Bab Thaharah Bersuci

KITAB THAHARAH Air dan Bejana Allah ta’ala berfrman: Dan Kami turunkan dari langit air yang suci. (QS. Al Furqan: 48). Disyaratkan untuk menghilangkan
Bab Thaharah Bersuci

KITAB THAHARAH

Air dan Bejana

Allah ta’ala berfrman: Dan Kami turunkan dari langit air yang suci. (QS. Al Furqan: 48). Disyaratkan untuk menghilangkan hadats dan najis: Air mutlak, yaitu: yang bisa dinamakan air tanpa batasan.

Nama kitab: Terjemah Kitab Minhajut Thalibin)
Judul kitab asal: Minhaj Ath-Thalibin, Minhaj Al-Talibin wa Umdah al-Muftin ( كتاب منهاج الطالبين وعمدة المفتين في الفقه)
Pengarang: Abu Syaraf An-Nawawi
Nama yang dikenal di Arab: Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf bin Murri AN NAWAWI
Kelahiran: w. 676 H), Penerjemah:
Bidang studi: Fiqih  

Daftar isi

  1. Air dan Bejana
  2. Penyebab Hadas (Kecil)
  3. Adab Buang Air
  4. Wudu
  5. Mengusap Khauf
  6. Mandi
  7. Najis
  8. Tayamum
  9. Syarat dan Tata Cara Tayamum
  10. Haid dan Istihadhah
  11. Darah Wanita
  12. Kembali ke: Terjemah kitab Minhajut Thalibin
Air dan Bejana

كتاب الطهارة

قال الله تعالى: {وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُوراً} 1 يشترط لرفع الحدث والنجس ماء مطلق وهو ما يقع عليه اسم ماء بلا قيد فالمتغير بمستغنى عنه كزعفران تغيرا يمنع إطلاق اسم الماء غير طهور ولا يضر تغير لا يمنع الاسم ولا متغير بمكث وطين وطحلب وما في مقره وممره وكذا متغير بمجاور كعود ودهن أو بتراب طرح فيه في الأظهر ويكره المشمس والمستعمل في فرض الطهارة قيل: ونفلها غير طهور في الجديد فإن جمع قلتين فطهور في الأصح ولا تنجس قلتا الماء بملاقاة نجس فإن غيره فنجس فإن زال تغيره بنفسه أو بماء طهر أو بمسك وزعفران فلا وكذا تراب وخف في الأظهر ودونهما ينجس بالملاقاة فإن بلغهما بماء ولا تغير به فطهور فلو كوثر بإيراد طهور فلم يبلغهما لم يطهر وقيل: طاهر لا طهور ويستثنى ميتة لا دم لها سائل فلا تنجس مائعا على المشهور وكذا في قول نجس لا يدركه طرف.1 سورة الفرقان، آية:48.

قلت: ذا القول أظهر والله أعلم والجاري كراكد وفي القديم لا ينجس بلا تغير والقلتان خمسمائة رطل بغدادي تقريبا في الأصح والتغير المؤثر بطاهر أو نجس طعم أو لون أو ريح ولو اشتبه ماء طاهر بنجس اجتهد وتطهر بما ظن طهارته وقيل: إن قدر على طاهر بيقين فلا والأعمى كبصير في الأظهر أو ماء وبول لم يجتهد على الصحيح بل يخلطان ثم يتيمم أو ماء ورد توضأ بكل مرة وقيل: له الاجتهاد وإذا استعمل ما ظنه أراق الآخر فإن تركه وتغير ظنه لم يعمل بالثاني على النص بل يتيمم بلا إعادة في الأصح ولو أخبره بتنجسه مقبول الرواية وبين السبب أو كان فقيها موافقا اعتمده ويحل استعمال كل إناء طاهر إلا ذهبا وفضة فيحرم وكذا اتخاذه في الأصح ويحل المموه في الأصح والنفيس كياقوت في الأظهر وما ضبب بذهب أو فضة ضبة كبيرة لزينة حرم أو صغيرة بقدر الحاجة فلا أو صغيرة لزينة أو كبيرة لحاجة جاز في الأصح وضبة موضع الاستعمال كغيره في الأصح.

قلت: المذهب تحريم ضبة الذهب مطلقا والله أعلم.

Air dan Bejana
 

Allah ta’ala berfrman: Dan Kami turunkan dari langit air yang suci. (QS. Al Furqan: 48). Disyaratkan untuk menghilangkan hadats dan najis: Air mutlak, yaitu: yang bisa dinamakan air tanpa batasan. Maka air yang berubah karena tercampur sesuatu yang tdak dibutuhkan, sepert kunyit, hingga perubahan itu menjadikannya tdak bisa dinamakan air secara mutlak, maka dia tdak mensucikan. Tidak mengapa perubahan yang tdak menghilangkan nama air mutlak, demikian juga perubahan karena air diam, karena lumpur, lumut, sesuatu dari wadahnya atau tempat mengalirnya, demikian juga yang berubah karena sesuatu yang tdak tercampur dengan air, sepert kayu dan minyak, atau tanah yang dijatuhkan padanya menurut pendapat yang adhhar. 

Dimakruhkan air musyammas (yang dipanaskan oleh matahari)3.
Air musta’mal (bekas dipakai) untuk fardhunya bersuci4, dikatakan: dan sunnahnya5, tdak mensucikan menurut qaul jadid. Jika air musta’mal terkumpul sebanyak dua qullah, maka jadi mensucikan menurut pendapat yang ashah.

Air dua qullah tdak menjadi najis karena terkena najis. Jika najis itu menjadikan air berubah, maka air itu najis. Jika perubahan itu hilang dengan sendirinya atau dengan ditambahkan air, maka air itu jadi suci; jika dengan ditambahkan kunyit atau misk (kasturi) maka air itu tdak menjadi suci; tdak jadi suci juga jika ditambahkan tanah atau batu kapur menurut pendapat yang adhhar. Air yang kurang dari dua qullah jadi najis apabila terkena najis. Jika ditambahkan air sampai menjadi dua qullah, dan air itu tdak berubah, maka air itu jadi suci. Jika air najis ditambahi air dengan maksud untuk mensucikannya, akan tetapi tdak mencapai dua qullah, maka air itu tdak menjadi suci; dan dikatakan: suci tapi tdak mensucikan.


Dikecualikan: bangkai hewan yang tdak punya darah yang mengalir7, maka tdak menajiskan benda cair menurut pendapat yang masyhur. Demikian juga dalam sebuah qaul/pendapat: najis yang tdak tampak mata.
 

Pendapatku: qaul/pendapat itulah yang adhhar, wallahu a’lam.
Air yang mengalir hukumnya sepert air diam, dalam qaul qadim: tdak najis jika tdak berubah. Dua qullah adalah: kurang lebih lima ratus rithl Baghdad, menurut pendapat yang ashah. 

Yang dimaksud dengan perubahan yang berpengaruh, disebabkan benda suci ataupun najis: berubah rasa atau bau atau warnanya.
Jika samar-samar (tdak jelas):
• Antara air suci dengan air najis, dia berijthad dan bersuci menggunakan air yang dia sangka suci (dengan ijthad), dan dikatakan: jika dia mampu mendapatkan air suci yang yakin, maka tdak boleh berijthad. Orang buta hukumnya sepert orang yang bisa melihat.
• Antara air dan kencing, tdak usah berijthad menurut pendapat yang shahih, bahkan keduanya telah bercampur kemudian hendaknya bertayamum.
• Antara air dengan air mawar, maka dia berwudhu dengan masing-masing air sekali wudhu. Dan dikatakan: dia boleh berijthad.
Jika dia telah mengamalkan ijthadnya, maka (sunnah) dia tumpahkan air yang lain. Jika dia tdak menumpahkannya, kemudian ijthadnya berubah, maka dia tdak mengamalkan ijthad yang kedua menurut
nash. Akan tetapi dia bertayamum tanpa harus mengulangi sholat menurut pendapat yang ashah. 

Seandainya orang yang diterima riwayatnya13 mengabarkan kepadanya bahwa air itu najis, dan menjelaskan sebabnya, atau jika orang itu adalah faqih yang sepaham, maka dia berpegang pada kabar itu.

Halal menggunakan seluruh bejana (wadah air) yang suci, kecuali emas dan perak keduanya haram, demikian juga haram memilikinya menurut pendapat yang ashah. 

 Halal bejana sepuhan menurut pendapat yang ashah, juga bejana dari bahan mulia sepert yaqut menurut pendapat yang adhhar.
Bejana yang disambung/disatukan dengan emas atau perak dalam jumlah besar untuk perhiasan, maka dia haram dipakai; atau potongan kecil sekedar kebutuhan, maka tdak haram. Atau potongan kecil untuk perhiasan atau potongan besar karena kebutuhan, maka boleh menurut pendapat yang ashah.
 

Sambungan pada wadah lain18 hukumnya sepert apa yang sudah disebutkan tadi, menurut pendapat yang ashah. 

Pendapatku: pendapat madzhab: haram sambungan dari emas secara mutlak, wallahu a’lam.

Penyebab Hadas (Kecil)

باب أسباب الحدث

هي أربعة: أحدها: خروج شيء من قبله أو دبره إلا المنى ولو انسد مخرجه وانفتح تحت معدته فخرج المعتاد نقض وكذا نادر كدود في الأظهر أو فوقها وهو منسد أو تحتها وهو منفتح فلا في الأظهر الثاني: زوال العقل إلا نوم ممكن مقعده الثالث: التقاء بشرتي الرجل والمرأة إلا محرما في الأظهر والملموس كلامس في الأظهر ولا تنقض صغيرة وشعر وسن وظفر في الأصح الرابع: مس قبل الآدمي ببطن الكف وكذا في الجديد حلقة دبره
إلا فرج بهيمة وينقض فرج الميت والصغير ومحل الجب والذكر الأشل وباليد الشلاء في الأصح ولا ينقض رأس الأصابع وما بينها ويحرم بالحدث الصلاة والطواف وحمل المصحف ومس ورقه وكذا جلده على الصحيح وخريطة وصندوق فيهما مصحف وما كتب لدرس قرآن كلوح في الأصح والأصح حل حمله في أمتعة وتفسير ودنانير لا قلب ورقه بعود وأن الصبي المحدث لا يمنع.
قلت: الأصح حل قلب ورقه بعود وبه قطع العراقيون والله أعلم ومن تيقن طهرا أو حدثا وشك في ضده عمل بيقينه فلو تيقنهما وجهل السابق فضد ما قبلهما في الأصح.

Penyebab Hadats (Kecil)
Penyebab hadats (kecil) ada empat:
1. Keluarnya sesuatu dari qubul(kemaluan) atau dubur, kecuali mani.
Seandainya tertutup tempat keluar yang biasa (qubul dan dubur) dan ada (bagian) yang terbuka di bawah pusar kemudian keluar kotoran yang biasa darinya, maka batal (kesuciannya); demikian juga
kotoran yang tdak biasa, sepert cacing, menurut pendapat yang adhhar. Atau jika ada (bagian) yang terbuka di pusar dan di atasnya, sedangkan qubul dan dubur tertutup, atau (qubul dan dubur) ada di
bawah pusar dalam keadaan terbuka, maka tdak batal20 menurut pendapat yang adhhar.
2. ilangnya akal, kecuali tdur duduk yang tetap tempat duduknya.
3. Persentuhan kulit laki-laki dan perempuan, kecuali mahram menurut pendapat yang adhhar. Orang yang disentuh hukumnya sama dengan yang menyentuh menurut pendapat yang adhhar.
Tidak membatalkan: anak kecil, rambut, gigi, kuku, menurut pendapat yang ashah.
4. Menyentuh qubul manusia dengan telapak tangan bagian dalam.
Demikian pula, dalam qaul jadid: (menyentuh) lingkaran dubur; tdak batal (menyentuh) kemaluan binatang. Batal juga karena menyentuh kemaluan mayit dan anak kecil, tempat pengebirian, kemaluan yang
impoten, dan menyentuh dengan tangan mayit menurut pendapat yang ashah. Tidak membatalkan ujung jari-jari dan yang di antara jari-jari. Haram bagi orang yang berhadats: sholat, thowaf, membawa mushaf, menyentuh lembaran mushaf, demikian pula sampul mushaf menurut pendapat yang shahih; kantong dan kotak yang isinya mushaf, dan apa-apa yang ditulis untuk pembelajaran Al Qur’an sepert papan menurut pendapat yang ashah. Menurut pendapat yang ashah, halal membawa Al Qur’an dalam berbagai perkakas, tafsir21, uang; tdak halal memindahkan lembaran mushaf menggunakan sebatang kayu; anak kecil yang berhadats tdak dilarang.
 

Pendapatku: halal memindahkan lembaran mushaf menggunakan sebatang kayu, pendapat ini dinyatakan oleh ulama’ iraqiyyun, wallahu a’lam.

Barang siapa yang telah yakin bahwa dirinya suci, atau bahwa dirinya berhadats, kemudian merasa ragu tentang keadaan sebaliknya, maka dia mengamalkan apa yang diyakininya. Seandainya dia yakin suci atau yakin berhadats, tetapi lupa keadaan sebelumnya, maka dia memilih keadaan sebaliknya22 menurut
pendapat yang ashah.

Adab Buang Air


فصل

يقدم داخل الخلاء يساره والخارج يمينه ولا يحمل ذكر الله تعالى ويعتمد جالسا يساره ولا يستقبل القبلة ولا يستدبرها ويحرمان  بالصحراء ويبعد ويستتر ولا يبول في ماء راكد وجحر ومهب ريح ومتحدث وطريق وتحت مثمرة ولا يتكلم ولا يستنجي بماء في مجلسه ويستبرىء من البول ويقول عند دخوله بسم الله اللهم إني أعوذ بك من الخبث والخبائث وعند خروجه غفرانك الحمد لله الذي أذهب عني الأذى وعافاني ويجب الاستنجاء بماء أو حجر وجمعهما أفضل وفي معنى الحجر كل جامد طاهر قالع غير محترم وجلد دبغ دون غيره في الأظهر وشرط الحجر أن لا يجف النجس ولا ينتقل ولا يطرأ أجنبي ولو ندر أو انتشر فوق العادة ولم يجاوز صفحته وحشفته جاز الحجر في الأظهر ويجب  ثلاث مسحات ولو بأطراف حجر فإن لم ينق وجب الإنقاء وسن الإيثار وكل حجر لكل محله وقيل: يوزعن لجانبيه والوسط ويسن الاستنجاء بيساره ولا استنجاء لدود وبعر بلا لوث في الأظهر.

Adab Buang Air
Masuk WC (sunnah) mendahulukan kaki kiri, keluar mendahulukan kaki kanan. Tidak membawa tulisan dzikir kepada Allah ta’ala, bersandar23 dalam duduknya pada kaki kiri24, tdak menghadap kiblat dan tdak membelakangi kiblat25, keduanya (menghadap /membelakangi kiblat) haram ketka di padang pasir, menjauh, menutupi diri, tdak kencing di air yang diam atau di lubang atau di tempat berhembusnya angin atau di tempat bercakap-cakap atau di jalan atau di bawah pohon yang berbuah, tdak berbicara, tdak
beristnja’ dengan air di tempat duduknya26, dan membersihkan dari air kencing27. Ketka masuk WC mengucapkan: Bismillah, Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khobaits. Ketka
keluar membaca: Ghufranaka, alhamdu lillahilladzi adzhaba ‘annil adza wa ‘afani. Wajib istnja’28 menggunakan air atau batu, menggabungkan air dan batu itu lebih utama, masuk ke dalam
makna batu: setap benda padat yang suci, bisa melepaskan najis29, bukan barang terhormat30, dan kulit yang disamak, tdak (termasuk makna batu) jika tdak disamak menurut pendapat yang adhhar.
Syarat (menggunakan) batu: najisnya tdak kering, tdak berpindah31, dan tdak dilemparkan oleh orang lain kepadanya.
 

Seandainya (kotoran yang keluar) bergeser atau tersebar di luar kebiasaan tetapi tdak melebihi sisi-sisinya dubur32 atau ujung zakar, maka boleh menggunakan batu menurut pendapat yang adhhar.
Wajib istnja’ sebanyak tga kali usapan, walaupun menggunakan sisi-sisi batu; jika belum bersih, wajib membersihkannya, disunnahkan jumlahnya ganjil, setap batu untuk semua tempatnya34, dan dikatakan: dibagi untuk dua sisi dan bagian tengahnya.
 

Disunnahkan beristnja’ menggunakan tangan kiri. Tidak wajib istnja jika keluar cacing dan kotoran yang ringan35 menurut pendapat yang adhhar.

Wudhu


باب الوضوء

فروضه ستة أحدها: نية رفع حدث أو استباحة مفتقر إلى طهر أو أداء فرض الوضوء ومن دام حدثه كمستحاضة كفاه نية الاستباحة دون الرفع على الصحيح فيهما ومن نوى تبردا مع نية معتبرة جاز على الصحيح أو ما يندب له وضوء كقراءة فلا في الأصح ويجب قرنها بأول الوجه وقيل: يكفي بسنة قبله وله تفريقها على أعضائه في الأصح.
الثاني: غسل وجهه وهو ما بين منابت رأسه غالبا ومنتهى لحييه وما بين أذنيه فمنه موضع الغمم وكذا التحذيف في الأصح لا النزعتان وهما بياضان يكتنفان الناصية.


قلت: صحح الجمهور أن موضع التحذيف من الرأس والله أعلم ويجب غسل كل هدب وحاجب وعذار وشارب وخد وعنفقة شعرا وبشرا وقيل: لا يجب باطن عنفقة كثيفة واللحية إن خفت كهدب وإلا فليغسل ظاهرها وفي قول لا يجب غسل خارج عن الوجه.
الثالث: غسل يديه مع مرفقيه فإن قطع بعضه وجب غسل ما بقي أو من مرفقيه فرأس عظم العضد على المشهور أو فوقه ندب باقي عضد.
الرابع: مسمى مسح لبشرة رأسه أو شعر في حده والأصل جواز غسله ووضع اليد بلا مد.

الخامس: غسل رجليه مع كعبيه.
السادس: ترتيبه هكذا فلو اغتسل محدث فالأصح أنه إن أمكن تقدير ترتيب بأن غطس ومكث صح وإلا فلا.
قلت: الأصح الصحة بلا مكث والله أعلم وسننه السواك عرضا بكل خشن لا أصبعه في الأصح ويسن للصلاة وتغير الفم ولا يكره إلا للصائم بعد الزوال والتسمية أوله فإن ترك ففي أثنائه وغسل كفيه فإن لم يتيقن طهرهما كره غمسهما في الإناء قبل غسلهما والمضمضة والاستنشاق والأظهر أن فصلهما أفضل ثم الأصح يتمضمض بغرفة ثلاثا ثم يستنشق بأخرى ثلاثا ويبالغ فيهما غير الصائم.
قلت: الأظهر تفضيل الجمع بثلاث غرف يتمضمض من كل ثم يستنشق والله أعلم وتثليث الغسل والمسح ويأخذ الشاك باليقين ومسح كل رأسه ثم أذنيه فإن عسر رفع العمامة كمل بالمسح عليها وتخليل اللحية الكثة وأصابعه وتقديم اليمنى وإطالة غرته وتحجيله والموالاة وأوجبها القديم وترك الاستعانة والنفض وكذا التنشيف في الأصح ويقول بعده: أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمد عبده ورسوله اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من المتطهرين سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك وحذفت دعاء الأعضاء إذ لا أصل له.

Wudhu
 

Fardhu wudhu ada enam:
1. Niat menghilangkan hadats (kecil), atau niat agar boleh melakukan sesuatu yang butuh kesucian dari hadats, atau niat menunaikan fardhu wudhu. Barang siapa berhadats terus menerus, sepert wanita yang isthadhah, cukup niat boleh melakukan sesuatu tanpa niat menghilangkan hadats menurut pendapat yang shahih. Barang siapa berniat mendinginkan diri disertai niat yang telah disebut tadi, boleh menurut pendapat yang shahih. Jika dia niat untuk suatu perbuatan yang disunnahkan untuk berwudhu sebelumnya sepert untuk membaca Al Qur’an, maka tdak cukup menurut pendapat yang ashah36. Wajib membarengkan niat bersamaan dengan awal membasuh wajah, dikatakan: cukup membarengkan dengan perbuatan sunnah sebelumnya. Boleh memisahkan niat pada tap-tap bagian perbuatan wudhu menurut pendapat yang ashah37.
 

2. Membasuh wajah.
Yaitu di antara tempat tumbuhnya rambut kepala dengan ujung tulang dagu, dan di antara kedua telinga. Termasuk wajah adalah dahi. Termasuk wajah pula adalah tempat at tahdzif (rambut yang turun di bagian antara tepi telinga dan sudut mata), menurut pendapat yang ashah. Tidak termasuk wajah dan naza’ah (kedua sisi dahi yang tak berambut) yaitu bagian tak berambut yang mengelilingi ubun-ubun. Pendapatku: jumhur ulama menshahihkan: bahwa tempat at tahdzif itu termasuk kepala (tdak termasuk wajah), wallahu a’lam.
Wajib membasuh semua bulu mata, alis, godek (rambut di tepi pipi yang berhadapan dengan telinga), kumis, jambang, anfaqah (rambut yang tumbuh di bawah bibir), rambutnya dan kulitnya. Dikatakan: tdak wajib bagian dalam anfaqah yang lebat. Jenggot38, apabila tpis, hukumnya sepert bulu mata; jika lebat maka dibasuh luarnya. Dalam sebuah qaul/pendapat: tdak wajib membasuh jenggot yang di luar wajah.


3. Membasuh tangan sampai dengan sikunya. Jika ada bagian tangan yang terpotong, maka wajib membasuh sisanya. Jika terpotong dari siku, maka wajib membasuh ujung tulang lengan atas menurut pendapat yang masyhur. Jika terpotong di atas siku, disunnahkan membasuh tulang lengan yang tersisa.
 

4. Yang dinamai mengusap (sebagian) kulit kepala atau rambut di kepala. Menurut pendapat yang ashah: boleh membasuhnya, dan meletakkan tangan tanpa meratakannya.

5. Membasuh kaki sampai dengan mata kaki.
6. Tertb urutannya.
Seandainya orang yang berhadats mandi39, menurut pendapat yang ashah: jika lama waktunya memungkinkan melakukan tertib / urutan wudhu, misal dengan menyelam kemudian diam, maka sah
wudhunya, jika tdak memungkinkan maka tdak sah.
Pendapatku: menurut pendapat yang ashah: sah wudhunya tanpa harus berdiam, wallahu a’lam.
 

Sunnah-sunnah wudhu:
1. Bersiwak pada gigi dengan sesuatu yang kasar40, kecuali jarinya menurut pendapat yang ashah. Bersiwak
disunnahkan ketka akan sholat dan saat kondisi mulut berubah. Bersiwak tdak makruh, kecuali saat
setelah dhuhur bagi orang yang berpuasa.
2. Membaca basmalah di awal wudhu. Kalau dia meninggalkannya, maka sunnah menyusulkan bacaan
basmalah itu41.
3. Membasuh telapak tangan jika tdak yakin dengan kesuciannya, makruh mencelupkan ke dalam bejana
sebelum dibasuh.
4. Berkumur-kumur dan istnsyaq (memasukkan air ke hidung), menurut pendapat yang adhhar: afdhal
(lebih utama) memisahkan berkumur-kumur dengan istnsyaq; kemudian menurut pendapat yang
ashah: berkumur-kumur dengan satu cidukan untuk tga kali kumur; kemudian istnsyaq dengan satu
cidukan lain untuk tga kali istnsyaq. Sunnah bersungguh-sungguh dalam berkumur dan istnsyaq kecuali
bagi orang yang berpuasa.
Pendapatku: menurut pendapat yang adhhar: afdhal menggabungkan berkumur-kumur dan istnsyaq
menggunakan tga cidukan, pada tap satu ciduk dia berkumur-kumur kemudian istnsyaq, wallahu
a’lam.
5. Membasuh dan mengusap masing-masing sebanyak tga kali.
Orang yang ragu-ragu dengan hitungannya, dia ambil hitungan yang diyakininya.
6. Membasuh seluruh kepala kemudian dua telinganya42.
Jika sulit untuk melepas ‘imamah (kain penutup kepala), dia sempurnakan dengan mengusap di atas
‘imamah.
7. Menyela-nyela jenggot yang lebat dan menyela-nyela jari-jari.
8. Mendahulukan bagian kanan.
9. Memanjangkan puth wajah dan puth kakinya43.
10. Berturut-turut/beriringan (tdak terpisah waktu)44, wajib menurut qaul qadim.
11. Tidak meminta pertolongan (dalam menuangkan air).
12. Tidak mengibaskan (air), demikian juga (tdak) mengelap (menyeka dengan handuk) menurut pendapat
yang ashah.

13. Setelah wudhu mengucapkan: asyhadu an la ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, wa asyhadu anna
muhammadan abduhu wa rasuluhu, allahumma ij’alni minat tawwabina, waj’alni minal mutathohhirina,
subhanaka allahumma wa bihamdika, ashadu an la ilaha illa anta, astaghfruka wa atubu ilaika.
Aku membuang doa-doa pada tap bagian wudhu karena tdak ada asalnya

Mengusap Khauf


باب مسح الخف

يجوز في الوضوء للمقيم يوما وليلة وللمسافر ثلاثة بلياليها من الحدث بعد لبس فإن
مسح حضرا ثم سافر أو عكس لم يستوف مدة سفر وشرطه أن يلبس بعد كمال طهر ساترا محل فرضه طاهرا يمكن تباع المشي فيه لتردد مسافر لحاجاته قيل: وحلالا ولا يجزىء منسوج لا يمنع ماء في الأصح ولا جرموقان في الأظهر ويجوز مشقوق قدم شد في الأصح ويسن مسح أعلاه وأسفله خطوطا ويكفي مسمى مسح يحاذي الفرض إلا أسفل الرجل وعقبها فلا على المذهب.
قلت: حرفه كأسفله والله أعلم ولا مسح لشاك في بقاء المدة فإن أجنب وجب تجديد لبس ومن نزع وهو بطهر المسح غسل قدميه وفي قول يتوضأ.

Mengusap Khuf
Boleh (mengusap kedua khuf/sepatu) dalam wudhu; bagi orang mukim: sehari semalam, bagi musafr: tga
hari tga malam; dari hadats setelah memakainya. Jika dia mengusap khuf saat mukim kemudian
bersafar/bepergian atau sebaliknya, maka dia tdak mengambil batas musafr (tga hari tga malam).
Syaratnya: dipakai setelah bersuci secara sempurna; menutup bagian fardhu wudhu45; khufnya suci;
memungkinkan bagi musafr untuk berjalan dengan khuf itu, untuk ke sana kemari memenuhi
kebutuhannya; dikatakan: khuf itu harus halal.
Tidak cukup bahan tekstl/tenunan yang tdak dapat menahan air menurut pendapat yang ashah; tdak pula
jurmuq (selubung khuf)46 menurut pendapat yang adhhar; boleh sobek di telapak kaki yang diikat (dengan
tali) 47 menurut pendapat yang ashah.
Disunnahkan mengusap bagian atas dan bawah khuf sepert menggaris48, dan cukup dinamakan mengusap
dengan mengusap khuf yang berhadapan dengan bagian fardhu wudhu; kecuali bagian bawah kaki dan
tumit saja, maka tdak cukup49 menurut pendapat madzhab.
Pendapatku: tepinya saja dihukumi sepert bawahnya saja (tdak cukup), wallahu a’lam.
Tidak ada mengusap bagi orang yang ragu apakah masih punya sisa jatah (hari untuk mengusap).
Jika dia junub, maka wajib memperbaharui pemakaian khuf. Barangsiapa melepas khuf dalam keadaan
sudah bersuci dengan mengusap, maka dia membasuh dua kakinya; dalam satu qaul/pendapat: dia
berwudhu.

Mandi Wajib


باب الغسل

موجبه موت وحيض ونفاس وكذا ولادة بلا بلل في الأصح وجنابة بدخول حشفة أو قدرها فرجا وبخروج منى من طريقه المعتاد وغيره ويعرف بتدفقه أو لذة بخروجه أو ريح عجين رطبا أو بياض بيض جافا فإن فقدت الصفات فلا غسل والمرأة كرجل ويحرم بها ما حرم بالحدث والمكث بالمسجد لا عبوره والقرآن وتحل أذكاره لا بقصد قرآن وأقله نية رفع جنابة أو استباحة مفتقر إليه أو أداء فرض الغسل مقرونة بأول فرض وتعميم شعره وبشره ولا تجب مضمضة واستنشاق وأكمله إزالة القذر ثم الوضوء وفي قول يؤخر غسل قدميه،
ثم تعهد معاطفه ثم يفيض الماء على رأسه ويخلله ثم شقه الأيمن ثم الأيسر ويدلك ويثلث وتتبع لحيض أثره مسكا وإلا فنحوه ولا يسن تجديده بخلاف الوضوء ويسن أن لا ينقص ماء الوضوء عن مد والغسل عن صاع ولا حد له ومن به نجس يغسله ثم يغتسل ولا تكفي لهما غسلة وكذا في الوضوء.
قلت: الأصح تكفيه والله أعلم ومن اغتسل لجنابة وجمعة حصلا أو لأحدهما حصل فقط قلت: ولو أحدث ثم أجنب أو عكسه كفى الغسل على المذهب والله أعلم.

Mandi
al-hal yang mewajibkan mandi: mat; haid; nifas; demikian pula melahirkan meskipun tanpa basah
menurut pendapat yang ashah; junub dengan masuknya ujung zakar, atau bagian zakar lain seukuran itu, ke
farji51; keluarnya mani dari jalan yang biasa maupun selainnya (jalan yang tdak biasa)52 mani dapat dikenali dengan sifatnya yang memancar, atau rasa nikmat saat keluarnya, atau bau sepert adonan rot saat
masih basah, berwarna puth telur saat sudah kering; jika tdak ada sifat-sifat itu, maka tdak wajib mandi.
ukum wanita sepert hukum laki-laki.
Diharamkan bagi orang yang junub semua hal yang diharamkan bagi orang yang berhadats53, ditambah:
berdiam di masjid, tdak haram jika hanya lewat; membaca Al Qur’an. alal dzikir-dzikir dari Al Qur’an
selama tdak dimaksudkan membaca Al Qur’an.
Minimal mandi: Niat menghilangkan janabat/hadats besar, atau untuk memperbolehkan hal-hal yang dia
butuhkan, atau menunaikan fardhu mandi bersamaan dengan memulai fardhu mandi; dan meratakan air ke
rambut dan kulit; tdak wajib berkumur-kumur dan istnsyaq (memasukkan air ke hidung).
Lebih sempurnanya: Menghilangkan kotoran; kemudian wudhu, dalam sebuah qaul: mengakhirkan
membasuh kaki; kemudian memperhatkan lipatan-lipatan54; kemudian menuangkan air ke kepala dan
menyela-nyela rambut55; kemudian badan sebelah kanan; kemudian badan sebelah kiri; menggosok badan;
membasuh tga kali tga kali; bagi orang haidh, memberi misk pada bekas darah haidnya, jika tdak ada
misk, boleh yang sejenisnya (minyak wangi). Tidak ada sunnah memperbaharui mandi, tdak sepert wudhu.
Disunnahkan air untuk wudhu tdak kurang dari satu mud, dan air untuk mandi tdak kurang dari satu sha’ 56;
tdak ada batasan banyaknya air57.
Orang yang terkena najis, maka najis itu dia basuh dulu, baru kemudian mandi; tdak cukup satu basuhan
(untuk mandi sekaligus menghilangkan najis; demikian juga dalam berwudhu.
Pendapatku: menurut pendapat yang ashah, cukup satu basuhan, wallahu a’lam.
Barang siapa berniat mandi janabat sekaligus mandi jum’at, maka dia dapat keduanya. Barang siapa berniat
mandi salah satunya, maka dia dapat satu saja.
Pendapatku: apabila dia berhadats (kecil) kemudian junub, atau sebaliknya (junub kemudian berhadats),
cukup mandi saja58 menurut pendapat madzhab, wallahu a’lam.

Najis


باب النجاسة

هي كل مسكر مائع وكلب وخنزير وفرعهما وميتة غير الآدمي والسمك والجراد ودم وقيح قيء وروث وبول ومذي وودي وكذا منى غير الآدمي في الأصح.
قلت: الأصح طهارة منى غير الكلب والخنزير وفرع أحدهما والله أعلم ولبن ما لا يؤكل غير الآدمي والجزء المنفصل من الحي كميتته إلا شعر المأكول فطاهر وليست العقلة والمضغة ورطوبة الفرج بنجس في الأصح ولا يطهر نجس العين إلا خمر تخللت وكذا إن نقلت من شمس إلى ظل وعكسه في الأصح فإن خللت بطرح شيء فلا وجلد نجس بالموت فيطهر بدبغه ظاهره وكذا باطنه على المشهور والدبغ نزع فضوله بحريف لا شمس وتراب ولا يجب الماء في أثنائه في الأصح والمدبوغ كثوب نجس وما نجس بملاقاة شيء من كلب غسل سبعا إحداها بتراب والأظهر تعين التراب وأن الخنزير
ككلب ولا يكفي تراب نجس ولا ممزوج بمائع في الأصح وما نجس ببول صبي لم يطعم غير لبن نضح وما نجس بغيرهما إن لم تكن عين كفى جرى الماء وإن كانت وجب إزالة الطعم ولا يضر بقاء لون أو ريح عسر زواله وفي الريح قول.
قلت: فإن بقيا معا ضرا على الصحيح والله أعلم ويشترط ورود الماء لا العصر في الأصح والأظهر طهارة غسالة تنفصل بلا تغير وقد طهر المحل ولو نجس مائع تعذر تطهيره وقيل: يطهر الدهن بغسله.


Najis
Najis itu adalah: semua minuman keras, anjing, babi , keturunan anjing dan babi, mayat selain mayat
manusia ikan dan belalang, darah, nanah, muntah, kotoran(tahi), air kencing, madzi59, wadi60, demikian juga
mani selain mani manusia menurut pendapat yang ashah. Pendapatku: mani itu suci selain mani anjing,
babi dan keturunan anjing dan babi, wallahu a’lam. Najis juga susu hewan yang tdak dimakan, tdak (najis)
susu manusia.

Bagian makhluk hidup yang terpisah/terpotong, hukumnya sepert mayatnya, kecuali rambut hewan yang
dimakan, maka ia suci.
Alaqah (gumpalan darah janin), mudhghah (gumpalan daging janin), ruthubah farji61, tdak najis menurut
pendapat yang ashah.
Najis ain tdak menjadi suci, kecuali khamr yang berubah jadi cuka62; demikian juga (jadi suci) jika khamr
menjadi cuka karena dipindahkan dari tempat yang terkena matahari ke tempat yang teduh atau
sebalikanya menurut pendapat yang ashah; jika berubah jadi cuka dengan menambahkan sesuatu, maka
tdak jadi suci. Kulit yang najis karena mat, menjadi suci dengan disamak bagian luarnya, demikian pula
nagian dalamnya menurut pendapat yang masyhur. Menyamak adalah: menghilangkan cairan kulit
menggunakan hirrif63, tdak menggunakan sinar matahari atau tanah, dalam menyamak tdak wajib
menggunakan air menurut pendapat yang ashah.
Kulit yang disamak sepert baju yang najis64.
Barang yang najis karena menyentuh bagian tubuh anjing, dibasuh tujuh kali, salah satunya dengan tanah.
Menurut pendapat yang adhhar: benar-benar pakai tanah; najis babi sama dengan anjing. Tidak cukup jika
menggunakan tanah yang najis, tdak cukup juga tanah yang tercampur suatu cairan65 menurut pendapat
yang ashah.
Sesuatu yang terkena najis kencing bayi yang belum makan selain susu66, diperciki air.
Sesuatu terkena najis selain anjing/babi dan kencing bayi, jika tdak ain/nyata67, cukup dengan mengalirkan
air. Jika najisnya nyata, wajib menghilangkan rasanya, tdak mengapa tersisa warna atau bau yang sulit
hilang. Tentang bau, hanya ada satu qaul68.
Pendapatku: jika warna dan bau sama-sama tersisa, maka membahayakan (kesucian) menurut pendapat
yang shahih, wallahu a’lam.
Disyaratkan air mendatangi, tdak diperas menurut pendapat yang ashah.
Menurut pendapat yang adhhar: Air bekas cucian yang terpisah tanpa berubah adalah suci, dan sungguh
telah suci tempatnya.
Seandainya barang cair (selain air) terkena najis, maka mustahil mensucikannya. Dan dikatakan: minyak
menjadi suci dengan dibasuh.

Tayamum


باب التيمم

يتيمم المحدث والجنب لأسباب أحدها: فقد الماء فإن تيقن المسافر فقده تيمم بلا طلب وإن توهمه طلبه من رحله ورفقته ونظر حواليه إن كان بمستو فإن احتاج إلى تردد تردد قدر نظره فإن لم يجد تيمم فلو مكث موضعه فالأصح وجوب الطلب لما يطرأ فلو علم ماء يصله المسافر لحاجته وجب قصده إن لم يخف ضرر نفس أو مال فإن كان فوق ذلك تيمم ولو تيقنه آخر الوقت فانتظاره أفضل أو ظنه فتعجيل التيمم أفضل في الأظهر ولو وجد ماء لا يكفيه فالأظهر وجوب استعماله ويكون قبل التيمم ويجب شراؤه بثمن مثله إلا أن يحتاج إليه لدين مستغرق أو مؤنة سفره أو نفقة حيوان محترم ولو وهب له ماء أو أعير دلوا وجب القبول في الأصح ولو وهب ثمنه فلا ولو نسيه في رحله أو أضله فيه فلم يجده بعد الطلب فتيمم قضى في الأظهر ولو أضل رحله في رحال فلا يقضي.

الثاني: أن يحتاج إليه لعطش محترم ولو مآلا.
الثالث: مرض يخاف معه من استعماله على منفعة عضو وكذا بطء البرء أو الشين الفاحش في عضو ظاهر في الأظهر وشدة البرد كمرض وإذا امتنع استعماله في عضو إن لم يكن عليه ساتر وجب التيمم وكذا غسل الصحيح على المذهب ولا ترتيب بينهما للجنب فإن كان محدثا فالأصح اشتراط التيمم وقت غسل العليل فإن جرح عضواه فتيممان وإن كان كجبيرة لا يمكن نزعها غسل الصحيح وتيمم كما سبق ويجب مع ذلك مسح كل جبيرته بماء وقيل: بعضها فإذا تيمم لفرض ثان ولم يحدث لم يعد الجنب غسلا ويعيد المحدث ما بعد عليله وقيل: يستأنفان وقيل: المحدث كجنب قلت: هذا الثالث: أصح والله أعلم.

فصل

يتيمم بكل تراب طاهر حتى ما يداوى به وبرمل فيه غبار لاما بمعدن وسحاقة خزف ومختلط بدقيق ونحوه وقيل: إن قل الخليط جاز ولا بمستعمل على الصحيح وهو ما بقي بعضوه وكذا ما تناثر في الأصح ويشترط فصده فلو سفته ريح عليه فردده ونوى لم يجزىء ولو يمم بإذنه جاز وقيل: يشترط عذر.
وأركانه: نقل التراب فلو نقل من وجه إلى يد أو عكس كفى في الأصح ونية استباحة الصلاة لا رفع الحدث ولو نوى فرض التيمم لم يكف في الأصح ويجب قرنها بالنقل وكذا استدامتها إلى مسح شيء من الوجه على الصحيح فإن نوى فرضا ونفلا أبيحا أو فرضا فله النفل على المذهب أو نفلا أو الصلاة تنفل لا الفرض على المذهب ومسح وجهه ثم يديه
مع مرفقيه ولا يجب إيصاله منبت الشعر الخفيف ولا ترتيب في نقله في الأصح فلو ضرب بيديه ومسح بيمينه وجهه وبيساره يمينه جاز وتندب التسمية ومسح وجهه ويديه بضربتين
قلت: الأصح المنصوص وجوب ضربتين وإن أمكن بضربة بخرقة ونحوها والله أعلم ويقدم يمينه وأعلى وجهه ويخفف الغبار وموالاة التيمم كالوضوء.

قلت: وكذا الغسل ويندب تفريق أصابعه أولا ويجب نزع خاتمه في الثانية والله أعلم ومن تيمم لفقد ماء فوجده إن لم يكن في صلاة بطل إن لم يقترن بمانع كعطش أو في صلاة لا تسقط به بطلت على المشهور وإن أسقطها فلا وقيل: يبطل النفل والأصح أن قطعها ليتوضأ أفضل وأن المتنفل لا يجاوز ركعتين إلا من نوى عددا فيتمه ولا يصلي بتيمم غير فرض ويتنفل ما شاء والنذر كفرض في الأظهر والأصح صحة جنائز مع فرض وأن من نسي إحدى الخمس كفاه تيمم لهن وإن نسي مختلفتين صلى كل صلاة بتيمم وإن شاء تيمم مرتين وصلى بالأول أربعا ولاء وبالثاني أربعا ليس منها التي بدأ بها أو متفقتين صلى الخمس مرتين بتيممين ولا يتيمم لفرض قبل وقت فعله وكذا النفل المؤقت في الأصح ومن لم يجد ماء ولا ترابا لزمه في الجديد أن يصلي الفرض ويعيد ويقضي المقيم المتيمم لفقد الماء لا المسافر إلا العاصي بسفره في الأصح ومن تيمم لبرد قضى في الأظهر أو لمرض يمنع الماء مطلقا أو في عضو ولا ساتر فلا إلا أن يكون بجرحه دم كثير وإن كان ساتر لم يقض في الأظهر إن وضع على طهر فإن وضع على حدث وجب نزعه فإن تعذر قضى على المشهور.

Tayamum


Orang yang berhadats dan junub bertayamum disebabkan: 

1. Tidak ada air. Jika seorang musafr yakin tdak ada air, maka dia bertayamum tanpa harus mencari air.
Jika dia ragu, maka dia cari di sekitar tempatnya dan pada rombongannya69, dan melihat sekelilingnya
jika dia ada di tanah datar; jika butuh mondar-mandir70, maka dia lakukan sebatas pandangannya71; jika
dia tdak mendapat air, maka bertayamum. Seandainya dia tetap tnggal di tempatnya semula 72, maka
menurut pendapat yang ashah: wajib mencari air lagi untuk kebutuhan berikutnya73.
Seandainya dia mengetahui ada air dan dia bisa sampai ke tempat air itu untuk memenuhi
kebutuhannya, maka dia wajib menuju ke tempat air itu jika dia tdak khawatr bahaya terhadap diri
atau hartanya. Kalau tempat air itu jauh, maka dia bertayamum74.
Seandainya dia yakin ada air nant di akhir waktu sholat, maka lebih utama menunggu 75. Jika dia
menduga kuat ada air nant di akhir waktu, maka mendahulukan tayamum lebih utama menurut
pendapat yang adhhar.
Seandainya dia mendapatkan air tetapi tdak cukup, maka menurut pendapat yang adhhar: wajib
menggunakan air itu76; hal itu dilakukan sebelum bertayamum. Wajib membeli air itu77, dengan harga
wajar78, kecuali dia membutuhkan uang itu untuk hutangnya, atau bekal makan perjalanannya, atau
untuk nafah makhluk79 yang terhormat80.
Jika dia diberi air atau dipinjami tmba, maka wajib menerimanya menurut pendapat yang ashah. Jika
dia diberi uang seharga air, maka tdak wajib menerimanya.
Seandainya dia lupa kalau punya air, atau dia menghilangkannya (ketlisut/kesingsal) dan tdak
menemukannya setelah mencari-cari, kemudian dia bertayamum81, maka dia mengqadha sholatnya
menurut pendapat yang adhhar82.
Seandainya dia menghilangkan sebagian bekalnya83, maka tdak usah mengqadha sholat.

Syarat dan Tata Cara Tayamum

2. Dia membutuhkan air itu untuk minum makhluk yang terhormat walaupun untuk nant (masa yang akan
datang).
3. Sakit yang dia khawatrkan jika terkena air akan merusak fungsi anggota badannya84, atau juga semakin
lama sembuhnya, atau mengakibatkan cacat yang buruk pada anggota badan yang tampak menurut
pendapat yang adhhar. Cuaca dingin yang ekstrim dihukumi sepert sakit.
Apabila sulit menggunakan air pada anggota badan:
• Jika dia tdak punya sesatu untuk menutupinya, dia wajib bertayamum; dan wajib membasuh
anggota badan yang sehat menurut pendapat madzhab. Dalam tayamum dan membasuh ini tdak
harus urut bagi orang junub; jika dia berhadats kecil, menurut pendapat yang ashah: disyaratkan
bertayamum pada saat membasuh bagian yang sakit. Jika terluka dua anggota badannya, maka dia
dua kali bertayamum.
• Jika kasusnya sepert gips (pembalut tulang patah) yang tdak memungkinkan dilepas, dia basuh
bagian yang sehat kemudian tayamum sepert yang telah disebutkan tadi. Juga diwajibkan untuk
mengusap keseluruhan gips menggunakan air; dan dikatakan: sebagiannya saja.
Apabila dia bertayamum untuk sholat fardhu berikutnya, bagi orang junub: tdak mengulang basuhan
mandinya; bagi orang yang berhadats kecil: mengulang basuhan sesudah bagian yang sakit, dan
dikatakan: keduanya mengulang85, dan dikatakan: orang yang berhadats kecil hukumnya sama saja
dengan orang junub86.
Pendapatku: Pendapat yang ketga ini adalah yang ashah87, wallahu a’lam.
Syarat dan Tata Cara Tayamum
Bertayamum menggunakan debu yang suci88 walaupun debu yang dipakai untuk berobat, atau dengan pasir
yang ada debunya; tdak dengan barang tambang89, tdak dengan tumbukan tembikar, tdak yang tercampur
dengan tepung dan sejenisnya; dan dikatakan: boleh jika hanya tercampur sedikit; tdak dengan debu yang
musta’mal menurut pendapat yang shahih, yaitu: yang tersisa/menempel di anggota badannya, demikian
juga yang jatuh bertebaran90.
Disyaratkan menyengaja (mengusapkan debu)91; jika debu itu tertup oleh angin ke arahnya92, kemudian dia
usap-usap dan berniat, maka tdak cukup. Jika dia ditayamumi atas seizinnya, maka boleh; dan dikatakan:
disyaratkan adanya udzur.
Rukun tayamum:
1. Memindahkan debu, seandainya dia memindahkan debu dari wajah ke tangan atau sebaliknya, maka
cukup menurut pendapat yang ashah.

2. Niat untuk memperbolehkan sholat, bukan untuk menghilangkan hadats; seandainya berniat melakukan
fardhu tayamum, maka tdak cukup menurut pendapat yang ashah. Wajib membarengkan niat dengan
memindahkan debu93, demikian juga wajib niat itu menerus sampai mengusap bagian dari wajah
menurut pendapat yang shahih. Jika dia berniat untuk membolehkan sholat fardhu dan sunnah, maka
boleh; jika berniat fardhu saja, maka dia mendapatkan sunnah juga menurut pendapat madzhab; atau
berniat sunnah saja atau sholat saja, maka dia dapat sunnah, tdak fardhu menurut pendapat madzhab.
3. Mengusap wajah;
4. Kemudian (mengusap) dua tangan sampai dengan sikunya. Tidak wajib menyampaikan debu ke kulit
tempat tumbuh rambut yang tpis94.
Tidak harus tertb/urut95 dalam memindahkan debu menurut pendapat yang ashah. Seandainya dia
memukul debu dengan dua tangannya, kemudian mengusap wajah dengan tangan kanan dan mengusap
tangan kanan menggunakan tangan kirinya, maka boleh96.
Disunnahkan: mengucap bismillah, dan mengusap wajah dan kedua tangan menggunakan dua pukulan
debu.
Pendapatku: pendapat yang ashah yang dinashkan: wajib dua pukulan, meskipun memungkinkan dengan
satu pukulan dengan jumlah banyak dan semacamnya97, wallahu a’lam.
Mendahulukan tangan kanan, mendahulukan bagian atas wajah, menipiskan debu98, dan bertayamum
secara berturut-turut/beriringan (muwalah: tdak berjeda waktunya) sepert pada wudhu.
Pendapatku: demikian juga (muwalah) dalam mandi, disunnahkan merenggangkan jari-jari pada pukulan
pertama99, wajib melepas cincin pada pukulan kedua100, wallahu a’lam.
Barangsiapa bertayamum karena tdak ada air, kemudian dia mendapatkan air; jika dia belum sholat, maka
batal tayamumnya jika tdak bertemu dengan penyebab lain sepert butuh untuk minum; atau jika dia
sedang sholat yang tdak bisa pelaksanaannya dengan tayamum101, maka batal menurut pendapat yang
masyhur; jika tayamum membolehkan pelaksanaannya102, maka tdak batal, dan dikatakan: sholat sunnah
jadi batal.
Menurut pendapat yang ashah: membatalkan sholat fardhu untuk kemudian berwudhu itu lebih utama.
Orang yang sholat sunnah tdak boleh lebih dari dua rekaat103, kecuali dia telah beniat banyak rekaat, maka
hendaknya dia menyempurnakannya.

Tidak sholat wajib lebih dari satu sholat dengan sekali tayamum; sedang sholat sunnah boleh berapapun;
sholat nadzar dihukumi sepert sholat fardhu menurut pendapat yang adhhar.
Menurut pendapat yang ashah: sah banyak sholat jenazah dan satu sholat fardhu; dan barangsiapa lupa
salah satu sholat fardhu104, cukup sekali tayamum untuk semua sholat.
Jika dia lupa dua sholat fardhu yang berbeda, maka setap satu sholat menggunakan satu tayamum. Jika dia
mau, boleh bertayamum dua kali, kemudian sholat dengan tayamum pertama: arba’an wila’an (shubuh,
dhuhur, ashar, maghrib); dan dengan tayamum yang kedua: empat sholat selain sholat shubuh (dhuhur,
ashar, maghrib, isya’). Jika lupa dua sholat fardhu yang sama105, maka dia sholat lima jenis fardhu sebanyak
dua kali dengan dua kali tayamum.
Tidak boleh bertayamum untuk sholat fardhu sebelum masuk waktu mengerjakannya106. Demikian juga
sholat sunnah yang terikat waktu menurut pendapat yang ashah.
Barangsiapa tdak mendapatkan air atau debu, wajib baginya menurut qaul jadid: sholat fardhu dan
mengulanginya107.
Wajib mengqadha sholat bagi orang mukim yang bertayamum karena tdak ada air; tdak wajib mengqadha
bagi musafr; kecuali safar/bepergian untuk urusan maksiat menurut pendapat yang ashah.
Barangsiapa bertayamum karena dingin, maka wajib mengqadha menurut pendapat yang adhhar. Bagi yang
bertayamum karena sakit yang tdak bisa terkena air secara mutlak, atau pada anggota badan dan tdak ada
penutup untuk sakitnya, maka tdak mengqadha, kecuali jika lukanya mengeluarkan banyak darah. Jika ada
penutup untuk sakitnya, maka tdak mengqadha menurut pendapat yang adhhar jika penutup itu
dipakaikan ketka dalam kondisi suci; tetapi jika dipakaikan ketka dalam kondisi berhadats, wajib
melepaskan penutup itu; jika ada udzur (tdak dilepas), maka dia mengqadha menurut pendapat yang
masyhur.

Haid dan Istihadhah


باب الحيض

أقل سنه تسع سنين وأقله يوم وليلة وأكثره خمسة عشر بلياليها وأقل طهر بين الحيضتين خمسة عشر ولا حد لأكثره ويحرم به ما حرم بالجنابة وعبور المسجد إن خافت تلويثه والصوم ويجب قضاؤه بخلاف الصلاة وما بين سرتها وركبتها وقيل: لا يحرم غير الوطء فإذا انقطع لم يحل قبل الغسل غير الصوم والطلاق والاستحاضة حدث دائم كالسلس فلا تمنع الصوم والصلاة فتغسل المستحاضة فرجها وتعصبه وتتوضأ وقت الصلاة وتبادر بها فلو أخرت لمصلحة الصلاة كستر وانتظار جماعة لم يضر وإلا فيضر على الصحيح ويجب الوضوء لكل فرض وكذا تجديد العصابة في الأصح ولو انقطع دمها بعد الوضوء ولم تعتد انقطاعه وعوده أو اعتادت ووسع زمن الإنقطاع وضوء الصلاة وجب الوضوء.

فصل

رأت لسن الحيض أقله ولم يعبر أكثره فكله حيض والصفرة والكدرة حيض في الأصح فإن عبره فإن كانت مبتدأة مميزة بأن ترى قويا وضعيفا فالضعيف استحاضة والقوي حيض إن لم ينقص عن أقله ولا عبر أكثره ولا نقص الضعيف عن أقل الطهر أو مبتدأة لا مميزة بأن رأته بصفة أو فقدت شرط تمييز فالأظهر أن حيضها يوم وليلة
وطهرها تسع وعشرون أو معتادة بأن سبق لها حيض وطهر فترد إليهما قدرا ووقتا وتثبت بمرة في الأصح ويحكم للمعتادة المميزة بالتمييز لا العادة في الأصح أو متحيرة بأن نسيت عادتها قدرا ووقتا ففي قول كمبتدأة والمشهور وجوب الاحتياط فيحرم الوطء ومس المصحف والقراءة في غير الصلاة وتصلي الفرائض أبدا وكذا النفل في الأصح وتغتسل لكل فرض وتصوم رمضان ثم شهرا كاملين فيحصل من كل أربعة عشر ثم تصوم من ثمانية عشر ثلاثة أولها وثلاثة آخرها فيحصل اليومان الباقيان ويمكن قضاء يوم بصوم يوم ثم الثالث: والسابع عشر وإن حفظت شيئا فلليقين حكمه وهي في المحتمل كحائض في الوطء وطاهر في العبادة وإن احتمل انقطاعا وجب الغسل لكل فرض والأظهر أن دم الحامل والنقاء بين أقل الحيض حيض وأقل النفاس لحظة وأكثره ستون وغالبه أربعون ويحرم به ما حرم بالحيض وعبوره ستين كعبوره أكثره.

Haid dan Isthadhah
Umur minimal: sembilan tahun hijriyah. Masa haid paling sedikit: sehari semalam. Masa haid paling banyak: lima belas hari. Masa suci antara dua haid minimal: lima belas hari, tdak ada batasan masa suci terlama. Orang haid diharamkan: melakukan semua hal yang diharamkan untuk orang junub108; lewat di dalam masjid jika takut mengotori masjid; puasa, dan diwajibkan mengqadha puasa, berbeda dengan sholat (tdak wajib mengqadha); (haram) apa-apa yang di antara pusar dan lututnya109, dan dikatakan: tdak haram selain bersenggama. 

Apabila darah haid sudah berhent, maka tdak halal (semua yang diharamkan) sebelum mandi selain puasa dan thalaq. Isthadhah adalah hadats yang terus menerus, hukumnya sepert tdak bisa menahan kencing, maka dia tdak dilarang puasa dan sholat. Orang yang isthadhah membasuh kemaluannya kemudian membalutnya, kemudian berwudhu saat (akan) sholat, kemudian sholat dengan bergegas. Seandainya dia menunda sholat untuk kebaikan/maslahat sholat itu sendiri sepert: menutup aurat, menunggu jama’ah, maka tdak mengapa; jika bukan untuk maslahat sholat, maka hal itu membahayakan111 menurut pendapat yang shahih. Wajib berwudhu tap kali sholat fardhu, demikian juga menggant balutan menurut pendapat yang ashah. Seandainya darahnya berhent setelah wudhu, kemudian keadaan sehat itu tdak disertai kembali keluarnya darah, atau darahnya keluar lagi akan tetapi jeda waktu berhentnya itu lama, cukup untuk berwudhu dan sholat, maka wajib wudhu lagi.

Darah Wanita

Darah Wanita
Wanita yang telah mencapai usia haid, apabila melihat darah sebanyak paling sedikitnya masa haid (sehari semalam), dan tdak melebihi masa paling banyaknya (lima belas hari), maka semua darah itu adalah darah
haid; bening maupun keruh termasuk haid menurut pendapat yang ashah. Jika melebihi lima belas hari:
• Jika darah itu yang pertama kalinya dan bisa dibedakan, hendaknya dia melihat kuat atau lemahnya
darah113; yang lemah itu isthadhah, sedangkan yang kuat itu haid jika tdak kurang dari sehari semalam
dan tdak lebih dari lima belas hari, dan darah yang lemah tdak kurang dari minimal masa suci (lima
belas hari). Atau jika darah itu merupakan pertama kalinya dan tdak bisa dibedakan; karena sifatnya sama, atau tdak ada syarat pembeda; maka menurut pendapat yang adhhar: bahwa haidnya: sehari semalam dan sucinya dua puluh sembilan hari.
• Jika darah itu bukan pertama kalinya: telah didahului sekali haid dan sekali suci114; maka lama waktunya
dan waktu terjadinya dikembalikan pada kebiasaan masa haid dan sucinya, kebiasaan ini ditetapkan dari
satu kali masa haid (sebelumnya) menurut pendapat yang ashah.
Jika darah itu bukan pertama kalinya dan bisa dibedakan, maka dihukumi berdasarkan perbedaan itu,
bukan berdasar kebiasaan menurut pendapat yang ashah.
Atau jika dia bingung:
• karena lupa lama dan waktu kebiasaannya, maka dalam satu qaul/pendapat: dihukumi sepert wanita
yang darahnya baru pertama kali; menurut pendapat yang masyhur: wajib berhat-hat; maka haram
bersenggama, menyentuh mushaf, membaca Al Qur’an di luar sholat, sholat fardhu selamanya,
demikian juga sholat sinnah menurut pendapat yang ashah; mandi setap akan sholat fardhu, puasa sebulan penuh Ramadhan ditambah sebulan penuh lagi secara sempurna115, maka menghasilkan puasa
empat belas hari dari setap satu bulan itu; kemudian dia berpuasa lagi sebagian dari delapan belas hari,
tga di awalnya dan tga di akhirnya, maka menghasilkan puasa dua hari yang tersisa116; dan
memungkinkan qadha sehari: dengan puasa sehari, kemudian puasa pada hari ketga dan hari ketujuh
belas.
• Jika dia ingat salah satu dari lama atau waktunya; dalam kondisi yang yakin (haid/suci), maka kondisi
itulah hukumnya; dan dalam kondisi yang tdak yakin: sepert orang haid dalam hal senggama, sepert
orang suci dalam hal ibadah; jika ada masa terputus, maka wajib mandi setap akan sholat fardhu117.
Menurut pendapat yang adhhar: darah orang hamil, dan masa bersih di antara darah adalah termasuk haid.
Nifas118 paling sedikit: sekejap mata, paling banyak: enam puluh hari, umumnya: empat puluh hari.
Diharamkan bagi wanita yang sedang nifas semua yang diharamkan bagi wanita haid, jika nifas lebih dari
enam puluh hari, maka dihukumi sepert haid yang lebih dari lima belas hari.[alkhoirot.org]

LihatTutupKomentar