Wakalah Syariah

Perwakilan (wakalah) dalam segala bentuk transaksi bisnis dibolehkan dalam Syariah termasuk dalam soal hutang piutang (duyun), syuf'ah, pinjam meminjam dan akad siraman (musaqot) dan lain-lain.
Wakalah Syariah
Perwakilan (wakalah) dalam segala bentuk transaksi bisnis dibolehkan dalam Syariah termasuk dalam soal hutang piutang (duyun), syuf'ah, pinjam meminjam dan akad siraman (musaqot) dan lain-lain. Dengan syarat semua itu dilakukan tanpa melanggar rambu-rambu dan aturan prinsip dalam Islam seperti riba, tipuan, judi, dsb.

DAFTAR ISI
  1. Wakalah (Perwakilan) Dalam Jual Beli
  2. Ikrar
  3. Pinjam Meminjam
  4. Ghasab
  5. Syuf'ah
  6. Hutang
  7. Siraman
  8. Kembali ke Terjemah Kitab Matan Taqrib

PERWAKILAN (WAKALAH) DALAM JUAL BELI


(فصل) وكل ما جاز للإنسان التصرف فيه بنفسه جاز له أن يوكل أو يتوكل فيه والوكالة عقد جائز ولكل منهما فسخها متى شاء وتنفسخ بموت أحدهما والوكيل أمين فيما يقبضه وفيما يصرفه ولا يضمن إلا بالتفريط ولا يجوز أن يبيع ويشتري إلا بثلاثة شرائط أن يبيع بثمن المثل وأن يكون نقدا بنقد البلد ولا يجوز أن يبيع من نفسه ولا يقر على موكله إلا بإذنه.
Setiap sesuatu yang diperbolehkan mengoperasikannya maka diperbolehkan mewakilkan atau menerima wakil. Berwakil adalah akad yang diperbolehkan. Masing Masing punya hak untuk membatalkan akad kapan saja. Akad wakil dinyatakan batal sebab metinya salah seorang dri mereka. Wakil harus bisa dipercaya dalam sesuatu yang diterima dan yang akan ditasarufkannya. Wakil tidak mengganti kecuali dalam kecerobohan. Wakil tidak boleh menjual atau membeli kecuali tiga syarat:

1. Menjual dengan harga umum
2. Mengoperasikan harta dengan uang daerah tersebut
3. Tidak diperbolekan menjual sendiri dan tidak harus ditetapkan oleh yang mewakilkan.


IKRAR (PENGAKUAN)


(فصل) والمقر به ضربان: حق الله تعالى وحق الآدمي. فحق الله تعالى يصح الرجوع فيه عن الإقرار به، وحق الآدمي لا يصح الرجوع فيه عن الإقرار به. وتفتقر صحة الإقرار إلى ثلاثة شرائط: البلوغ والعقل والاختيار. وإن كان بمال اعتبر فيه شرط رابع وهو الرشد. وإذا أقر بمجهول رجع إليه في بيانه ويصح الاستثناء في الإقرار إذا وصله به وهو في حال الصحة والمرض سواء.
Pengakuan itu ada dua macam: hak Alloh dan hak adam. Hah Alloh disahkan mencabut pengakuan. Dan hak adam tidak sah mencbut kembali pengakuan. Pengakuan membutuhkan tiga sarat:

1. Baligh
2. Berakal
3. Pilihan

Bila pengakuan berhubungan dengan harta maka ada sarat yang keempat yaitu pandai.

Dan ketika mengakui sesuatu yang tidak jelas maka dia harus mencabut kembali dengan keterangan. Disahkan mengistisna I dalam pengakuan ketika disambungkan yaitu dalam sehat dan sakit sama.


PINJAM MEMINJAM (IARAT)


(فصل) وكل ما يمكن الانتفاع به مع بقاء عينه جازت إعارته إذا كانت منافعه آثارا وتجوز العارية مطلقة ومقيدة بمدة وهي مضمونة على المستعير بقيمتها يوم تلفها.


BAB GHASAB


(فصل) ومن غصب مالا لأحد لزمه رده وأرش نقصه وأجرة مثله فإن تلف ضمنه بمثله إن كان له مثل أو بقيمته إن لم يكن له مثل أكثر ما كانت من يوم الغصب إلى يوم التلف.
Semua sesuatu yang bisa diambil manfaatnya serta utuh bendanya maka diperbolehkan meminjamkan ketikan hasilnya bisa terlihat nyata. Diperbolehkan meminjam baik mutlak atau dikayyiti. Dengan wktu. Pinjaman akan diganti oleh orang yang meminjam dengan harganya pada haru rusaknya pinjaman.


BAB SYUF'AH (TAMBAH MODAL)


(فصل) والشفعة واجبة بالخلطة دون الجوار فيما ينقسم دون ما لا ينقسم وفي كل ما لا ينقل من الأرض كالعقار وغيره بالثمن الذي وقع عليه البيع وهي على الفور فإن أخرها مع القدرة عليها بطلت وإذا تزوج شخص امرأة على سقص أخذه الشفيع بمهر المثل وإن كان الشفعاء جماعة استحقوها على قدر الأملاك.
Menambah modal itu adalah wajib dalam harta yang dikerjasamakan dibawahnya dalam sesuatu yang bisa dibagi dan dalam hal yang tidak bisa dibgi dari pekarangan atau yang lain maka dengan harga yang berlaku dalam jual beli secara kontan. Bila mengakhirkannya disertai ada kemampuan atasnya maka batal. Ketika seseorang menikahi perempuan atas bagian dia maka dia harus menambahkan modal untuk umumnya maskawin. Ketika modal diberikan jamaah maka mereka semua memiliki hak kepemilikan.


BAB HUTANG


(فصل) وللقراض أربعة شرائط أن يكون على ناض من الدراهم والدنانير وأن يأذن رب المال للعامل في التصرف مطلقا أو فيما لا ينقطع وجوده غالبا وأن يشترط له جزءا معلوما من الربح وأن لا يقدر بمدة ولا ضمان على العامل إلا بعدوان وإذا حصل ربح وخسران جبر الخسران بالربح.
Bagi hasil ada empat sarat:

1. Hendaklah dalam biadang uang baik dirham atau dinar
2. Pemilik harta hendaklah mengijinkan kepada karyawan mutlak dam mentasarufkan atau dalam sesuatu yang tidak habis wujudnya.
3. Pemilik harta hendakalah mensaratkan jus yang sudah diketahui dari untung
4. Tidak menentukan waktu.

Dan pekerja tidak mengganti kecuali permusuhan

Ketika berhasi untung atau rugi maka di tambeli dari keuntungn


BAB SIRAMAN (MUSAQAT)


(فصل) والمساقاة جائزة على النخل والكرم ولها شرطان أحدهما أن يقدرها بمدة والثاني أن يعين للعامل جزءا معلوما من الثمرة ثم العمل فيها على ضربين يعود نفعه إلى الثمرة فهو على العامل وعمل يعود نفعه إلى الأرض فهو على رب المال.
Akat siraman itu boleh dalam kurma dan anggur. Akat siraman mempunyai dua sarat:

1. Ditetukan perkiraan masanya
2. Yang benyirami menentukan juz yang ditentukan dari buah

Kemudian akat siraman itu ada dua macam:

1. Pekerjaan yang manfaatnya kembali kepada buah. Ditanggung oleh karyawan
2. Pekerjaan yang akan kembali kepada tanah. Dibebankan kepada yang punya tanah
LihatTutupKomentar