Dalil bahwa Ali Al Uraidi Mempunyai Anak Muhammad an-Naqib

Dalil bahwa Ali Al Uraidi Mempunyai Anak Muhammad an-Naqib kita kesulitan mencarinya dari kitab hadits, maka kita berpindah kepada kitab nasab. Kitab
Dalil bahwa Ali Al Uraidi Mempunyai Anak Muhammad an-Naqib

Judul buku: Menakar kesahihan Nasab Habib Di Indonesia Penulis: KH Imaduddin Utsman Al Bantani, pengasuh pesantren Nahdlatul Ulum, Banten
Cetakan pertama: Oktober 2022
Penerbit:  Maktabah Nahdlatul Ulum
Bidang studi: sejarah Islam

Daftar isi

  1. Dalil bahwa Ali Al Uraidi Mempunyai Anak Muhammad an-Naqib
  2. Kembali ke buku: Menakar kesahihan Nasab Habib di Indonesia

DALIL BAHWA ALI AL-URAIDI MEMPUNYAI ANAK BERNAMA MUHAMMAD AN-NAQIB

Untuk mencari dalil tentang anak Ali al-Uraidi kita kesulitan mencarinya dari kitab hadits, maka kita berpindah kepada kitab nasab. Kitab nasab yang dipakai haruslah kitab nasab primer, yaitu kitab nasab yang ditulis saat tokoh yang dibahas itu hidup. Jika tidak ditemukan kitab primer maka kita menggunakan kitab sekunder (yang ditulis setelah masa tokoh itu wafat) yang tertua yang paling dekat masanya dengan hidupnya tokoh tersebut.

Menurut kitab Syadzaratudzahab karya Ibnul Imad, Ali al-Uraidi wafat tahun 210 Hijrah pada awal abad ketiga Hijrah. Apakah ada kitab nasab yang ditulis pada masa itu? Penulis belum menemukan kitab nasab yang ditulis abad ketiga hijriah, yang penulis temukan kitab nasab yang ditulis oleh ulama yang hidup pada abad ke lima hijriah yaitu kitab Tahdzibul Ansab karya Al Ubaidili, dan kitab al-Syajarah al-Mubarokah yang ditulis Imam al-Fakhrurazi ulama abad ke enam.

 لبي ا ؼٌج ١ذ ٌٟ فٟ رٙز ٠ت الَ غٔبة: ٚا ؼٌمت ػ ٍٟ ا ؼٌش ٠ؼٟ ث عؼفش اظٌبدق طٍٛاد الله ػ ١ٍٙ اسثؼخ

فٔش: ٚ محمد ث ػ ٍٟ ٚا حٌغ ث ػ ٍٟ ٚعؼفش ث ػ ٍٟ ٚاح ذّ ث ػ ٍٟ )رٙزثٟ الَ غٔبة: 7٘ٔ (


“Al Ubaidili berkata dalam kitab Tahdzibul Ansab: anak yang berketurunan dari Ali al-Uraidi bin Ja’far al-shadiq r.a. ada empat mereka adalah: Muhammad bin Ali, al Hasan bin Ali, Ja’far bin Ali, dan Ahmad bin Ali”. (Tahdzibul Ansab: 175)

 لبي ا فٌخش ا شٌاصٞ فٟ ا شٌغشح ا جٌّبسوخ: أ بِ ػ ٍٟ ا ؼٌش ٠ؼٟ اث عؼفش اظٌبدق ). فأٚلَد صلاس فشق: ا فٌشلخ
الأٚ ٌٝ: ا زٌ ٠ ارفك إ بٌط ػ ٍٝ أ ٙٔ أػمجٛا ٚ إث ب :ْ محمد الأوجش ٚأح ذّ ا شٌؼشا ٟٔ. )ا شٌغشح ا جٌّبسوخ:ٓٔٔ (

“Imam al-Fakhrurazi berkata dalam kitabnya “ al-Syajarah al-Mubarokah”: Adapun Ali al-uraidi bin Jafar al-Shadiq maka mengenai anak-anaknya terdapat tiga pendapat: pendapat pertama yang seluruh orang sepakat bahwa mereka berketurunan, dan mereka itu ada dua anak saja yaitu: Muhammad al-Akbar (al-Naqib) dan Ahmad al-Sya’rani.” (Imam Al Fkhrurazi, Syajarah Al-Mubarokah , h. 110)

 Dari keterangan dua kitab di atas terkonfirmasi bahwa benar Ali al-Uraidi mempunyai anak bernama Muhammad.[islamiy.com]

 

LihatTutupKomentar