Kitab Puasa Madzhab Syafi'i

Kitab fikih Puasa dalam madzhab Syafi'i meliputi siapa saja yang wajib melaksanakan puasa Ramadan. Apa saja syarat dan fardhu (rukun) dari puasa. Apa saja perkara yang membatalkan puasa dan kapan saja haram hukumnya berpuasa.
Kitab Puasa Madzhab Syafi'i
Kitab Puasa Madzhab Syafi'i

Kitab fikih Puasa dalam madzhab Syafi'i meliputi siapa saja yang wajib melaksanakan puasa Ramadan. Apa saja syarat dan fardhu (rukun) dari puasa. Apa saja perkara yang membatalkan puasa dan kapan saja haram hukumnya berpuasa.

Nama kitab: Terjemah Sullamut Taufiq ila Mahabbatillah alat Tahqiq
Penerjemah: A. Fatih Syuhud

Daftar Isi

Teks Arab

فَصْلٌ : فِيمَنْ يَجِبُ عليه الصَّوْمُ ومَنْ يَجُوزُ له الفِطْرُ

يَجِبُ صَوْمُ شَهْرِ رَمَضانَ على كُلِّ مُسْلِمٍ مُكَلَّفٍ؛ ولا يَصِحُّ [الصَّوْمُ ولا يَجُوزُ] مِنْ حائِضٍ ونُفَساءَ، ويَجِبُ عليهما القَضاءُ؛ ويَجُوزُ الفِطْرُ لِمُسافِرٍ سَفَرَ قَصْرٍ، وإنْ لم يَشُقَّ عليه الصَّوْمُ، [ويَجِبُ عليه القَضاءُ]؛ ولمرِيضٍ، وحامِلٍ، ومُرْضِعٍ، [لكِنَّ الثَّلاثَةَ الأُخَرَ إذا] شَقَّ [الصَّوْمُ] عليهم مَشَقَّةً لا تُحتَمَلُ، [أو خافَتِ الأَخِيرَتانِ على نَفْسَيْهِما أو وَلَدَيْهِما، يَجُوزُ لَهُمُ] الفِطْرُ، ويَجِبُ عليهم القَضاءُ، [ويَجِبُ على الأَخِيرَتَيْنِ فِدْيَةٌ إنْ أَفْطَرَتا خَوْفًا على وَلَدَيْهِما فَقَطْ].

فَصْلٌ : في فَرائِضِ الصَّوْمِ وشُرُوطِه

ويَجِبُ التَّبْيِيتُ [في صِيامِ الفَرْضِ، بِأنْ يَنْوِيَ بَيْنَ الغُرُوبِ والفَجْرِ صِيامَ غَدٍ]، والتَّعْيينُ [بِأنْ يَسْتَحْضِرَ في ذِهْنِهِ أنَّهُ يَصُومُ عَنْ رَمَضانَ أو نَذْرٍ أو كَفّارَةٍ أو غَيْرِها] في النِّيَّةِ لِكُلِّ يَوْمٍ، والإمْساكُ عن: الجِماعِ، والاسْتِمْناءِ [أي التَّسَبُّبِ عَمْدًا بِخُرُوجِ مَنِيِّهِ بِنَحْوِ لَمسٍ]، والاسْتِقاءَةِ [أي التَّسَبُّبِ عَمْدًا في خَرُوجِ شَيْءٍ مِنْ مَعِدَتِهِ إلى فَمِهِ بِنَحْوِ أُصْبُعِهِ]، وعن الرِّدَّةِ [أي الخُرُوجِ مِنَ الإسْلامِ، بِقَوْلِ كُفْرٍ أو فِعْلِ كُفْرٍ أو اعْتِقادِ كُفْرٍ]، وعَنْ دُخُولِ عَيْنٍ جَوْفًا، إلّا رِيقَهُ الخالِصَ الطّاهِرَ مِنْ مَعْدِنِهِ [أي مَكانِ وُجُودِهِ الأَصْلِيِّ وهو فَمُهُ].

و[يُشْتَرَطُ لِصِحَّةِ الصَّوْمِ]: أنْ لا يُجَنَّ ولو لَحْظَةً، وأنْ لا يُغْمَى عليه كُلَّ اليَوْمِ [مِنَ الفَجْرِ إلى الغُرُوبِ]،

فَصْلٌ : فِيما يَحْرُمُ صَوْمُهُ

ولا يَصِحُّ [ولا يَجُوزُ] صَوْمُ العِيدَيْنِ، وأيّامِ التَّشْرِيقِ، وكَذا النِّصْفُ الأَخِيرُ مِنْ شَعْبانَ ويَومُ الشَّكِّ، إلّا أنْ يَصِلَهُ [أي النِّصْفَ الأخِيرَ مِنْ شَعبانَ، ويَوْمَ الشَّكِّ] بِما قَبْلَهُ، أو [يَصُومَهُ] لِقَضاءٍ أو نَذْرٍ أو وِرْدٍ [كاعْتِيادِ سُنَّةِ صَوْمِ الاثْنَيْنِ والخَمِيسِ].

فَصْلٌ : فِيمَنْ أَفْسَدَ صَوْمَ يَوْمٍ مِنْ رَمَضانَ بِجِماعٍ

ومَنْ أَفْسَدَ صَوْمَ يَوْمٍ مِنْ رَمَضانَ ولا رُخْصَةَ له في فِطْرِهِ بِجِماعٍ، فَعَلَيْهِ الإثْمُ، والقَضاءُ فَوْرًا [أي بَعْدَ يَوْمِ عِيدِ الفِطْرِ]، وكَفّارةُ ظِهارٍ [وهي عِتْقُ رَقَبَةٍ، فَإنْ لم يَسْتَطِعْ فَصِيامُ شَهْرَيْنِ مُتَتابِعَيْنِ، فَإنْ لم يَسْتَطِعْ فَتَمْلِيكُ سِتِّينَ مِسْكِينًا لِكُلِّ واحِدٍ مِلْءُ الكَفَّيْنِ مِنْ غالِبِ قُوتِ البَلَدِ].

Pasal: Orang yang Wajib Puasa dan yang Boleh Tidak Puasa

Wajib puasa bulan Ramadan bagi setiap muslim mukalaf. Tidak sah dan tidak boleh puasa bagi wanita haid dan perempuan nifas. Wajib bagi keduanya mengqadha puasa yang ditinggalkan. Boleh tidak puasa bagi musafir dalam jarak qashar walaupun dia mampu berpuasa. Wajib baginya mengqadha. Juga bagi orang sakit, hamil dan menyusui akan tetapi ketiga orang ini boleh tidak puasa apabila tidak mampu untk puasa atau yang kedua terakhir takut pada dirinya atau pada anaknya. Boleh bagi mereka tidak puasa tapi wajib mengqadha. Wajib bagi dua orang terakhir membayar fidyah apabila tidak puasa karena mengkuatirkan anaknya saja.

Pasal: Fardu dan Syarat Puasa

Wajib niat puasa pada malam hari antara maghrib dan subuh untuk puasa besoknya. Dan menentukan yakni menghadirkan dalam hati untuk puasa Ramadan atau nadzar atau kafarat atau lainnya dalam niat setiap harinya. Menahan diri dari: jimak, bercumbu yaitu perbuatan yang menyebabkan keluarnya mani seperti menyentuh. Muntah yang disengaja yakni perbuatan yang sengaja dilakukan supaya muntah seperti dengan jari. Murtad yaitu keluar dari Islam dengan ucapan kufur, perbuatan kufur atau i'tikad kufur. Dari masuknya benda ke rongga kecuali ludah yang bersih dan suci dari perut yaitu tempat asalnya yang asli yakni mulutnya.

Disyaratkan untuk sahnya puasa: tidak gila walaupun sebentar, tidak epilepsi setiap hari dari subuh sampai maghrib.

Pasal: Waktu Haram Puasa

Tidak sah dan tidak boleh puasa pada dua hari raya, hari tasyriq, paruh akhir bulan Sya'ban dan hari syak kecuali kalau bersambung yakni paruh akhir bulan Sya'ban dan hari syak (hari ragu) dengan hari sebelumnya atau puasa untuk qadha, nadzar atau rutin seperti kebiasaan puasa sunnah senin dan kamis.

Pasal: Orang yang Batal Puasa Ramadan karena Jimak

Orang yang batal puasa Ramadan karena jimak sedangkan dia tidak ada keringanan untuk tidak puasa maka dia menanggung dosa dan harus segera mengqadha yakni setelah Idul Fitri dan membayar kafarat (tebusan) berupa memerdekakan budak, apabila tidak bisa maka puasa dua bulan berturut-turut, apabila tidak bisa maka memberi makan 60 orang miskin setiap orang sebanyak dua telapak tangan dari makanan pokok suatu tempat.
LihatTutupKomentar