang sakit ini. ak
  4.     Jangan sekali-kali engkau meminum air kotor

البحث:
كلمة «أنت» في المثال الأول مبتدأ، ولم تظهر عليها الضمة لأنها مبنية، ولو أن اسما معربا حل محلها لكان مرفوعا بالضمة، ولذلك يقال في إعرابها إنها مبنية على الفتح في محل رفع.
وكلمة «هؤلاء» في المثال الثاني مفعول به، ولم تظهر عليها الفتحة لأنها مبنية، ولو أن اسما معربا حل محلها لكان منصوبا بالفتحة، ولذلك يقال في إعرابها إنها مبنية على الكسرة في محل نصب.
ولهذا السبب يقال في إعراب كلمة «هذا» في المثال الثالث إنها مبنية على السكون في محل جر لأنها مسبوقة بحرف جر، وفي إعراب الفعل، «تشربن» في المثال الأخير إنه مبني على الفتح في محل جزم لبنائه ودخول «لا» الناهية عليه.
 
Pembahasan:
 
Kalimat (kata) “ اَنْتَ “ pada contoh kalimat pertama di atas adalah mubtada'. Syakal diammah pada kata-kata itu tidak tampak, karena ia mabni. Seumpama isim mu'rab yang menempati posisi kata itu, niscaya isim mu'rab tersebut dirafa kan dengan dlammah. Karena itulah i'rabnya disebut mabni dengan fathah di tempat rafa. ,

Kalimat (kata) “ هَؤُلاَءِ  “ pada contoh yang kedua adalah maf ul bih, tetapi tidak tampak padanya fathah, karena mabni. Andaikata ia adalah isim yang mu'rab, yang bertempat di situ, tentulah ia dinasabkan dengan fathah. Karena itulah, maka dia disebut mabni dengan kasrah, yang bertempat pada nasab.

Oleh karena itu, maka i'rab kata “ هَذَا ” pada contoh kalimat ketiga di atas, disebut mabni dengan sukun yang berada di tempat jar, karena didahului oleh jar. Adapun I'rab kata kerja " تَشْرَبَنَّ ” pada contoh kalimat terakhir di atas adalah mabni dengan fathah, yang berada di tempat jazem, karena bentuk dan masuknya laa an-nahiyah pada kata kerja tersebut.

 
القواعد:
٣٧- إذا وقعت كلمة مبنية في موضع من مواضع الرفع أو النصب أو الجر أو الجزم، لا يتغير أخرها، ويقال إنها في محل رفع أو نصب أو جر أو جزم على حسب موضعها في الجملة.
 
KAIDAH

Apabilah kalimat mabni berada di tempat rafa', nasab, jar atau jazem, maka (huruf) akhirnya tidak berubah. Dan kata itu disebut berada di tempat rafa', nasab, jar atau jazem, sesuai dengan jabatannya dalam kalimatnya.
 
تمرين ١:
 LATIHAN 1
 
بين ما في العبارة الآتية من الكلمات المبنية التي في محل رفع والتي في محل نصب والتي في محل جر، والتي في محل جزم:
رأيت رجلًا من الذين جربوا الأمور، فسألته عن الصفات التي تُكسب الإنسان قَبُولًا في هذه الدنيا، فقال: عامل الناس بما تحب أن يعاملوك به، وجامل مَنْ يُجاملك، ولا تقصرَنَّ في واجب عليك، ولا تمكننَّ واشيًا أن يفسد ما بينك وبين الناس.
تمرين ٢:
ضع الأسماء المبنية الآتية في جمل مفيدة، بحيث تكون مرة في محل رفع، ومرة في محل نصب، ومرة في محل جر:
الذي، هؤلاء، ما، هذه.
تمرين ٣:
أكد الأفعال الآتية بنون التوكيد، ثم ضعها في جمل مفيدة بحيث تكون في محل جزم:
يأكل، يتحدّث، يساعد، يَزْرع.
 
١ ‏/ ١٢١
 
تمرين ٤ في الإعراب:
أ- نموذج:
حضر من ساعدناه.
حضر: فعل ماضٍ مبني على الفتح.
من: فاعل مبني على السكون في محل رفع.
ساعدناه: ساعد فعل ماض مبني على السكون و«نا» فاعل مبني على السكون في محل رفع. والهاء مفعول به مبني على الضم في محل نصب.
ب- أعرب الجمل الآتية:
١- هذه وردة جميلة.
٢- لا تحقرن أحدًا.
٣- شربت الدواء الذي وصفه الطبيب.
 
١ ‏/ ١٢٢
 
الفصل المضارعُ المعتل الآخر وأحوال إعرابه
 
 Fi'il Mudharik Mu'tal Akhir dan Keadaan I'robnya
...
الفعلُ المضارعُ المعتل الآخر وأحوال إعرابه:
 
الأمثلة:
١- يتغذى الغلام: 
٢- أخشى البرد: 
٣- لماذا تنسى وعدك؟:
Contoh-contoh:
  1.  Anak itu makan siang.
  2.  Saya takut (hawa) dingin.
  3.  Mengapa engkau melupakan janjimu.
 ١- أود أن يتغذى الغلام.
٢- يجب أن أخشى البرد.
٣-  لن تنسى وعدك.
 
  1. Saya ingin agar anak itu makan siang.
  2. Seharusnya saya takut dingin.
  3. Engkau tidak akan melu pakan janjimu.

٤- أنت تدنو من الكبش:
٥- يصفو الجو:
٦- يعدو الحصان:
 
  1. Engkau dekat dengan kibas.
  2. Udara bersih.
  3. Kuda itu lari.
 
٤- أخاف أن تدنوَ من الكبش.
٥- يسرني أن يصفوَ الجو.
٦- لن يعدوَ الحصان.
  1. Saya takut dekat dengan kibas.
  2. Saya senang dengan udara bersih.
  3. Kuda itu tidak akan lari.
٧- اشتهي الطعام:
٨- يجري الماء:
٩- يعوي الذئب:
 
  1. Saya suka makan.
  2. Air itu mengalir
  3. Serigala itu menyalak.
٧- لن اشتهيَ الطعام.
٨- أحب أن يجريَ الماء.
٩- لن يعويَ الذئب.
 
  1. Saya tidak bernafsu makan.
  2. Saya senang air itu 8. mengalir
  3. Serigala itu tidak akan menyalak.

١- لم يتغذَّ الغلام.
٢- لم أخشَ البرد.
٣- لا تنسَ وعدك.
  1. Anak itu belum makan Siang.
  2. Saya (dulu) tidak takut dingin.
  3. Jangan kau lupakan Janjimu.
٤- لا تدنُ من الكبش.
٥- لم يصفُ الجو.
٦- لم يعدُ الحصان.
  1. Janganlah kau dekati pada kibas.
  2. Udara itu belum bersih.
  3. Kuda itu belum lari.
٧- لم أشتهِ الطعام.
٨- لم يجرِ الماء.
٩- لم يعوِ الذئب.

  1. Saya belum nafsu makan. .
  2. Air itu belum mengalir.
  3. Serigala itu belum menyalak.
  
 
البحث:
انظر إلى الأفعال المضارعة التسعة في القسم الأول، تجدها جميعا معتلة الآخر؛ الثلاثة الأولى منها بالألف، والثلاثة الثانية بالواو، والثلاثة الأخيرة بالياء، وتجدها جميعا معربة لخلوها من نوني التوكيد والإناث وجميعها مرفوعة لخلوها من أدوات النصب والجزم؛ ولكن ما السبب في عدم ظهور الضمة التي هي علامة الرفع في أواخرها؟ السبب أن آخر كل فعل من هذه الأفعال حرف علة، وحرف العِلَّةِ إِنْ كانَ ألفا تعذر ظهور الضمة عليه، وإنْ كانَ وَاوًا أو ياء كان ضمه مستثقلا؛ ولذلك لم يكن هناك بد من بقاء حرف العلة ساكنا وتقدير الضمة عليه في جميع الأَحْوالِ.

أنظر إلى هذه الأفعال نفسها مرة ثانية في القسم الثاني، تجدها معربة كما كانت في القسم الأول ولكنها تغيرت من الرفع إلى النصب لدخول أدوات النصب عليها، وإذا بحثنا في أواخرها لم نجد للنصب أثرا ظاهرا في الأفعال التي آخر كل منها ألف، بخلاف الأفعال التي آخرها واو أو ياء، فإن النصب فيها ظاهر، والسر في هذا الاختلاف أن الألف يتعذر تحريكها ولذلك تقدر عليها الفتحة في حال النصب، أما الواو والياء فمن السهل النطق بهما مفتوحتين، ولذلك تظهر عليهما الفتحة عند النصب.

أنظر إلى هذه الأفعال مرة ثالثة في القسم الثالث، تجدها معربة كما كانت في القسمين السابقين، ولكنها صارت هنا مجزومة لدخول عوامل الجزم عليها، فما علامة الجزم فيها؟ نتأمل أواخر هذه الأفعال فنجدها محذوفة، وقد كانت ثابتة في القسمين السابقين، وإِذا بحثنا عن السبب في ذلك لم نجد سببًا سوى دخول الأدوات الجازمة عليها: فهي التي حذفت هذه الأواخر، وبذلك يكون هذا الحذف علامة الجزم.
 
Pembahasan:
Lihatlah pada sembilan fi'il mudlari' pada contoh kalimat bagian pertama di atas, tentu engkau temukan bahwa semua fi'il itu mu'tal akhir. Pada tiga fi'il pertama mu'tal akhir dengan alif, tiga yang kedua dengan wawu dan tiga yang terakhir dengan ya', Engkau temukan pula semuanya itu mu'rab, karena tidak ada nun taukid dan nun tatsniyah, dan semuanya dirafa'kan, karena tidak ada huruf-huruf nasab dan jazem.

Tetapi, apa sebabnya tidak terlihat diammah pada akhirnya yang menjadi tanda rafa? Sebabnya, karena akhir daripada tiaptiap fi'il ini adalah huruf 'illat, dan huruf 'illat apabila berupa alif, terlarang terlihat dhommahnya, dan apabila berupa wawu atau ya, maka  dhommahnya berat ducapkan.

Karena itu huruf-huruf illat tersebut selalu bersukun, sedangkan  dhommahnya selalu tidak ditampakkan dalam setiap keadaan.

Lihat sekali lagi fi'il-fi'il yang sama ini pada contoh kalimat bagian kedua, niscaya engkau temukan fi'il-fi'il tersebut dalam keadaan murab. Seperti halnya di contoh-contoh kalimat bagian pertama, akan tetapi fi'il-fi'il itu telah berubah dari keadaan rafa' ke keadaan nasob, karena huruf-huruf nasob masuk padanya.

Dan apabila kita teliti pada semua akhirnya, tentu tanda nasabnya tidak terlihat pada tiap-tiap fi'il yang berakhir dengan alif, ini berbeda dengan fi'il-fi'il yang berakhir dengan wawu atau ya', di mana tanda nasobnya tampak jelas.

Rahasia dan perbedaan ini ialah karena alif terlarang berharakat. Karena itu, di waktu nasob ditakdirkan dengan fathah. Adapun wawu dan ya', mudah diucapkan dengan fathah, karena itu di waktu nasob fathahnya tampak.

Lihatlah fi'il-fi'il ini di contoh-contoh kalimat bagian ketiga, niscaya engkau temukan fi'il-fi'il tersebut dalam keadaan mu'rab, sebagaimana pada contoh-contoh kalimat pertama dan kedua, akan tetapi fi'il-fi'il ini telah dijazemkan, karena huruf-huruf jazem telah masuk padanya.

Lalu apakah tanda jazem fi'il-fi'il tersebut? Marilah kita perhatikan akhir fi'il-fi'il ini, tentu kita akan dapati bahwa huruf akhir fi'il-fi'il ini dibuang, pada contoh-contoh kalimat bagian pertama dan kedua huruf terbuang itu benar-benar tetap ada.

Dan apabila kita cari sebab-sebab itu, maka tidak kita ketahui, selain karena masuknya huruf-huruf jazem padanya.

Hal inilah yang menyebabkan terbuangnya huruf-huruf akhir ini. Dengan begitu, maka pembuangan huruf ini adalah sebagai tanda jazem.

القواعد:
٣٨- الفعلُ المضارعُ المعتل الآخر يرفع بضمة مقدرة على الألف والواو والياء، وينصب بفتحة مقدرة على الألف، وظاهرة على الواو والياء، ويجزم بحذف الآخِر.
 

KAIDAH
 
Fi'il mudlari' mu'tal akhir itu dirafa'kan dengan dhommah yang tidak tampak (dhommah muqoddaroh) untuk alif, wawu dan ya' serta dinasabkan dengan fathah yang tidak tampak untuk alif dan tampak jelas untuk wawu dan ya'. Lalu fi'il mudlari' itu dijazemkan dengan membuang huruf akhirnya. 

تمرين ١:
بيِّن كل الأفعال المضارعة المعتلة الآخر في العبارات الآتية، وعين علامة الإعراب في كل منها:
١- العاقل يهتدي بنُصْح المجرِّبين، ويبغي رضا الله والناس.
٢- يَهْوَى الشجاع ميادين القتال، ولا يخشى أن يلْقَى المعاطب فيها.
٣- إذا لم تَصْفُ خلائق الإنسان فلن يبتغيَ صداقتَه أحد.
٤- إن تَدْع الطبيب في الليل أو النهار يأت إليك.
تمرين ٢:
ضع كل فعل من الأفعال المضارعة الآتية في جمل مفيدة، بحيث يكون مرة مرفوعًا، ومرة منصوبًا، ومرة مجزومًا، واضبط آخر كل فعل تظهر عليه الحركة:
يحيا، يدنو، يهتدي، يعلو، يَسْتَوِي، يخلو.
تمرين ٣:
١- ائت بثلاث جمل في كل منها فعل مضارع مرفوع، معتل الآخر بالألف في الأولى، وبالواو في الثانية، وبالياء في الثالثة.
٢- كون ثلاث جمل تشتمل كل منها على فعل مضارع منصوب، معتل الآخر بالألف في الأولى، وبالواو في الثانية، وبالياء في الثالثة.
٣- ائت بثلاث جمل تشتمل كل منها على فعل مضارع مجزوم، معتل الآخر بالألف في الأولى، وبالواو في الثانية، وبالياء في الثالثة.
تمرين ٤:
هات مضارع كل فعل من الأفعال الآتية، وضعه في جمل ثلاث، بحيث يكون مرة مرفوعًا، ومرة منصوبًا، ومرة مجزومًا، ثم اضبط آخر المضارع الذي تظهر عليه الحركة:
علا، هَدَى، شكا، رضى، عَمِىَ، خَفِىَ.
 
١ ‏/ ١٢٦
 
تمرين ٥ في الإعراب:
أ- نموذج:
١- يَختفي الخُفَّاش بالنهار.
يختفي: فعل مضارع مرفوع بضمة مقدرة على الياء.
الخفاش: فاعل مرفوع بالضمة.
بالنهار: الباء حرف جر مبني على الكسر، والنهار مجرور بالباء وعلامة جره الكسرة.
٢- لم يَنْمُ الزَّرعُ.
لم: حرف نفي وجزم مبني على السكون.
يَنْمُ: فعل مضارع مجزوم بلم وعلامة جزمه حذف الواو.
الزرع: فاعل مرفوع بالضمة.
ب- أعرب الجمل الآتية:
١- يَنْهى الله عن الكذب.
٢- لنْ يَرتَقِيَ الحسود.
٣- يصفو الجو.
٤- لم تغل القِدْر.
 
١ ‏/ ١٢٧
 
الاسمُ المعتلُ الآخرِ:
١- المقصور وأَحوال إِعرابه:
 
الأمثلة:
١- نجا الفتى من الغرق:
٢- ضَاعَتِ الْعَصَا:
٣- نَالَنِي الأَذَى:
٤- شَمِتَ بِيَ الْعِدَا:
Contoh:
  1.     Pemuda itu selamat dari tenggelam.
  2.     Tongkat itu hilang.
  3.     Saya tertimpa bahaya kecil (gangguan).
  4.     Dia senang melihat saya terserang.
١- نجيتُ الْفَتَى مِنَ الْغَرَقِ.
٢- أضعتُ الْعَصَا.
٣- منعتُ الأَذَى.
٤- لاَ تُشْمِتْ بِيَ الْعِدَا.
  1.     Saya menyelamatkan pemuda itu dari tenggelam.
  2.     Saya menghilangkan tongkat,
  3.     Saya mencegah gangguan,
  4.     Janganlah suka melihat saya terserang.
١-رَضِيتُ عَن الْفَتَى.
٢- اتَّكَأْتُ عَلَى الْعَصَا.
٣- سَلِمْتُ مِنَ الأَذَى.
٤- انْتَصَرْتُ عَلَى الْعِدَا.

  1.     Saya ridla pada pemuda itu.nyala
  2.     Saya bertekan pada tongkat itu,
  3.     Saya selamat dari bahaya kecil.
  4.     Saya menang dari serangan.
 
البحثُ:
الكلمات: الفتى، والعصا، والأذى، والعِدا في الأمثلة المتقدمة كلها أسماء معربة، وفي آخر كل منها ألف ثابتة، هذه الأسماء وما شابهها من كل ما هو معرب آخره ألف لازمة، تسمى بالأسماء المقصورة.
وإذا تأملت هذه الأسماء وجدتها في القسم الأول مرفوعة لأن كل واحد منها يقع فاعلًا، وفي القسم الثاني منصوبة لأن كلًا منها مفعول به، وفي القسم الثالث مجرورة بحرف جر، فما علامات الرفع والنصب والجر فيها؟ نحن نعلم أن العاملات الأصلية للرفع والنصب والجر هي الضمة والفتحة والكسرة، ولكننا هنا لا نرى أثرًا للضم أو الفتح أو الكسر، فما سبب ذلك؟ السبب أن آخر كل كلمة من هذه الكلمات ألف، والألف يتعذر تحريكها، ولذلك بقيت ساكنة وقدّرت عليها الضمة في حالة الرفع، والفتحة في حالة النصب، والكسرة في حالة الجر.

Pembahasan:
Kalimat (kata-kata): " أَلْقَى " (pemuda), " الْعَاصَا " (tongkat) " الأَذَى " (bahaya kecil) dan " العِدَى " (serangan) pada contoh-contoh kalimat di atas adalah isim-isim mu'rab, pada akhir tiap-tiap kata itu ada alif yang tetap. Isim-isim ini dan yang serupa dari tiap-tiap isim mu'rab, yang berakhir dengan huruf alif lazimah (tetap), disebut isim yang maqshur.

Apabila engkau perhatikan isim-isim tersebut, maka dapat engkau temukan, bahwa pada bagian pertama isimisim tersebut dirafa'kan, karena menjadi fa'il. Pada bagian kedua dinasabkan, karena tiap-tiap isim itu menjadi maf'ul bih dan pada bagian ketiga ia dijarkan dengan huruf jar: lalu apakah tanda rafa', nasab dan jar kata-kata teersebut?

Kita ketahui, bahwa tanda-tanda asal dari rafa', nasab dan jar adalah dhommah, fathah dan kasrah. Tetapi di sini kita tidak melihat tanda dhommah, fathah dan kasrah itu. Apakah sebabnya demikian?

Sebabnya adalah. karena akhir dari tiap-tiap kata-kata ini adalah alif dan alif itu tidak (dapat) di harakati Karena itu, maka ia tetap sukun dan di takdirkan dengan dhomah dalam keadaan rofa', dengan fathah dalam keadaan nasob, dengan kasrah dalam keadaan jar
 
القواعد:
٣٩- الْمقْصُورُ هُوَ كُلُّ اسم معرب آخره أَلِفٌ لازِمَةٌ.
٤٠- تُقَدَّرُ عَلَى آخِرِ الْمَقْصُورِ حَرَكات الإِعْرَابِ الثَّلاثُ.
KAIDAH

39. Isim maqshur adalah setiap isim yang akhirnya adalah alif lazimah
40. Tiga harokat i'rob itu tidak boleh tampak pada akhir isim maqshur
 
تمرين ١:
عين الأسماء المقصورة في العبارات الآتية:
١- يُفَضِّل بعض الناس سُكنَى القُرَى على سكنى المدن.
٢- في حُلوَان مستشفى لأمراض الرئتين.
٣- الخرِباتُ مأوى البُوم والغِرْبان.
٤- من طلب العلا سهِر الليالي.
٥- الاقتصاد سبيل الغنى.
٦- اشترى القصاب ثلاث مدًى.
 
١ ‏/ ١٢٩
 
تمرين ٢:
ضع الأسماء الآتية في جمل مفيدة، بحيث يكون كل منها مرة فاعلا، ومرة مفعولا به، ومرة مجرورًا بحرف جر:
الهُدى، الذكرة، المُنى، الرِّضا، القُرى.
تمرين ٣:
١- ائت بثلاث جمل اسمية المبتدأ في كل منها اسم مقصور.
٢- ائت بثلاث جمل فعلية الفاعل في كل منها اسم مقصور.
٣- ائت بثلاث جمل فعلية المفعول به في كل منها اسم مقصور.
تمرين ٤ في الإعراب:
أ- نموذج:
سقط النَّدى على الأزهار.
سقط: فعل ماض مبني على الفتح.
النَّدى: فاعل مرفوع بضمة مقدرة على الألف.
على: حرف جر مبني على السكون.
الأزهار: مجرور بعلى وعلامة جره الكسرة.
ب- أعرب الجمل الآتية:
١- لا تتبع الهوى.
٢- الفوْضى مُفسدة للأعمال.
٣- الحِمْيَة نافعة لِلمَرْضى.
 
١ ‏/ ١٣٠
 
٢- المنقوص وأَحوال إِعرابه:
 
الأمثلة:
١- فَرَّ الْجَانِي: 
٢- عَدَلَ الْقَاضي:
٣- نَادَى الْمُنَادِي:
٤- يَنْدَمُ الْبَاغِي:
 
Contoh-contoh:
  1.     Penjahat berlari.
  2.     Hakim telah berlaku adil.
  3.     Penyeru berseru.
  4.     Orang yang lalim menyesal. 
١- حبست الجانيَ:
٢- نَحْتَرمُ القاضيَ:
٣- سَمِعْتُ المناديَ:
٤-  يَكْرَهُ الناس الباغيَ: 
  1.      Saya telah memenjarakan penjahat.
  2.     Kami menghormati hakim.
  3.     Saya telah mendengar - (panggilan) penyeru,
  4.     Orang-orang membenci orang yang lalim.
 
١- نَظَرْتُ إِلَى الْجَانِي.
٢-  قُمْنَا إِجْلاَلًا لِلْقَاضِي.
٣- أَصْغَيْتُ إِلَى الْمُنَادِي.
٤- عَلَى الْبَاغِي تَدُورُ الدَّوَائرُ.

  1.     Aku telah memandang kepada penjahat.
  2.     Kami telah berdiri untuk menghormat hakim.
  3.     Aku telah mendengarkan baik-baik kepada penyeru.
  4.     Pada orang lalim akan menimpa beberapa keresahan.
 
البحْثُ:
الكلمات: الجاني، والقاضي، والمنادي، والباغي كلها أسماء معربة، وفي آخر كل منها ياء ثابتة مكسور ما قبلها؛ هذه الأسماء وما شابهها تسمى بالأسماء المنقوصة.
وإذا تأملنا هذه الأسماء وجدناها في القسم الأول مرفوعة؛ لأن كلا منها يقع فاعلًا، وفي القسم الثاني منصوبة لأن كل منها يقع مفعولًا به، وفي القسم الثالث مجرورة بحرف جر، ولكننا لا نرى هنا من علامات الإعراب سوى الفتحة التي هي علامة النصب، فما السبب في ظهور علامة النصب وحدها واختفاء علامتي الرفع والجر؟ السبب في ذلك أن آخر كل كلمة من هذه الكلمات ياء، والياء يخف ظهور الفتحة عليها، ويثقل ظهور كل من الضمة والكسرة، ولذلك تنصب هذه الأسماء بفتحة ظاهرة، وترفع وتجر بضمة وكسرة مقدرتين على الياء.

Pembahasan: 
 
Kalimat (kata-kata): " الجَانِى " (penjahat), " القَضِى " (hakim), " المُنَادِى " (penyeru) dan " البَغِى " (orang yang berdosa), semuanya itu adalah isim mu'rab dan pada tiap-tiap akhirnya ada huruf ya' yang jelas, yang berkasrah sebelumnya. Isim-isim ini dan yang serupa disebut isim maqshur.

Apabila isim-isim ini kita perhatikan, maka kita temukan bahwa pada contoh kalimat bagian pertama ia dirafa'kan, karena setiap isim tersebut menjadi fa'il, pada contoh-contoh kalimat bagian kedua ia dinashabkan, karena setiap isim tersebut menjadi maf'ul bih, dan pada bagian ketiga ia dijarkan dengan huruf jar.

Akan tetapi di sini kita tidak melihat tanda-tanda i'rab, kecuali fathah yang merupakan tanda i'rob nasob. Lalu. apakah sebabnya sehingga tanda I'rob nasob saja yang tampak. Sedangkan tanda i'rob rafa dan jar tersembunyi?. Sebabnya adalah karena pada akhir tiap-tiap kata dari kata-kata ini ada huruf ya', dan ya' itu mudah menampakkan fathah dan berat menampakkan dhommah dan kasrah.

Karena itu, maka nasabnya isim-isim ini adalah dengan fathah yang jelas, tetapi rofa' dan jarnya adalah dengan mentakdirkan dhommah dan kasrah pada ya'.
 
القواعد:
٤١- الْمَنْقُوصُ هُوَ كُلُّ اسْم مُعْرَبٍ آخِرُهُ ياءٌ لازمة مكسور ما قَبْلَها.
٤٢- تُقَدَّرُ الضَّمَّةُ وَالكَسْرَةُ عَلَى آخر المنقُوصِ في حَالتيِ الرَّفْع وَالْجَرِّ، أَما النَّصْبُ فَيَكُونُ بِفَتْحَةٍ ظَاهِرَةٍ عَلَى الآخِرِ.
 
KAIDAH
 
41. Isim Mangush yaitu setiap isim mu'rab yang huruf akhirnya adalah ya' lazimah, yang dikasrahkan sebelumnya. 

42. Dhommah dan kasrah itu tidak ditampakkan pada akhir isim Mangush dalam dua keadaan: Keadaan rofa' dan jar. Adapun dalam keadaan nasob, maka akhir isim Mangush itu tampak dengan fathah yang jelas.
تمرين ١:
عين الأسماء المنقوصة في العبارات الآتية:
١- تكثر في الريف المراعي الخِصْبة.
٢- تكثر الأفاعي في صعِيد مصر.
٣- بالراعي تصلح الرعيَّة.
٤- يعذر الساهي أو الناسي إذا أخطأ، ولا عذر للمتمادي في الذنب.
٥- الغرض السامي من الحياة أن تعيش سعيدًا.
٦- لا يأمن الإنسان عواديَ الزمان.
 
١ ‏/ ١٣٢
 
تمرين ٢:
ضع الأسماء الآتية في جمل مفيدة، بحيث يكون كل منها مرة فاعلا، ومرة مفعولا به، ومرة مجرورًا بحرف جر:
الليالي، الداعي، المُصلي، المعالي، المباني.
تمرين ٣:
١- كون ثلاث جمل اسمية المبتدأ في كل منها اسم منقوص.
٢- كوّن ثلاث جمل فعلية الفاعل في كل منها اسم منقوص.
٣- كون ثلاث جمل فعلية المفعول به في كل منها اسم منقوص.
٤- كوّن ثلاث جمل خبر كان في كل منها اسم منقوص.
تمرين ٤:
هاتِ اسمًا منقوصًا من كل فعل من الأفعال الآتية، ثم ضعه في جملة مفيدة:
سَعَى، شَفَى، رَضِي، هَدَى.
تمرين ٥ في الإعراب:
أ- نموذج:
الرَّجل القاسي مكروه.
الرجل: مبتدأ مرفوع بالضمة.
 
١ ‏/ ١٣٣
 
القاسي: نعت مرفوع بضمة مقدرة على الياء.
مكروه: خبر المبتدأ مرفوع بالضمة.
ب- أعرب الجمل الآتية:
١- يصعُب السفر في الصَّحاري.
٢- تَبْلغ الطيارات المكان القاصي في وقت قصير.
٣- الوَادي خصَيب.
 
نصبُ المضارع بأَن المضمرة:
 
Nasabnya Fi'il Mudharik dengan [أَن] yang dikira-kira 
 
١- بعد لام التَّعْلِيل:
1. Setelah lam ta'lil
 
الأمثلة:
١- جَلَسْتُ لأستريحَ:
٢- حَضَرْتُ لأعودَ الْمَرِيضَ:
٣- يَجْتَهِدُ الطَّالِبُ لينجحَ:
٤- بَنَيْتُ بيْتًا لأسكنَ فِيهِ:
 
 Contoh-Contoh:

  1.     Saya duduk Untuk istirahat.
  2.     Saya datang untuk menjenguk Orang sakit.
  3.     Murid itu rajin supaya lulus.
  4.     Saya membangun rumah untuk tempat tinggal di dalamnya.
 
١- جَلَسْتُ لأَنْ أستريحَ.
٢-  حَضَرْتُ لأَنْ أعودَ الْمَريضَ.
٣- يَجْتَهدُ الطَّالِبُ لأَنْ ينجحَ.
٤- بَنَيْتُ بَيْتًا لأَنْ أسكنَ فِيهِ.
  1.     Saya duduk untuk istirahat.
  2.     Saya datang untuk menjenguk orang sakit.
  3.     Murid itu rajin supaya lulus.
  4.     Saya membangun rumah untuk bertempat tinggal di dalamnya.
 
البحث:
انظر إلى الأفعال المضارعة في أمثلة القسم الأول، تجد كلا منها مسبوقًا بلام تفيد أنَّ ما بعدها علة، وسبب في حصول ما قبلها؛ فالاستراحة علة وسبب في الجلوس، وعيادة المريض علة في الحضور، وهلم جرًّا، ومن أجل ذلك تسمى هذه اللام لام التعليل.
وإذا تأملت آخر الفعل المضارع بعد هذه اللام في أمثلة القسم الأول تجده منصوبًا، فما الذي نصبه؟ الذي نعرفه أن نصب المضارع لا يكون إلا بأحد حروف أربعة، هي: أن، ولن، وإذن، وكي، وبما أنه لا يوجد في هذه الأمثلة ناصب ظاهر من هذه النواصب الأربعة، لم يكن هناك مَفَر من إضمار واحد منها في كل مثال، فما هو ذلك الناصب الذي نضمره أو نُقدره؟ لمعرفة ذلك ننظر إلى أمثلة القسم الثاني، فنجد أن هذه الأفعال نفسها مسبوقة بلام التعليل ومنصوبة بأن الظاهرة، وهذا دليل على أنَّ «أنْ» هي التي تُضمر أو تقدر بعد اللام في أمثلة القسم الأول.
ولما كانت «أن» الناصبة للفعل المضارع تظهر بعد لام التعليل تارة، وتُضمر تارة أخرى، كان ذلك دليلًا على أنَّ الإضمار في هذا الموضع جائز.
Pembahasan: 
 
Lihatlah pada fi'il-fi'il mudlari' dalam contoh-contoh bagian pertama, tentu akan engkau lihat masing-masingnya didahului oleh lam yang menunjukkan pada pengertian, bahwa kata-kata yang sesudahnya (lam) menjadi sebab bagi kejadian sebelumnya.

Adapun kata " الإِسْتِرَاحُ " (istirahat) adalah menjadi sebab bagi adanya kegiatan " جَلَسْتُ  ", (duduk) dan  "عِيَادَةُ الْمَرِيْضِ" (mengunjungi orang sakit) menjadi sebab adanya " حَضَؤْتُ " (datang) dan begitulah selanjutnya. Karena itu lam ini dinamakan lam ta'lil.

Apabila engkau perhatikan akhir fi'il mudhari' yang berada sesudah huruf lam ini pada bagian pertama di atas, maka engkau temukan fi'il itu dinasabkan. Apakah tanda i'rabnya? Yang telah kita kenal adalah bahwa fi'il mudlari' itu hanya dinasabkan dengan salah satu dari empat huruf ini:

“ أَنْ " (agar), " لَنْ " (tidak akan), " اِذَنْ " (kalau begitu) dan " كَىْ " (supaya). Dalam contoh-contoh kalimat ini tidak ada huruf nasob yang nyata di antara empat huruf nasob ini, karena tidak ada alasan lain, kecuali adanya salah satu huruf tadi yang di sisipkan pada setiap contoh itu.

Lalu huruf nasob manakah yang kita sisipkan atau kita sembunyikan. Untuk mengetahui masalah itu, marilah kita temukan bahwa fi'il fril itu sendiri didahuli oleh lam ta'lil dan dinasobkan dengan " أَنْ " yang terlahirkan (tampak). Ini adalah bukti, bahwa " أَنْ " itu (huruf nasob) yang disisipkan atau ditakdirkan pada contoh-contoh bagian pertama,

Oleh karena " أَنْ " yang menasabkan fi'il mudhari' terkadadang tampak sesudah lam ta'lil dan terkadang tersembunyi, maka hal sebagai bukti bahwa menyisipkan pada bagian ini adalah boleh.
 
القواعد:
٤٣- ينصب الفعل المضارع بِأَنْ مُضْمَرةً جَوَازًا بعد لام التعليل.
 
43.  Fi'il mudhari' sesudah lam ta'lil itu boleh dinasabkan dengan “an” tersembunyi.
 
٢- بعد لام الجُحُود:

2. Setelah lam juhud
الأمثلة:
١- ما كان الصديق ليخونَ صَدِيقَهُ.
٢- مَا كانَتِ الطيُورُ لتسجنَ فِي الأَقْفَاصِ.
٣- لَمْ يَكُن الشرطيُّ ليسرقَ.
٤- لَمْ أَكُنْ لأرافقَ الأَشْرَارَ.
 
 Contoh:
  1. Seorang sahabat itu tidak akan berkhianat kepada sahabatnya.
  2. Burung-burung itu tidaklah (boleh) dikurung di dalam sangkar-sangkar.
  3. Polisi itu tidaklah mencuri.
  4. Saya tidaklah (akan) berteman dengan orangorang jahat.
 
البحث:
انظر إلى الأفعال المضارعة يخونَ، وتُسْجَنَ، ويسرقَ، وأرافقَ في الأمثلة السابقة تجد كلا منها مقرونًا بلام ليست هي لام التعليل السابقة؛ لأنها لا تفيد أن ما بعدها علة في حصول ما قبلها، وإنما هي لام أخرى إذا تأملتها في كل الأمثلة التي وردت فيها، وجدتها مسبوقة دائمًا بكان المنفية وما تصرف منها، ولوقوع هذه اللام دائمًا بعد النفي سميت لام النفي أو لام الجحود.
 
وإذا تأملت أواخر الأفعال المضارعة بعد هذه اللام في الأمثلة السابقة. وجدت كلًا منها منصوبًا، ولكنك لا تجد أداة من أدوات النصب التي تنصب المضارع؛ وإذًا لا بد أن يكون النصب بحرف محذوف من حروف النصب، ولا بد من أن يكون هذا الحرف المحذوف هو «أن»؛ لأن المعنى لا يستقيم بتقدير غيره من النواصب.
ولما كانت «أن» لا تظهر بعد لام الجحود كان إضمارها واجبا.
 
Pembahasan: 
 
Lihatlah fi'il-fi'il mudhori': “ يَخُوْنَ " (berkhianat), “ تُسْجَنَ " (dikurung), " يَسْرِقَ " (mencuri) dan " أُرَافِقَ " (berteman) pada contoh-contoh kalimat di atas, maka engkau temukan bahwa setiap fi'il itu dihubungkan dengan lam yang bukan lam ta'lil, karena fi'il-fi'il itu tidak menjadi sebab adanya kegiatan sebelumnya, tetapi ia adalah lam yang lain.

Apabila engkau perhatikan tiap-tiap contoh yang tersebut di atas, tentu akan engkau lihat, ia senantiasa didahului dengan kaana yang dinafikan atau kata yang berasal darinya. Karena lam ini selalu berada setelah huruf nafi, maka lam itu disebut lam nafi atau lam juhud.

Apabila engkau perhatikan akhir fi'il-fi'il mudhori' itu setelah ada lam ini pada contoh-contoh kalimat di atas, maka engkau temukan, bahwa setiap fi'il itu dinasabkan, akan tetapi engkau tidak dapat menemukan huruf-huruf nasob yang menasabkan fi'il-fi'il mudhori' tersebut.

Dengan demikian tentu nasobnya itu dengan sesuatu huruf nasob yang dibuang dan tentunya huruf nasob yang terbuang ini adalah “an”. Karena maknanya tidak dapat benar kalau diganti dengan huruf-huruf nasab lain.

Karena, "an" itu tidak dapat ditampakkan setelah lam juhud, maka ia wajib tersembunyi. 

القواعد:
٤٤- ينصب الفعل المضارع بأن مضمرة وجوبا بعد لام الجحود.
 
44. Fi'il mudhori itu Wajib dinasabkan dengan " أَنْ "tersembunyi (bila ada) setelah lam juhud

٣- بعدَ أَو:

 
3. Setelah "aw"
الأمثلة:
١- استمع نصح الطبيب أَوْ يتمَّ شِفَاؤُكَ.
٢- تَحَبَّبْ إِلَى إِخْوَانِكَ أَوْ تنالَ رِضَاهُم.
٣- يُعاقَبُ الْمُسِيءُ أَوْ يعتذرَ.
٤- يُحْرَمُ التِّلْميذُ الْمُكافَأَةَ أَوْ يجتهدَ.
Contoh:

  1.     Dengarkanlah nasihat dokter, sampai kese. hatanmu sempurna.
  2.     Cintailah saudara-saudaramu, sehingga engkau mendapatkan ridla mereka.
  3.     Orang yang bersalah itu akan dihukum, kecuali minta maaf.
  4.     Murid itu tidak diberi balasan, kecuali ia mau rajin.
البحث:
الكلمات: يَتِمَّ، وتنالَ، ويعتذر، ويجتهدَ في الأمثلة السابقة، كلها أفعال مضارعة، وكل منها مسبوق بحرف هو «أو».
  
وإذا تأملنا هذا الحرف في المثالين الأولين، وجدناه بمعنى «إلى» لأنه يصح أن تضع «إلى» في موضعه مع استقامة المعنى المقصود، فتقول: استمع نصح الطبيب إلى أن يتم شفاؤك، وتحبب إلى إخوانك إلى أن تنال رضاهم، وإذا تأملناه في المثالين الآخرين وجدناه بمعنى «إلا» لأنه يصح أن تضع «إلا» في موضعه مع استقامة المعنى المقصود، فتقول: يعاقب المسيء إلاّ أن يعتذر، ويحرم التلميذ المكافأة إلاّ أن يجتهد.
وإذا نظرنا إلى أواخر الأفعال المضارعة بعد «أو» هذه، وجدناها، منصوبة من غير أن تكون مسبوقة بأدوات نصب ظاهرة، وإذًا لا بد أن يكون نصبها بناصب مُضْمر، ولا بد أن يكن هذا الناصب المضمر هو «أن» لأن المعنى لا يستقيم بتقدير غيرها من الحروف الناصبة للمضارع.
ولما كانت «أن» لا تظهر قبل المضارع المسبوق بأو هذه كانت واجبة الإضمار.
 
Pembahasan: 
 
Kalimat (kata-kata): " يَتِمَّ " (sempurna), " يَنَالَ " (memperoleh), " يَعْتَذِرَ " (minta maaf) dan " يَجْتَهِدَ " (rajin) pada contoh-contoh kalimat di atas adalah fi'il-fi'il mudhari' dan setiap fi'il tersebut didahului dengan “ أَوْ " (Au).

Apabila kita perhatikan huruf ini pada dua contoh kalimat pertama, maka kita temukan bahwa huruf ini berarti (sampai atau sehingga), karena di tempat huruf ini dapat diletakkan huruf ilaa yang dapat memberikan makna dengan tepat. Jadi, dapat engkau katakan:

اِسْتَمِعْ نُصْحَ الطَّبِيْبِ اِلَىَ اَنْيَتِمَّ شِفَاؤُكَ

(Dengarkanlah nasihat dokter, sampai kesehatanmu sempurna)

تَحَيَّبْ اِلَىَ اِحْوَانِكَ اِلَى أَنْ تَنَالَ رِضَاهُمْ

(Cintailah saudara-saudaramu sampai memperoleh ridla mereka).

Apabila kita perhatikan huruf itu pada dua contoh kalimat yang terakhir, pasti kita temukan huruf itu bermakna " إِلاَّ " (kecuali), karena di tempat huruf ini dapat diletakkan huruf " إِلاَّ " yang dapat memberikan makna dengan tepat. Jadi, dapat engkau katakan:

    يُعَاقَبُ الْمُسِئُ اِلاَّ اَنْيَعْتَذِرَ

(Orang yang jahat itu dihukum, kecuali ia minta maaf).”

يُحْرَمُ التِّلْمِيْذُ الْمُكَافَاَةَ اِلاَّ اَنْ يَجْتَهِدَ

(Murid itu tidak diberi balasan kecuali dia mau rajin).

Apabila kita perhatikan akhir fi'i-fi'il mudhari' sesudah "au" ini, maka akan kita lihat ia dinasabkan, tanpa didahului oleh salah satu huruf-huruf nasab yang terlihat, Dengan demikian, tentulah nasabnya itu karena ada penasob tersembuny.

Pastilah huruf nasab yang tersembunyi ini ada " an" Karena maknanya tidak dapat dipahami bila diganti dengan huruf nasob yang lain.

Karena "an" nya tidak terlihat sebelum fi'il mudhore' yang didahului oleh "an" ini, maka dia wajib tersembunyi.

 
القواعد:
٤٥- ينصب المضارع بأن مضمرة وجوبا بعد «أَوْ» الَّتِي بمعْنَى إِلَى أَوْ إِلاَّ.
 
45. Fi'il mudlari' dinasabkan oleh “an” yang wajib tersembunyi sesudah “au”, yang berarti ilaa (sehingga) atau illaa (kecuali).
٤- بعدَ حتى:
 Setelah "hatta"
الأمثلة:
١- لاَ يُمْدَحُ الْوَلَدُ حَتَّى ينالَ رِضَا وَالديْهِ.
٢- سَأَلْزَمُ الْفِرَاشَ حَتَّى يتمَّ شِفَائي.
٣- لاَ تَأْكلْ حَتَّى تجوعَ.
٤- لاَ تَدْخلْ حَتَّى يؤذنَ لَك.
Contoh:
  1.     Anak itu tidak terpuji, sampai dia memperoleh ridla orang tuanya.
  2.     Saya akan tetap berada di tempat tidur, hingga sempurna kesehatanku.
  3.     Jangan makan "sampai engkau lapar.
  4.     Janganlah engkau masuk, sebelum engkau diizinkan.
البحث:
تأمل الأفعال المضارعة: ينالَ، ويَتِمَّ، وتَجُوعَ، ويُؤْذَن في الأمثلة السابقة، تجد كلا منها مسبوقا بكلمة «حتى» وانظر أواخرها تجدها منصوبة من غير أن تكون هناك أدوات نصب ظاهرة، وإذًا لا بد أن يكون هناك ناصب محذوف بعد «حتى». ولا بد أن يكون هذا الناصب هو «أَنْ». دون غيره من نواصب المضارع لما تقدم في الموضعين السابقين.
ولما كانت «أن» لا تظهر أبدًا قبل المضارع المسبوق بحتى كان إضمارها واجبا.

Pembahasan:

Perhatikanlah fi'il-fi'il mudhari': " يَنَالُ " (memperoleh), " يَتِمَّ " (sempurna), " تَجُوْعَ " (lapar), dan " يُوْذَنَ  " (diizinkan) pada contoh-contoh kalimat di atas, maka akan engkau temukan, bahwa setiap fi'il itu didahului dengan kalimat (kata) " حَتَّى " (sampai/sebelum).

Dan lihatlah huruf akhirnya, tentu engkau lihat dalam keadaan manshub (dinasobkan) tanpa ada huruf-huruf nasob yang jelas. Karena itu, di sana pasti ada huruf nasob yang tersembunyi sesudah " أَنْ “,

Hendaklah huruf " أَنْ " nasob itu adalah “ أَنْ “ dan bukan huruf-huruf nasob yang lain seperti telah tersebut pada dua pelajaran yang lalu. Karena , itu “ أَنْ “ sebelum fi'il mudhari' yang didahului oleh “ أَنْ “itu, selamanya tidak tampak, maka berarti menyembunyikan  " أَنْ " itu adalah wajib.

القواعد:
٤٦- ينصب المضارع بأن مضمرة وجوبا بعد حتى.
 
46. Fi'il mudlari'” itu wajib dinasabkan dengan “an” tersembunyi (apabila terdapat) sesudah hatta
 

٥- بعد فاء السببية:
 Setelah fa' sababiyah
الأمثلة:
١- لم يسئ فيبغضَ.
٢- لمْ يُسْأَلْ فيجيبَ.
٣- اِصْنَع الْمَعْرُوفَ فتنالَ الشُّكْرَ.
٤- كُنْ لَيِّنَ الْجَانِبِ فتحبَّ.
Contoh:
  1.     Dia tidak berbuat jelek (salah) karena itu dia tidak dibenci.
  2.     Dia tidak ditanya, karena itu dia tidak menjawab.
  3.     Berbuatlah kebaikan karena dengan itu engk akan memperoleh (ucapan) terima kasih.
  4.     Hendaklah engkau lemah: lembut kepada orang lain, nanti engkau akan dicintai.
 
البحثُ:
انظر الأفعال المضارعة: يُبْغَض، وَيُجِيبَ، وتنالَ، وتُحَبَّ في الأمثلة السابقة، تجد كلا منها مسبوقا بفاء تفيد أن ما قبلها سبب في حصول ما بعدها، فالإساءة في المثال الأول سبب في البغض، والسؤال في المثال الثاني سبب في الإجابة وهلم جرا، من أجل ذلك سميت هذه الفاء فاء السببية.
وإذا تأملت هذه الفاء في التراكيب التي معنا، وجدتها مسبوقة بنفي كما في المثالين الأولين، أو بطلب كما في المثالين الآخيرين.
تأمل بعد ذلك آخر الفعل المضارع بعد هذه الفاء تجده منصوبًا، ولكنك لا ترى قبله أداة ظاهرة من أدوات النصب المعروفة، وإذًاَ لا بد أن يكون النصب بأن المحذوفة على مثال ما كان في المواضع المتقدمة.
والحذف هنا واجب أيضًا؛ لأن النصب لا يظهر بعد هذه الفاء بحال من الأحوال.
 
Pembahasan: 
 
Perhatikanlah fi'il mudlari' " يُبْغَضَ  " (dibenci) " يُجِيْبُ  " (menjawab), " تَنَالُ  " (memperoleh) dan " تُحِبَّ " (dicintai) pada contoh-contoh kalimat di atas, niscaya engkau temukan bahwa tiap-tiap fi'il tersebut didahului oleh fa' yang menunjukkan bahwa kegiatan sebelumnya menjadi sebab adanya kegiatan sesudahnya.

Adapun “berbuat jelek” pada contoh kalimat pertama adalah menjadi sebab adanya “dimarahi”: ditanya “pada contoh kalimat kedua adalah menjadi sebab adanya “menjawab” dan begitulah seterusnya. Karena itu huruf fa' ini dinamakan fa' sababiyyah.

Apabila engkau perhatikan “fa” ini pada kalimat-kalimat di hadapan kita, tentu engkau akan lihat ia didahului oleh huruf nafi, seperti pada dua contoh pertama, atau oleh fi'il amar, seperti pada dua contoh terakhir.

Kemudian perhatikanlah akhir fi'il mudhari' sesudah “fa” ini, tentu engkau akan melihat ia dinasobkan. Tetapi engkau tidak melihat adanya salah satu huruf nasob yang terkenal, yang tampak sebelumnya. Dengan demikian, tentulah nasabnya itu adalah dengan “an” yang terbuang, seperti pada tempat-tempat lain sebelumnya.

Membuang “an” di sini adalah wajib pula, karena sesudah huruf fa' ini, huruf nasob itu tidak tampak jelas dalam keadaan bagaimanapun.

القواعد:
٤٧- ينصب المضارع بأن مضمرة وجوبا بعد فَاءِ السَّبَبِيَّة الْمَسْبُوقَةِ بنفي طَلَبٍ.
KAIDAH
 
47. Fi'il mudlari' itu wajib dinasabkan dengan "an" tersembunyi (apabila ada) sesudah fa' sababiyyah, yang didahului oleh huruf nafi atau kata perintah.
 
٦- بعد واو المعية:
 Setelah wawu ma'iyah
الأمثلة:
١- لَمْ يَفْعَل الْخَيْرَ ويندمَ.
٢- لَمْ يُواسِ الْفَقيرَ ويَمُنَّ عَلَيْهِ.
٣- لا تَأْمُرْ بِالصِّدْقِ وتكذبَ.
٤- لاَ تَنْظُرْ إِلَى عُيُوبِ النَّاسِ وتهملَ عُيُوبَ نَفْسِك.
Contoh:
  1.     Dia tidak berbuat baik dan dia menyesal.
  2.     Dia tidak menolong orang fakir itu dan dia tidak menundanya.
  3.     Janganlah engkau menyuruh berlaku jujur padahal engkau sendiri berdusta.
  4.     Janganlah engkau (suka) memperhatikan aib orang lain, padahal engkau lengah pada aib sendiri.
 
البحثُ:
تأمل الأفعال المضارعة: يندمَ ويمنَّ وتكذبَ وتُهملَ، تجد كلا منها مسبوقًا بواو تفيد مصاحبة ما قبلها لما بعدها، وإن شئت فقل تفيد نفي حصول ما قبلها وما بعدها معًا، فالمنفي في المثال الأول هو مصاحبة الندم لفعل الخير، والمنفي في المثال الثاني هو مصاحبة المنّ للمواساة، وهكذا؛ ومن أجل ذلك تسمى هذه الواو واو المصاحبة أو واو المعية. وإذا تأملت ما قبل هذه الواو في الأمثلة التي معنا، وجدت نفيًا أو طلبًا، فهي مسبوقة بنفي في المثالين الأولين، ومسبوقة بطلب في المثالين الآخرين.
 
ارجع إلى الأمثلة مرة ثانية، وانظر آخر كل مضارع يقع بعد هذه الواو، تجده منصوبًا من غير أن تكون هناك أداة نصب ظاهرة، ولكنك بالقياس على ما تقدم لك، لا يصعب عليك أن تدرك أن النصب هنا بأن المضمرة وجوبا.

Pembahasan:
 
Perhatikan fi'il-fi'il mudhari ': " يَنْدَمَ " (menyesal), " يَمُنَّ " (suka memberi), " تَكْذِبَ " (dusta) dan "  تُهْمِلَ " (lengah), niscaya engkau temukan bahwa setiap fi'il itu didahului oleh wawu yang menunjukkan adanya hubungan timbal-balik antara yang ada sebelumnya dengan yang ada sesudahnya.

Jika engkau mau, katakanlah, bahwa wawu itu menunjukkan adanya kegiatan sebelum dan sesudahnya secara bersamaan. Adapun sesuatu yang dinafikan pada contoh kalimat pertama itu, adalah kebersamaan penyesalan dengan perbuatan baik dan yang dinafikan pada contoh kalimat kedua adalah bersamaan kegiatan suka memberi bagi perbuatan kasar. Begitulah seterusnya.

Karena itu wawu ini dinamakan wawu mushahabah atau wawu ma'iyyah. Apabila engkau perhatikan kata-kata sebelum “wawu” dengan contoh-contoh di depan kita ini, tentu engkau akan menemukan huruf nafi atau kata kerja perintah, yaitu seperti pada dua contoh pertama didahului oleh kalimat nafi dan pada dua contoh terakhir didahului oleh kalimat kata kerja perintah.

Perhatikanlah sekali lagi pada contoh-contoh itu, dan perhatikan akhir tiap-tiap fi'il mudhari' yang terletak sesudah wawu ini, tentu engkau akan melihat ia dinasobkan tanpa ada huruf nasob yang jelas. akan tetapi dengan memperhatikan bagimu untuk lalu, maka tidaklah sulit bagimu untuk mengetahui bahwa fi'il disini adalah dinasobkan dengan " an " yang wajib tersembunyi.
 
القواعد:
٤٨- ينصب المضارع بأن مضمرة وجوبا بعد وَاوِ الْمَعِيَّةِ الْمَسْبُوقَةِ بِنَفْي أَوْ طَلَبٍ.
KAIDAH
 
48. Fi'il mudhari' itu wajib dinasabkan dengan “an” tersembunyi (apabila berada) setelah wawu ma'iyyah yang didahului oleh huruf nafi atau kata kerja perintah.
تمرين ١:
عين الأفعال المضارعة المنصوبة في العبارات الآتية، وبين ما نصب منها بأن المحذوفة جوازًا، والمحذوفة وجوبًا:
١- مرَّ عمر بن الخطاب بصبيان يلعبون، وفيهم عبد الله حَفيدُ العَوَّام، فلما لَمحوه هربوا من وجهه إلاّ عبد الله، فما كان لِيَفِر، فقال له عمر: ما لك لم تَهْرُب مع رفقائك، فقال: يا أمير المؤمنين لم أك على ريبة فأخاف سطوتك، ولم تكن الطريق ضيقة فأوسع لك، فعجب عمر من فطنته وسرعة خاطره.
٢- خرجنا إلى الحقول لِنُريح نفوسنا من عناء العمل، ولن نعود حتى تغيب الشمس.
٣- لم يكن الغِنَى ليُطغي كرامَ النفوس، ولم يكن الوالد ليخاف أباه.
٤- لا تكثر معاتبة الصديق فيهون عليه سَخَطُكَ.
٥- لم يأمر الناصحُ بالأمانة ويخون، ولم يَتَول القاضي الحكم ويَظْلم.
٦- لا تكن رطبا فتعصر، ولا يَابسًا فتُكْسَر.
تمرين ٢:
أتمم الجمل الآتية بذكر الفعل المضارع المحذوف، واضبط آخره وبيِّن سبب الضبط:
١- لم يَطلُب المساعدة فـ ...
٢- لا تُفش سر أخيك فـ ...
٣- لم يَدَّخر مالًا في زمن الرخاء فـ ...
٤- لا تقرأ في الضوء الضعيف فـ ...
٥- لا تنه عن منكر و...
٦- لا تحض على إطعام المسكين و...
٧- لم يُغضب أحدٌ والديه و...
٨- لم يزرع أحد جميلًا و...
٩- ما كنت لِـ ...
١٠- لم يكن الخادم لِـ ...
١١- جاء الطبيب لِـ ...
١٢- لن أنام حتى ...
تمرين ٣:
اذكر الجمل المحذوفةَ المتممةَ للمعنى فيما يأتي:
١- ... فتدومَ لك صداقته.
٢- ... فتكسُدَ تجارتك.
٣- ... فيبتعدَ عنك إخوانك.
٤- ... حتى تستريح في كِبَرِك.
٥- ... لتستحق حمد الناس.
٦- ... أو تَصلَ إلى مقصودك.
 
١ ‏/ ١٤٣
 
تمرين ٤:
١- ائت بجملتين فيهما المضارع منصوب بأن المضمرة بعد لام التعليل.
٢- ائت بجملتين فيهما المضارع منصوب بأن المضمرة بعد لام الجحود.
٣- ائت بجملتين فيهما المضارع منصوب بأن المضمرة بعد حتى.
٤- ائت بجملتين فيهما المضارع منصوب بأن المضمرة بعد فاء السببية.
٥- ائت بجملتين فيهما المضارع منصوب بأن المضمرة بعد واو المعية.
٦- ائت بجملتين فيهما المضارع منصوب بأن المضمرة بعد أو.

تمرين ٥:
أجب عن الأسئلة الآتية بجمل تشتمل كل منها على مضارع منصوب بأن المضمرة:
١- لِمَ يسافر الطلاب إلى البلاد الأجنبية؟
٢- أَأَنت ممَّن يُقصِّرون في واجبهم؟
٣- إلى متى تظلُّ تلميذًا بالمدارس الابتدائية؟
٤- إلى متى تبقى المصابيح موقدة؟

تمرين ٦ في الإعراب:
أ- نموذج:
لم تذنب البنت فتخاف.
لم: حرف نفي وجزم مبني على السكون.
 تذنب: فعل مضارع مجزوم بلم وعلامة جزمه السكون.
البنت: فاعل مرفوع بالضمة.
فتخاف: الفاء فاء للسببية حرف مبني على الفتح، وتخاف فعل مضارع منصوب بأن مضمرة وجوبا وعلامة نصبه الفتحة.
ب- اعرب الجملتين الآتيتين:
١- يُحب الأب والولد أو يُخالفَ.
٢- لَمْ يَجهل الرجل السِّباحة فيغرقَ.

LihatTutupKomentar