Akhlak pada Tetangga

Akhlak pada Tetangga ini membahas etika dan sopan santun anak pada tetangga, pada pembantu, berjalan di tempat umum dan saat berangkat sekolah plus kisah seorang anak bernama Hamid. Ini bagian dari isi kitab Akhlak bagi Anak Lelaki Nama kitab: Al-Akhlaq lil Banin Juz 1 Judul asal dalam teks Arab: الأﺧﻼﻕ ﻟﻠﺒﻨﻴﻦ الجزء الأﻭﻝ Makna: Pelajaran Budi Pekerti Islam untuk Anak Laki-laki Bagian 1 Penulis: Umar bin Ahmad Baraja Bidang studi: Etika budi pekerti Islam (akhlak) Penerjemah:
Akhlak pada Tetangga
Akhlak pada Tetangga ini membahas etika dan sopan santun anak pada tetangga, pada pembantu, berjalan di tempat umum dan saat berangkat sekolah plus kisah seorang anak bernama Hamid. Ini bagian dari isi kitab Akhlak bagi Anak Lelaki
Nama kitab: Al-Akhlaq lil Banin Juz 1
Judul asal dalam teks Arab: الأﺧﻼﻕ ﻟﻠﺒﻨﻴﻦ الجزء الأﻭﻝ
Makna: Pelajaran Budi Pekerti Islam untuk Anak Laki-laki Bagian 1
Penulis: Umar bin Ahmad Baraja
Bidang studi: Etika budi pekerti Islam (akhlak)
Penerjemah:
Daftar Isi

20. Mustafa bersama kerabatnya Yahya (مُصْطَفَى وَ قَرِيْبُهَ يَحْيَى)

Mustafa adalah anak orang kaya yang sangat baik, dian tidak sombong pada sesame, dia suka membantu terutama pada kerabat kerabatnya.

Suatu ketika dia melihat Yahya kerabatnya memakai pakaian yang sudah robek, segeralah dia pulang kerumahnya dan mengambil baju yang baru kemudian diberikan kepada Yahya dia berkata : ambillah pakaian ini saudaraku sebagai hadiah dariku, yahya menerima baju itu dengan berlinang air karena senang sekali dan tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kebaikan Mustafa.

Saat orang tuanya tau cerita ini, ayahnya senang sekali karena Mustafa telah membantu kerabatnya dan memuji kebaikan akhlaknya Mustafa.


21. Adab seorang anak terhadap Pembantunya (اَدَابُ الْوَلَدِ مَعَ خَادِمِهِ)

1. Pembantu adalah orang yang membantu dirumahmu merapikan alat alat rumah tangga, mengepel teras dan meyapu halaman rumah, ayahmu juga menyuruhnya mengerjakan kebutuhan kebutuhan rumah tangga, dia yang memasak , mencuci pakaian dan membantu kesibukan ibumu, dia juga yang pergi kepasar untuk belanja.

2. Maka kamu harus memperlakukannya dengan akhlak yang baik, jika kamu menyuruhnya maka gunakanlah ucapan yang baik jangan menyakitinya jangan bersikap sombong padanya , jika dia keliru maka janganlah membentaknya ingatkanlah kesalahannya dengan cara yang baik pula dan di maafkan, jika yang salah adalah dirimu maka katakana dengan jujur , jangan kesalahan itu di timpakan pada pembantu.

3. Bila kamu memanggilnya dan dia tidak segera dating janganlah kamu memarahinya , barangkali dia tidak mendengar suaramu, begitu juga ketika kamu menyuruhnya kemudian dia teledor/ lambat , jangan kesusu memarahinya mungkin dia sedang sibuk dengan pekerjaan yang lain, jangan sekali kali memukulnya , mencacinya , meludahinya karena hal itu hanya dikerjakan oleh anak yang buruk budi pekertinya yang tidak di sukai orang.

4. Tidak boleh terlalu sering duduk bersama pelayan , jangan terlalu sering berbicara kecuali ada perlunya jangan bercanda dengannya agar tidak berani berani atau mendengar ucapan yang tidak pantas darinya .

22. Anak yang suka menyakiti ( اَلْوَلَدُ الْمُؤْذِي)

Ada seorang anak orang kaya yang buruk perangainya dia suka menyombongkan dirinya, suka menyakiti orang lain terlebih lebih pada pembantunya.

Berkali kali orang tuanya menasehatinya tapi tidak pernah di dengarnya. Suatu ketika ayahnya berkata padanya “ dengarlah anakku , jika kamu tidak suka disakiti orang janganlah suka menyakiti orang lain itu adalah perilaku yang buruk, menunjukkan kejelakn pendidikanmu , janganlah kamu suka menghina pembantu , sombong padanya , mereka juga manusia seperti kita , mereka juga mempunyai perasaan seperti kita .

Saat mendengar nasehat ayahnya seperti itu , nasehat itu membekas di hatinya, diapun berhenti dari kebiasaan buruknya dan memperbaiki perilakunya dan senantiasa baik kepada pembantunya dan tidak menyakiti mereka lagi .

23. Adab seseorang dengan tetangga (اَدَابُ الْوَلَدْ مَعَ جِيْرَنِهِ)

1. Ayah dan ibumu sangat menghormati tetangganya dan memintamu untuk juga menghormatinya , karena tetanggalah yang membantu orang tuamu saat mereka perlu, ibumu terkadang meminjam alat alat rumah kepada tetangga dengan senang hati mereka meminjamkan , jika salah satu dari keluargamu ada yang sakit , mereka akan datang untuk menjenguknya dan mendoakan kesembuhannya.

2. Maka berbuat baiklah kepada tetangga , senangkan hati mereka dengan cara memperlakukan dengan baik anak anaknya , tersenyumlah dihadapnnya , bermainlah dengan baik , hindari pertengkaran dengannya , jangan mengambil mainannya tanpa seidzinnya , jangan bersikap sombong dengan memamerkan baju baru atau uang . jika ibumu memberikanmu makanan atau buah buahan jangan dimakan sendiri jika anak anak tetangga juga melihatnya.

3. Jangan sekali kali mengganggu tetanggamu dengan berteriak teriak saat mereka tidur, jangan melempar rumahnya atau sengaja mengotori tembok dan halaman rumahnya , jangan suka mengintip mereka dari celah celah tembik atau pintunya .

24. Hamid dan tetangganya (حَامِدْ وَجِيْرَنِه)

Hamid adalah anak yang baik hati baik budi pekertinya kepada keluarga juga tetangganya, dia tidak suka menyakiti atau bertengkar atau mencaci anak anak mereka dia juga tidak pernah memutuskan silaturahmi dengan tetangganya.

Dia satu sekolah dengan anak tetangganya , mereka berangkat bersama ketika pergi kesekolah, begitu juga pulangnya . mereka juga bermain bersama saling membantu satu sama lain atas keperluannya , jika tidak bertemu sehari saja dia akan menanyakannya, saat salah satunya sakit, tak lupa untuk menjenguknya kerumahnya.

Begitulah kehidupan Hamid dengan tetangganya , mereka hidup senang damai dengan akhlak yang baik dan hati baik pula .

25. SEBELUM BERANGKAT SEKOLAH

Bagi setiap anak sekolah atau siswa, wajib baginya menjaga ketertiban dan kebersihan, di antaranya adalah :

1. Bangun pagi setiap hari.
2. Mandi menggunakan sabun.
3. Berwudlu kemudian shalat berjamaah.
4. Setelah shalat, bersalaman dengan kedua orang tua.
5. Memakai seragam sekolah yang bersih dan rapi.
6. Melihat pelajaran yang sudah dipelajari sebelum tidur tadi malam.
7. Setelah sarapan, merapikan perangkat sekolah di tas.
8. Izin kepada orangtua untuk berangkat sekolah.

26. AKHLAQ BERJALAN DI TEMPAT UMUM

Diantara akhlaq ketika berjalan adalah :
1. Seyogyanya berjalan lurus kedepan.
2. Tidak tengak-tengok kanan kiri.
3. Tidak bergerak yang aneh-aneh.
4. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat dalam berjalan.
5. Tidak sambil makan, menyanyi atau membaca buku.
6. Tidak merusak dan mengotori jalan.
7. Tidak berdesak-desakan, supaya bertabrakan dengan sengaja, agar menjatuhkan alat tulis teman (berbuat gaduh).
8. Tidak berhenti di tengah jalan.
9. Tidak memperhentikan teman, agar tidak telat masuk kelas.
10. Jika berjalan bersama teman-teman, jangan berguarau atau bercanda.
11. Tidak mengeraskan suara ketika berbicara atau tertawa.
12. Tidak mengejek teman, karena hal itu perbuatan yang buruk, tidak sepatutnya seorang murid yang terdidik seperti itu.
13. Tidak lupa mengucapkan salam jika bertemu orang di jalan, terutama jika bertemu orang tua atau guru.
LihatTutupKomentar