Kitab Jihad

Kitab Jihad Jihad adalah perang misi bersenjata melawan orang kafir dalam rangka membela, memperjuangkan dan menyebarkan agama Islam. Tidak semua muslim diwajibkan jihad. Ada tujuh syarat wajibnya jihad seperti baligh, berakal sehat, laki-laki, sehat dan mampu berperang. Adapun hasil dari jihad seperti harta musuh akan dimiliki oleh muslim. Sedangkan pasukan yang kalah akan diambil tindakan pada mereka sesuai kebijakan dari pimpinan pasukan.
Kitab Jihad
Jihad adalah perang misi bersenjata melawan orang kafir dalam rangka membela, memperjuangkan dan menyebarkan agama Islam. Tidak semua muslim diwajibkan jihad. Ada tujuh syarat wajibnya jihad seperti baligh, berakal sehat, laki-laki, sehat dan mampu berperang. Adapun hasil dari jihad seperti harta musuh akan dimiliki oleh muslim. Sedangkan pasukan yang kalah akan diambil tindakan pada mereka sesuai kebijakan dari pimpinan pasukan.

Daftar Isi
  1. Kitab Jihad
  2. Sembelihan dan Buruan
  3. Kembali ke: Kitab Taqrib

KITAB JIHAD


كتاب الجهاد

وشرائط وجوب الجهاد سبع خصال الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والذكورية والصحة والطاقة على القتال ومن أسر من الكفار فعلى ضربين ضرب يكون رقيقا بنفس السبي وهم الصبيان والنساء وضرب لا يرق بنفس السبي وهم الرجال البالغون والإمام مخير فيهم بين أربعة أشياء القتل والاسترقاق والمن والفدية بالمال أو بالرجال يفعل من ذلك ما فيه المصلحة ومن أسلم قبل الأسر أحرز ماله ودمه وصغار أولاده ويحكم للصبي بالإسلام عند وجود أسباب: أن يسلم أحد أبويه أو يسبيه مسلم منفردا عن أبويه أو يوجد لقيطا في دار الإسلام.

Syarat Wajib Jihad ada tujuu Islam, Baligh, Berakal, Merdeka, Laki Laki, Sehat dan Mampu berperang. Tawanan dari kafir ada dua macam: 1 Menjadi Hamba dengan sendirinya. mereka meliputi Anak Anak, Wanita. 2. Tidak langsung menjadi hamba . Mereka adalah Kaum Pria yang sudah baligh.

Pimpinan memilih mereka antara 4 hal: 1. Dibunuh 2. Jadi budak 3. Memberikan keamanan 4. Bayar keamanan dengan harta mereka atau disuruh melakukan kemaslahatan.

Barang siapa masuk islam sebelum ditawan maka dijaga harta, darah anak kecilnya. Anak kecil dihukumi Islam tatkal ada tiga sebab: 1. Islam salah satu orang tuanya 2. Sendirinya anak muslim. Ketika berpisah dengan orang tuanya 3. Ditemukan di daerah Islam.


MEMBUNUH LAWAN DALAM PERANG

(فصل) ومن قتل قتيلا أعطى سلبه وتقسم الغنيمة بعد ذلك على خمسة أخماس فيعطى أربعة أخماسها لمن شهد الوقعة ويعطى للفارس ثلاثة أسهم وللراجل سهم ولا يسهم إلا لمن استكملت فيه خمس شرائط الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والذكورية فإن اختل شرط من ذلك رضخ له ولم يسهم ويقسم الخمس على خمسة أسهم سهم لرسول الله صلى الله عليه وسلم يصرف بعده للمصالح وسهم لذوي القربى وهمم بنو هاشم وبنو المطلب وسهم لليتامى وسهم للمساكين وسهم لأبناء السبيل.

Barang siapa membunuh lawan dalam perang maka salab (benda yang dipakai lawan) diberikan kepadanya. Sesudah itu harta jarahannya dibagi menjadi 5:

1. 4/5 nya diberikan kepada orang yang hadir dalam perang. Bagi yang bawa kuda mendapat 3 bagian dan yang berjalan mendapat 1 bagian. Dan tidak diberikan bagian kecuali sempurna memiliki 5 syarat: a. Islam b. Baligh c. Berakal d. Merdeka
e. Laki laki.

Barang siapa kehilang satu dari sarat tersebut Maka harus rela dan tidak diberikan sesuatu, dan dia diberi 1/5 dari 1/5 bagian.1 bagian dari 1/5 untuk rosululloh. 1 bagian dari 1/5 untuk kerabat bani hasyim, bani muttholib. 1 bagian dari 1/5 untuk miskin. Dan 1 bagian dari dari 1/5 untuk ibnu sabil.


PEMBAGIAN HARTA FAI

(فصل) ويقسم مال الفيء على خمس فرق يصرف خمسة على من يصرف عليهم خمس الغنيمة ويعطى أربعة أخماسها للمقاتلة وفي مصالح المسلمين.

Dibagi harta faik (rampasan tanpa perlawanan) menjadi 5 bagian: 1. Satu bagian dari 5 untuk orang yang berhak 1/5 gonimah. 2. 4/5 untuk berperang dan kemaslahatan muslim


JIZYAH (PAJAK NONMUSLIM)

(فصل) وشرائط وجوب الجزية خمس خصال البلوغ والعقل والحرية والذكورية وأن يكون من أهل الكتاب أو ممن له شبهة كتاب وأقل الجزية دينار في كل حول ويؤخذ من المتوسط ديناران ومن الموسر أربعة دنانير ويجوز أن يشترط عليهم الضيافة فضلا عن مقدار الجزية ويتضمن عقد الجزية أربعة أشياء أن يؤدوا الجزية وأن تجري عليهم أحكام الإسلام وأن لا يذكروا دين الإسلام إلا بخير وأن لا يفعلوا ما فيه ضرر على المسلمين ويعرفون بلبس الغيار وشد الزنار ويمنعون من ركوب الخيل.

Syarat wajib upeti ada lima: baligh, berakal, merdeka, laki laki, dari ahli kitab atau serupa kitab. Upeti paling sedikit adalah satu dinar setiap tahun. Di ambil dari orang sedang dua dinar. Dari yang kaya empat dinar. Dan diperbolehkan mensaratkan sederhana dari perkiraan upeti. Kontrak upeti tersebut berlaku 4 hal:

1. Mereka membayar upeti dari ringan tangan; 2. Berlaku dilingkungan mereka hokum islam; 3. Mereka tidak boleh menyebut islam kecuali dengan sebutan yang baik; 4. Mereka tidak melakukan sesuatu yang membahayakan muslimdalm islam

Mereka diberi tahu dimana harus menjahit pakaian dengan jahitan yang kasar dan mereka dilarang mengendarai kuda.


BURUAN DAN SEMBELIHAN


كتاب الصيد والذبائح

وما قدر على ذكاته فذكاته في حلقه ولبته وما لم يقدر على ذكاته فذكاته عقره حيث قدر عليه وكمال الذكاة أربعة أشياء قطع الحلقوم والمريء والودجين والمجزئ منها شيئان قطع الحلقوم والمريء ويجوز الاصطياد بكل جارحة معلمة من السباع ومن جوارح الطير وشرائط تعليمها أربعة أن تكون إذا أرسلت استرسلت وإذا زجرت انزجرت وإذا قتلت شيئا لم تأكل منه شيئا وأن يتكرر ذلك منها فإن عدمت إحدى الشرائط لم يحل ما أخذته إلا أن يدرك حيا فيذكى وتجوز الذكاة بكل ما يجرح إلا بالسن والظفر وتحل ذكاة كل مسلم وكتابي ولا تحل ذبيحة مجوسي ولا وثني وذكاة الجنين بذكاة أمه إلا أن يوجد حيا فيذكى وما قطع من حي فهو ميت إلا الشعر.
Hewan yang mampu disembelih maka tempat sembelihannya adalah leher, dan bila tidak mampu menyembelih dileher maka tempat sembelihannya adalah leher dengan cara semampunya

Dan sembelihan yang sempurna ada empat hal memotong tenggorokan, kerongkongan, kedua urat leher dan cukup dua. Memotong aliran udara dan aliran darah. Diperbolehkan berburu dengan semua hewan yang bisa melukai dari binatang buas yang terdidik. Dan dari burung yang terdidik. Sarat terdidiknya hewan ada empat: 1. Ketiaka disuruh maka dia pergi; 2. Ketika dilarang dia berhenti; 3. Ketika dia berburu dia tidak memakannya sedikitpun; 4. Hal ini terulang ulang

Ketika salah satu syarat empat tersebut tidak ada maka hewan tangkapannya tidak halal kecuali buruan tersebut ditemuinya dalam keadaan hidup dan disembelihnya.

Diperbolehkan menyembelih dengan sesuatu yang bias melukai kecuali gigi, tulang. Dan halal sembelihannya muslim dan juga halal sembelihannya kitabi.dan tidak halal sembelihannya majusi dan penyembah berhala. Dan cara menyebelih janin yang ada di kandungan adalah dengan menyebelih induknya kecuali bila didapatinya masih hidup maka harus disembelih. Anggota yang terpotong dari hewan yang masih hidup adalah seperti bangkai kecuali rambut yang bias dimanfaatkan untuk tikar dan pakaian.
LihatTutupKomentar