Jenazah dan Hukumnya

KITAB JANAIZ Jenazah dan Hukumnya Hendaknya memperbanyak mengingat mati Nama buku: Terjemah kitab Minhajut Thalibin Nama kitab asal: Minhajut Tha
Jenazah dan Hukumnya
KITAB JANAIZ Jenazah dan Hukumnya
 
Hendaknya memperbanyak mengingat mati
 
Nama buku: Terjemah kitab Minhajut Thalibin
Nama kitab asal: Minhajut Thalibin wa Umdat Al-Muftin fi Fiqh Al-Imam Asy-Syafi'i atau Minhaaj Al-Thalibin (منهاج الطالبين وعمدة المفتين في فقه مذهب الإمام الشافعي)
Daftar isi
  1. KITAB JANAIZ
  2. Memandikan Jenazah
  3. Mengafani Jenazah
  4. Shalat Jenazah
  5. Yang Paling Berhak Menyalati
  6. Mati Syahid
  7. Menguburkan Jenazah
  8. Masalah-masalah yang Berkaitan
  9. Kembali ke: Terjemah Kitab Minhajut Thalibin


KITAB JANAIZ
كتاب الجنائز

ليكثر ذكر الموت ويستعد بالتوبة ورد المظالم والمريض آكد ويضجع المحتضر لجنبه الأيمن إلى القبلة على الصحيح فإن تعذر لضيق مكان ونحوه ألقي على قفاه ووجه وأخمصاه للقبلة ويلقن الشهادة بلا إلحاح ويقرأ عنده يس وليحسن ظنه بربه سبحانه وتعالى فإذا مات غمض وشد لحياه بعصابة ولينت مفاصله وستر جميع بدنه بثوب خفيف ووضع على بطنه شيء ثقيل: ووضع على سرير ونحوه ونزعت ثيابه ووجه للقبلة كمحتضر ويتولى ذلك أرفق محارمه ويبادر بغسله إذا تيقن موته وغسله وتكفينه والصلاة عليه ودفنه فروض كفاية 
 
 
KITAB JANAIZ
 
Hendaknya memperbanyak mengingat mat375, dan bersiap sedia dengan taubat dan menolak kedhaliman. Bagi orang yang sakit hal-hal tersebut lebih ditekankan lagi. Orang yang akan meninggal dibaringkan di atas lambung kanannya menghadap kiblat menurut pendapat yang shahih. Jika ada udzur karena tempatnya sempit atau semacamnya, maka diletakkan di atas tengkuknya sedangkan wajahnya dan bagian bawah kakinya menghadap kiblat. Dan ditalqin/didikte dengan syahadat tanpa terus mendesak, dan dibacakan surat Yasin di sisinya, dan hendaknya dia berbaik sangka kepada Tuhannya subhanahu wa ta’ala.
 
Apabila sudah meninggal, maka dipejamkan (matanya), diikat dagunya dengan pengikat, dilemaskan
persendiannya379, ditutupi seluruh badannya dengan pakaian yang tpis380, diletakkan di atas perutnya
sesuatu yang berat381, dia diletakkan di atas kasur atau sejenisnya, dilepaskan pakaiannya, dihadapkan ke arah kiblat sama sepert orang yang akan meninggal; yang mengurus semua itu adalah mahramnya yang paling mudah382. Dia segera dimandikan apabila telah diyakini meninggalnya.
Memandikan, mengkafani, mensholat, dan menguburkan adalah fardhu kifayah.
Memandikan Jenazah

وأقل الغسل تعميم بدنه بعد إزالة النجس ولا تجب نية الغاسل في الأصح فيكفي غرقه أو غسل كافر.

قلت: الصحيح المنصوص وجوب غسل الغريق والله أعلم والأكمل وضعه بموضع خال مستور على لوح ويغسل في قميص بماء بارد ويجلسه الغاسل على المغتسل مائلا إلى ورائه ويضع يمينه على كتفه وإبهامه في نقرة قفاه ويسند ظهره إلى ركبته اليمنى ويمر يساره على بطنه إمرارا بليغا ليخرج ما فيه ثم يضجعه لقفاه ويغسل بيساره وعليها خرقة سوأتية ثم يلف أخرى ويدخل أصبعه فمه ويمرها على أسنانه ويزيل ما في منخريه من أذى ويوضئه كالحي ثم يغسل رأسه ثم لحيته بسدر ونحوه ويسرحهما بمشط واسع الأسنان برفق ويرد المنتف إليه ويغسل شقه الأيمن ثم الأيسر ثم يحرفه إلى شقه الأيسر فيغسل شقه الأيمن مما يلي القفا والظهر إلى القدم ثم يحرفه إلى شقه الأيمن فيغسل الأيسر كذلك فهذه غسلة ويستحب ثانية وثالثة وأن يستعان في الأولى بسدر أو خطمى ثم يصب ماء قراح من فرقه إلى قدمه بعد زوال السدر وأن يجعل في كل غسلة قليل كافور ولو خرج بعده نجس وجب إزالته فقط وقيل: مع الغسل إن خرج من الفرج وقيل: الوضوء ويغسل الرجل الرجل والمرأة المرأة ويغسل أمته وزوجته وهي زوجها ويلفان خرقة ولا مس فإن لم يحضر إلا أجنبي أو أجنبية يمم في الأصح وأولى الرجال به أولا لهم بالصلاة وبها قراباتها ويقدمن على زوج في الأصح وأولاهن ذات محرمية ثم الأجنبية ثم رجال القرابة كترتيب صلاتهم.

قلت: إلا ابن العم ونحوه فكالأجنبي والله أعلم ويقدم عليهم الزوج في الأصح ولا يقرب المحرم طيبا ولا يؤخذ شعره وظفره وتطيب المحدة في الأصح والجديد أنه لا يكره في غير المحرم أخذ ظفره وشعر إبطه وعانته وشاربه. قلت: الأظهر كراهته. والله أعلم
 
Memandikan Jenazah

Minimal memandikan: meratakan (air) ke seluruh badannya setelah menghilangkan najis. Orang yang
memandikan tdak wajib berniat menurut pendapat yang ashah. Maka mencukupi (dalam memandikan)
dengan ditenggelamkan atau dimandikan oleh orang kafr. Pendapatku: menurut pendapat yang shahih yang dinashkan: wajib memandikan orang yang tenggelam, wallahu a’lam. Lebih sempurnanya: jenazah diletakkan di tempat yang sepi, tertutup tabir, (diletakkan) di atas papan, dimandikan dengan memakai baju menggunakan air dingin, orang yang memandikan mendudukkannya di atas tempat mandinya dalam posisi agak miring ke belakang, dia letakkan tangan kanannya di atas bahu jenazah dan jempolnya di lubang tengkuk, dia sandarkan punggung jenazah ke lutut kanannya, dia jalankan
tangan kirinya di perut jenazah dengan sungguh-sungguh agar keluar kotoran di dalam perut jenazah,
kemudian dia baringkan jenazah dengan tengkuknya383 dan dia basuh dua aurat384 (qubul dan dubur)
jenazah menggunakan tangan kiri yang diselubungi sobekan kain, kemudian dia selubungi tangan kiri
dengan sobekan kain yang lain, dan dia masukkan jarinya ke mulut jenazah dan dia jalankan di gigi-giginya, dia hilangkan kotoran yang ada di lubang hidung jenazah, dia wudhukan jenazah sepert orang hidup, kemudian dia basuh kepala jenazah kemudian jenggotnya dengan bidara atau yang sejenisnya, kemudian dia sisir rambut dan jenggotnya dengan lembut menggunakan sisir yang giginya lebar, kemudian dia kembalikan rambut yang tercabut385. Dan dia basuh sisi kanan kemudian kiri, kemudian dia miringkan jenazah ke sisi kiri kemudian dia basuh sisi kanan yang sebidang dengan tengkuk dan punggung sampai kaki, kemudian dia miringkan jenazah ke sisi kanan kemudian dia basuh sisi kiri sepert itu juga, maka ini adalah satu basuhan mandi.
 
Dan disunnahkan basuhan kedua dan ketga, pada basuhan pertama menggunakan bidara atau khithmiy
kemudian disiram air bersih/murni dari rambut sampai kaki setelah hilangnya bidara, dan pada setap
basuhan dicampur sedikit kapur barus. Seandainya sesudah itu keluar najis, maka wajib menghilangkan najisnya saja; dan dikatakan: dengan mandi lagi jika keluar dari farji; dan dikatakan: dengan wudhu.
Laki-laki memandikan jenazah laki-laki, perempuan memandikan jenazah perempuan. Laki-laki memandikan budak perempuannya dan isrtnya, perempuan memandikan suaminya, tangannya diselubungi sobekan kain dan tdak menyentuh jenazah386.
 
Seandainya di situ tdak ada orang selain ajnabi lawan jenis (orang lain, bukan mahram), maka jenazah
ditayamumkan menurut pendapat yang ashah. Laki-laki yang paling berhak (memandikan) bagi jenazah laki-laki: yang paling berhak untuk mensholat; dan bagi jenazah perempuan: kerabat perempuan, kerabat perempuan didahulukan daripada suami menurut pendapat yang ashah, dan kerabat perempuan tersebut yang paling berhak: yang punya hubungan mahram387, kemudian perempuan ajnabi, kemudian laki-laki kerabatnya sepert urutan yang paling berhak mensholat.
 
Pendapatku: kecuali anak laki-laki dari paman dan sejenisnya, maka dia sepert ajnabi, wallahu a’lam.
Dan suami didahulukan atas mereka (kerabat laki-laki). Jenazah orang yang sedang ihram tdak diberi wangi-wangian, tdak diambil rambut dan kukunya; jenazah wanita yang sedang dalam masa iddah tetap diberi wewangian menurut pendapat yang ashah. Menurut qaul jadid: tdak makruh memotong kuku jenazah, rambut ketak, rambut di bagian bawah perut dan kumisnya. Pendapatku: menurut pendapat yang adhhar: makruh, wallahu a’lam.
Mengkafani Jenazah
 
فصل

يكفن بما له لبسه حيا وأقله ثوب ولا تنفذ وصيته بإسقاطه والأفضل للرجل ثلاثة ويجوز رابع وخامس ولها خمسة ومن كفن منهما بثلاثة فهي لفائف وإن كفن في خمسة زيد قميص وعمامة تحتهن وإن كفنت في خمسة فإزار وخمار وقميص ولفافتان وفي قول ثلاث لفائف وإزار وخمار ويسن الأبيض ومحله أصل التركة فإن لم يكن فعلى من عليه نفقته من قريب وسيد وكذا الزوج في الأصح ويبسط أحسن اللفائف وأوسعها والثانية فوقها وكذا الثالثة ويذر على كل واحدة حنوط ويوضع الميت فوقها مستلقيا وعليه حنوط وكافور ويشد ألياه ويجعل على منافذ بدنه قطن ويلف عليه اللفائف وتشد فإذا وضع في قبره نزع الشداد ولا يلبس المحرم الذكر محيطا ولا يستر رأسه ولا وجه المحرمة وحمل الجنازة بين العمودين أفضل من التربيع في الأصح وهو أن يضع الخشبتين المقدمتين على عاتقيه ورأسه بينهما ويحمل المؤخرتين رجلان والتربيع أن يتقدم رجلان ويتأخر آخران والمشي أمامها بقربها أفضل ويسرع بها إن لم يخف تغيره.

Mangkafani Jenazah
 
Jenazah dikafani dengan jenis pakaian yang boleh dia pakai semasa hidup, paling sedikit: satu lapis pakaian, dan tdak dilaksanakan wasiat jenazah untuk mengurangi dari satu lapis pakaian itu.
Yang afdhal bagi laki-laki: tga lapis, dan boleh empat atau lima lapis. Bagi perempuan: lima lapis.
Barangsiapa yang dikafani dengan tga lapis baik laki-laki maupun perempuan, maka ketga kafan itu
menyelubunginya388.
 
Jika jenazah laki-laki dikafani lima lapis, maka ditambahkan baju dan ‘imamah di bawah tga lapis tadi.
Jika jenazah perempuan dikafani lima lapis, maka lima lapis itu: sarung, kerudung, baju, dan dua selubung; dalam sebuah qaul: tga selubung, sarung, dan kerudung. Disunnahkan kafan berwarna puth.
Yang dijadikan kafan: berasal dari barang peninggalan jenazah; jika tdak ada, maka dari orang yang wajib menanggung nafahnya di antara kerabat dan tuan, demikian pula suami menurut pendapat yang ashah.
 
Dibentangkan selubung yang terbaik dan terlebar, kemudian yang kedua di atasnya, demikian juga yang
ketga; dan ditaburkan hanuth389 pada tap lapis itu. Kemudian jenazah diletakkan di atasnya dalam keadaan terlentang, di atas jenazah diberi hanuth dan kapur barus, diikat dua pantatnya, lubang-lubang badannya ditutup kapas, diselubungkan atasnya kafan dan diikat, apabila jenazah sudah diletakkan di kubur, maka dilepas ikatannya.
 
Jenazah laki-laki yang sedang ihram tdak diberi pakaian yang dijahit dan tdak ditutup kepalanya; tdak
ditutup juga wajah jenazah perempuan yang sedang ihram. Membawa jenazah di antara dua tongkat lebih afdhal daripada empat tongkat menurut pendapat yang ashah; yaitu: dia meletakkan dua tongkat depan pada dua pundaknya sedangkan posisi kepalanya di antara kedua tongkat itu, dan dua orang memikul di bagian belakang. Sedangkan empat tongkat: di depan dua orang, dan di belakang dua orang lainnya. Berjalan sedikit di depan jenazah itu lebih afdhal; dan jenazah itu dipercepat jika tdak takut terjadi perubahan jenazah (karena dipercepat itu).
Shalat Jenazah

فصل

لصلاته أركان أحدها: النية ووقتها كغيرها وتكفي نية الفرض وقيل: تشترط نية فرض
كفاية ولا يجب تعيين الميت فإن عين وأخطأ بطلت وإن حضر موتى نواهم.

الثاني: أربع تكبيرات فإن خمس لم تبطل في الأصح ولو خمس إمامه لم يتابعه في الأصح بل يسلم أو ينتظره ليسلم معه.
الثالث: السلام كغيرها.
الرابع: قراءة الفاتحة بعد الأولى.
قلت: تجزىء الفاتحة بعد غير الأولى. والله أعلم.
الخامس: الصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم بعد الثانية والصحيح أن الصلاة على الآل لا تجب.
السادس: الدعاء للميت بعد الثالثة

السابع: القيام على المذهب إن قدر ويسن رفع يديه في التكبيرات وإسرار القراءة وقيل: يجهر ليلا والأصح ندب التعوذ دون الإفتتاح ويقول في الثالثة: اللهم هذا عبدك وابن عبديك إلى آخره ويقدم عليه اللهم اغفر لحينا وميتنا وشاهدنا وغائبنا وصغيرنا وكبيرنا وذكرنا وأنثانا اللهم من أحييته منا فأحيه على الإسلام ومن توفيته منا فتوفه على الإيمان ويقول في الطفل مع هذا الثاني اللهم اجعله فرطا لأبويه وسلفا وذخرا وعظة واعتبار وشفيعا وثقل به موازينهما وأفرغ الصبر على قلوبهما وفي الرابعة اللهم لا تحرمنا أجره ولا تفتنا بعده ولو تخلف المقتدي بلا عذر فلم يكبر حتى كبر إمامه أخرى بطلت صلاته ويكبر المسبوق ويقرأ الفاتحة وإن كان الإمام في غيرها فلو كبر الإمام أخرى قبل شروعه في الفاتحة كبر معه وسقطت القراءة وإن كبرها وهو في الفاتحة تركها وتابعه في الأصح وإذا سلم الإمام تدارك المسبوق باقي التكبيرات بأذكارها وفي قول لا يشترط الأذكار ويشترط شروط الصلاة لا الجماعة ويسقط فرضها بواحد وقيل: يجب اثنان وقيل: ثلاثة وقيل: أربعة ولا يسقط بالنساء وهناك رجال في الأصح ويصلى على الغائب عن البلد ويجب تقديمها على الدفن وتصح بعده والأصح تخصيص الصحة بمن كان من أهل فرضها وقت الموت ولا يصلي على قبر رسول الله صلى الله عليه وسلم بحال.


Shalat Jenazah
 
Shalat jenazah punya tujuh rukun:

1. Niat. Waktunya sama dengan shalat lain. Cukup berniat fardhu saja, dan dikatakan: disyaratkan berniat fardhu kifayah. Tidak wajib menentukan (nama) jenazah; jika dia menentukan dan ternyata salah, maka batal shalatnya. Jika ada banyak jenazah, dia berniat untuk semua jenazah itu.

2. Empat takbir. Jika bertakbir lima kali, maka tdak batal menurut pendapat yang ashah. Jika imam
menambah takbir yang kelima, maka tdak diikut menurut pendapat yang ashah, akan tetapi makmum
bersalam atau menunggu imam tersebut untuk bersalam bersama imam.

3. Salam. Sepert shalat lain.

4. Membaca Al Fathah setelah takbir pertama.
Pendapatku: mencukupi jika membaca Al Fathah setelah takbir (yang lain) bukan yang pertama, wallah a’lam.

5. Bershalawat kepada Rasulullah SAW setelah takbir kedua. Menurut pendapat yang shahih: tdak wajib bershalawat kepada keluarga Nabi (‘ala aali).

6. Berdoa untuk jenazah setelah takbir ketga.

7. Berdiri menurut pendapat madzhab jika mampu.
Disunnahkan mengangkat tangan pada empat takbir, membaca secara sirr/lirih, dan dikatakan: dibaca jahr saat malam hari, menurut pendapat yang ashah: sunnah membaca ta’awudz tanpa membaca doa ifitah, membaca setelah takbir ketga: Allahumma, hadza abduka wa ibnu abdaika… sampai akhir, doa tadi didahului dengan: Allahumma ighfr lihayyina wa mayyitna wa syaahidina wa ghaaibina wa shaghirina wa kabirina wa dzakarina wa untsana, Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘alal islam, wa man tawafaitahu minna fa tawafahu ‘alal iman; dan dibacakan bersama doa kedua ini bagi jenazah anak-anak: Allahumma ij’alhu farathan li abawaihi wa salafan wa dzukhran, ziwa ‘idhatan wa i’tbaran wa syaf’an, wa tsaqqil bihi mawaziinahuma, wa afrighish shabra ‘ala qulubihima; dan setelah takbir keempat membaca: Allahumma laa tahrimna ajrahu, wa laa tafinna ba’dahu.
 
Seandainya seorang makmum terlambat tanpa udzur hingga imam membaca takbir berikutnya, maka batal shalatnya.

Makmum masbuq bertakbir kemudian membaca Al Fathah meskipun imam tdak dalam keaadaan
membaca Al Fathah; jika imam bertakbir lagi sebelum dia mulai membaca Al Fathah, maka dia langsung bertakbir bersama imam dan gugur kewajibannya membaca Al Fathah; jika imam bertakbir sedangkan dia masih membaca Al Fathah, maka dia tnggalkan bacaannya dan mengikut imam menurut pendapat yang ashah. Apabila imam bersalam, maka mamkmum masbuq menyempurnakan sisa takbirnya dengan dzikirdzikirnya, dan dalam sebuah qaul: tdak disyaratkan membaca dzikir-dzikirnya.
Disyaratkan seluruh syarat-syarat shalat, tdak disyaratkan syarat shalat jama’ah, kewajiban shalat jenazah gugur jika ada satu orang yang melakukan, dan dikatakan: wajib dua orang, dan dikatakan: tga orang, dan dikatakan: empat orang. Tidak gugur kewajiban shalat jenazah jika dilaksanakan oleh para perempuan, sedangkan di sana ada kaum lelaki menurut pendapat yang ashah.
 
Dan (boleh) menshalat jenazah yang ghaib/tdak ada di tempat tnggalnya. Wajib mendahulukan shalat dari penguburan, dan sah shalat jenazah sesudah penguburan390, menurut pendapat yang ashah: sahnya khusus untuk orang yang termasuk terkena kewajiban shalat jenazah pada waktu kematan jenazah itu391. Dan tdak boleh menshalatkan jenazah Rasulullah SAW di atas kuburnya menurut semua qaul/pendapat392. 
 
Yang Paling Berhak Menyalati
فرع: الجديد أن الوالي أولى بإمامتها من الوالي فيقدم الأب ثم الجد وإن علا ثم الابن ثم ابنه ثم الأخ والأظهر تقديم الأخ لأبوين على الأخ لأب ثم ابن الأخ لأبوين ثم لأب ثم العصبة على ترتيب الإرث ثم ذووا الأرحام ولو اجتمعا في درجة فالأسن العدل أولى على النص ويقدم الحر البعيد على العبد القريب ويقف عند رأس الرجل وعجزها وتجوز على الجنائز صلاة وتحرم على الكافر ولا يجب غسله والأصح وجوب تكفين الذمي ودفنه ولو وجد عضو مسلم علم بموته صلى الله والسقط إن استهل أو بكى ككبير وإلا فإن ظهرت أمارة الحياة كاختلاج صلى عليه في الأظهر وإن لم تظهر ولم يبلغ أربعة أشهر لم يصل عليه وكذا إن بلغها في الأظهر
 
Yang Paling Berhak Menshalati
 
Menurut qaul jadid: wali lebih berhak mengimami shalat jenazah daripada penguasa/pemerintah, maka
didahulukan ayah, kemudian kakek dan seterusnya ke atas, kemudian anak, kemudian cucu, kemudian
saudara laki-laki, Menurut pendapat yang adhhar: mendahulukan saudara sekandung daripada saudara
sebapak , kemudian anak saudara laki-laki sekandung, kemudian sebapak, kemudian ashabah sesuai urutan waris, kemudian dzawul arham393. Jika berkumpul dua orang dalam satu tngkat, maka yang lebih berhak adalah yang adil yang lebih tua menurut nash.
 
Didahulukan orang merdeka yang lebih jauh (kekerabatannya), dibandingkan budak yang lebih dekat.
(Imam atau munfarid) berdiri di sisi kepala jenazah laki-laki dan di sisi pantat jenazah perempuan.
Boleh satu shalat untuk banyak jenazah. Haram shalat untuk jenazah orang kafr, tIdak wajib memandikannya, dan menurut pendapat yang ashah: wajib mengkafani kafir dzimmi dan menguburkannya. Seandainya didapat bagian tubuh muslim yang diketahui kematiannya, maka dishalatkan atasnya.

Janin yang gugur jika dia sempat berteriak atau menangis, maka diperlakukan sepert jenazah dewasa; jika tidak demikian, jika jelas ada tanda kehidupan sepert bergerak, maka dishalat menurut pendapat yang adhhar; jika tdak jelas ada tanda kehidupan dan tdak sampai usia empat bulan, tdak dishalat, demikian juga jika sampai usia empat bulan menurut pendapat yang adhhar.
Mati Syahid
ولا يغسل الشهيد ولا يصلى عليه وهو من مات في قتال الكفار بسببه فإن مات بعد انقضائه أو في قتال البغاة فغير شهيد في الأظهر وكذا في القتال لا بسببه على المذهب ولو استشهد جنب فالأصح أنه لا يغسل وأنه تزال نجاسته غير الدم ويكفن في ثيابه الملطخة بالدم فإن لم يكن ثوبه سابغا تمم


Mati Syahid

Orang yang mat syahid tdak dimandikan dan tdak dishalat (haram dimandikan dan dishalat), yaitu orang yang meninggal ketka memerangi orang kafr dengan disebabkan oleh perang itu395. Jika dia meninggal setelah perang selesai atau meninggal ketka memerangi bughot/pemberontak (yang muslim), maka dia tdak syahid menurut pendapat yang adhhar; demikian juga jika meninggal saat perang bukan disebabkan oleh perang itu396 menurut pendapat madzhab397. Jika orang yang junub mat syahid, maka menurut pendapat yang ashah: dia tdak dimandikan, dan dihilangkan najis yang ada padanya kecuali darah. Orang yang mat syahid (sunnah) dikafani dengan pakaiannya yang berlumuran darah, jika pakaiannya tdak cukup lebar398, maka (wajib) disempurnakan (dengan ditambah).
Menguburkan Jenazah
فصل

أقل القبر حفرة تمنع الرائحة والسبع ويندب أن يوسع ويعمق قامة وبسطة واللحد أفضل من الشق إن صلبت الأرض ويوضع رأسه عند رجل القبر ويسل من قبل رأسه برفق ويدخله القبر الرجال وأولاهم الأحق بالصلاة.
 
قلت: إلا أن تكون امرأة مزوجة فأولاهم الزوج والله أعلم ويكونون وترا ويوضع في اللحد على يمينه للقبلة ويسند وجهه إلى جداره وظهره بلبنة ونحوها ويسد فتح اللحد بلبن ويحثو من دنا ثلاث حثيات تراب ثم يهال بالمساحي ويرفع القبر شبرا فقط والصحيح أن تسطيحه أولى من تسنيمه ولا يدفن اثنان في قبر إلا لضرورة فيقدم أفضلهما ولا يجلس على القبر ولا يوطأ ويقرب زائره كقربه منه حيا والتعزية سنة قبل دفنه وبعده ثلاثة أيام ويعزى المسلم بالمسلم أعظم الله أجرك وأحسن عزاءك وغفر لميتك وبالكافر أعظم الله أجرك وصبرك والكافر بالمسلم غفر الله لميتك وأحسن عزاءك ويجوز البكاء عليه قبل الموت وبعده ويحرم الندب بتعديد شمائله والنوح والجزع بضرب صدره ونحوه.

Menguburkan Jenazah

Minimal kuburan: lubang di tanah yang bisa mencegah bau dan binatang buas.
 
Sunnah kuburan diperluas dan diperdalam sedalam orang berdiri yang mengangkat tangannya. Lahad400 lebih afdhal daripada syaqq401 jika tanahnya keras. (Sunnah) kepala jenazah diletakkan di sisi kaki kuburan402 (saat akan memasukkan ke dalam kubur), jenazah diambil/diangkat dari sisi kepalanya dengan lembut; para laki-laki memasukkan jenazah ke dalam kubur; orang yang paling didahulukan untuk memasukkan (jenazah): yang paling berhak mensholat. Pendapatku: kecuali jenazahnya adalah perempuan yang sudah menikah, maka yang paling didahulukan adalah suaminya, wallahu a’lam. (Sunnah) jumlah orang yang memasukkan itu ganjil. (Sunnah) jenazah diletakkan di lahad di atas sisi kanan badannya, (wajib) menghadap kiblat, (sunnah) wajahnya disandarkan ke dinding kubur, punggungnya disandarkan ke bata dan sejenisnya, bagian lahad yang terbuka ditutup dengan bata, (sunnah) orang yang dekat (dengan kubur) menumpahkan tanah tga kali403, kemudian ditmbun tanah dengan menggunakan mishaah404. Kuburan ditnggikan satu jengkal saja, dan menurut pendapat yang shahih: meratakan kubur lebih didahulukan daripada meninggikannya.
 
Dua jenazah tdak dikuburkan dalam satu kuburan kecuali karena darurat405, maka didahulukan yang paling utama di antara keduanya406. Dan tdak duduk di atas kubur dan menginjak kubur407, (sunnah) para peziarah mendekat sebagaimana dekatnya dengan jenazah saat dia masih hidup. Ta’ziyah (bela sungkawa) itu sunnah sebelum penguburan, dan tga hari sesudah penguburan. Orang muslim berta’ziyah kepada sesama muslim dengan mengucapkan: a’dhama Allahu ajraka, wa ahsana
‘azaa-aka, wa ghafara li mayyitka. Muslim bertakziyah kepada orang kafr dengan mengucapkan: a’dhama Allahu ajraka, wa shabbaraka. Orang kafr kepada muslim mengucapkan: ghafara Allahu li mayyitka, wa ahsana ‘azaa-aka. Boleh menangis atasnya sebelum meninggal dan sesudahnya. Dan haram meratap dengan menyebutnyebut kebaikan tabiatnya, meratap keras-keras, ketdak sabaran dengan memukul-mukul dada dan sejenisnya.


قلت: هذه مسائل منثورة يبادر بقضاء دين الميت ووصيته ويكره تمني الموت لضر نزل به إلا لفتنة دين ويسن التداوي ويكره إكراهه عليه ويجوز لأهل الميت ونحوهم تقبيل وجهه ولا بأس بالإعلام بموته للصلاة وغيرها بخلاف نعي الجاهلية ولا ينظر الغاسل من بدنه إلا قدر الحاجة من غير العورة ومن تعذر غسله يمم ويغسل الجنب والحائض الميت بلا كراهة وإذا ما غسلا غسلا واحد فقط وليكن الغاسل أمينا فإن رأى خيرا ذكره أو غيره حرم ذكره إلا لمصلحة ولو تنازع أخوان أو زوجتان أقرع والكافر أحق بقريبه الكافر ويكره الكفن المعصفر والمغالاة فيه والمغسول أولى من الجديد والصبي كبالغ في تكفينه بأثواب والحنوط مستحب وقيل: واجب ولا يحمل الجنازة إلا الرجال وإن كانت أنثى ويحرم حملها على هيئة مزرية وهيئة يخاف منها سقوطها ويندب للمرأة ما يسترها كتابوت ولا يكره الركوب في الرجوع منها ولا بأس باتباع المسلم جنازة قريبه الكافر
Masalah-masalah yang Berkaitan
 
 ويكره اللغط في الجنازة وإتباعها بنار ولو اختلط مسلمون بكفار وجب غسل الجميع والصلاة فإن شاء صلى على الجميع بقصد المسلمين وهو الأفضل والمنصوص أو على واحد فواحد ناويا الصلاة عليه إن كان مسلما ويقول اللهم اغفر له إن كان مسلما ويشترط لصحة الصلاة تقدم غسله وتكره قبل تكفينه فلو مات بهدم ونحوه وتعذر إخراجه وغسله لم يصل عليه ويشترط أن لا يتقدم على الجنازة الحاضرة ولا القبر على المذهب فيهما وتجوز الصلاة عليه في المسجد ويسن جعل صفوفهم ثلاثة فأكثر وإذا صلى عليه فحضر من لم يصل صلى ومن صلى لا يعيد على الصحيح ولا تؤخر لزيادة مصلين وقاتل نفسه كغيره في الغسل والصلاة ولو نوى الإمام صلاة غائب والمأموم صلاة حاضر أو عكس جاز والدفن بالمقبرة أفضل ويكره المبيت بها ويندب ستر القبر بثوب وإن كان رجلا وأن يقول بسم الله وعلى ملة رسول الله صلى الله عليه وسلم ولا يفرش تحته شيء ولا مخدة ويكره دفنه في تابوت إلا في أرض ندية أو رخوة ويجوز الدفن ليلا ووقت كراهة الصلاة إذا لم يتحره وغيرهما أفضل ويكره تجصيص القبر والبناء والكتابة عليه ولو بنى في مقبرة مسبلة هدم ويندب أن يرش القبر بماء ويوضع عليه حصى وعند رأسه حجر أو خشبة وجمع الأقارب في موضع وزيادة القبور للرجال وتكره للنساء وقيل: تحرم وقيل: تباح ويسلم الزائر ويقرأ ويدعو ويحرم نقل الميت إلى بلد آخر وقيل: يكره إلا أن يكون بقرب مكة أو المدينة أو بيت المقدس نص عليه ونبشه بعد دفنه للنقل وغيره حرام إلا لضرورة بأن دفن بلا غسل أو في أرض أو ثوب مغصوبين أو وقع فيه مال أو دفن لغير القبلة لا للتكفين في الأصح ويسن أن يقف جماعة بعد دفنه عند قبره ساعة يسألون له التثبت ولجيران أهله تهيئة طعام يشبعهم يومهم وليلتهم ويلح عليهم في الأكل ويحرم تهيئته للنائحات. والله أعلم

Masalah-masalah yang Berkaitan

Pendapatku: Ini adalah masalah-masalah yang bertebaran:
(Sunnah) bersegera melunasi hutang jenazah dan melaksanakan wasiatnya. Makruh mengharapkan mat karena celaka yang menimpanya bukan karena ftnah dalam agamanya. Sunnah berobat (bagi orang sakit), makruh membenci berobat. Boleh bagi keluarga jenazah dan sejenisnya untuk mencium wajah jenazah. Tidak mengapa mengumumkan kematan agar jenazah dishalat dan selainnya, berbeda dengan
pengumuman jahiliyah408 (makruh).
 
Orang yang memandikan tdak memandang badan jenazah (makruh) kecuali sekedar kebutuhan selain
bagian aurat409. Jenazah yang ada udzur/kesulitan untuk memandikannya410, maka (wajib) ditayamumi. Orang junub dan haid boleh memandikan jenazah, tdak makruh. Apabila orang junub dan haid meninggal, maka dimandikan satu kali saja. hendaknya orang yang memandikan adalah orang yang terpercaya (sunnah); jika dia melihat kebaikan, maka (sunnah) dia sebutkan; atau melihat yang tdak baik, maka haram menyebutnya kecuali untuk kemaslahatan411.
 
Seandainya dua saudara atau dua istri berselisih (untuk memandikan), maka (keduanya) diundi412. Orang kafr lebih berhak atas kerabatnya yang kafr. Makruh kafan yang dicelup ‘ushfur413, dan kafan yang mahal harganya; kafan yang sudah pernah dicuci lebih utama daripada kafan baru. Anak kecil sama dengan orang dewasa dalam hal mengkafani dengan beberapa lapis pakaian. anuth/minyak wangi itu sunnah, dan dikatakan: wajib. Jenazah tdak diangkat kecuali oleh laki-laki, meskipun jenazahnya perempuan. aram mengangkat jenazah dalam bentuk yang terhina414, dan dalam bentuk yang dikhawatrkan jenazah bisa jatuh.
 
Disunnahkan bagi jenazah perempuan untuk dibawa dengan sesuatu yang menutupinya sepert pet.
Tidak makruh naik kendaraan saat kembali dari penguburan jenazah415. Tidak mengapa muslim mengikut jenazah kerabatnya yang kafr.

Makruh bersuara gaduh saat mengantar jenazah dan mengikut jenazah dengan api. Seandainya banyak jenazah bercampur antara muslim dan kafr, wajib memandikan semuanya dan menshalatnya; jika mau, menshalat semuanya dengan maksud untuk yang muslim, yang demikian ini lebih afdhal dan yang dinashkan; atau menshalat satu per satu dengan niat menshalatnya jika dia adalah muslim, dan dia ucapkan: Allahumma ighfr lahu in kaana musliman (Ya Allah ampuni dia jika dia seorang muslim).
Syarat agar shalat jenazah dinyatakan sah: didahului dengan memandikan jenazah, dan makruh sebelum
dikafani. Jika orang meninggal karena tertmpa reruntuhan atau sejenisnya, dan sulit untuk
mengeluarkannya dan memandikannya, maka tdak dishalat.
 
Dan disyaratkan (posisi orang yang menshalat) tdak di depan (membelakangi) jenazah yang ada, tdak juga di depan (membelakangi) kubur (saat shalat jenazah setelah penguburan) menurut pendapat madzhab dalam dua masalah ini. Boleh menshalat jenazah di masjid, dan sunnah menjadikan shaf makmum tga baris atau lebih. Apabila jenazah sudah dishalat, kemudian datang orang yang belum menshalat, maka orang itu menshalat jenazah. Orang yang sudah menshalat tdak mengulangi (shalat jenazahnya) menurut pendapat yang shahih.
 
Shalat jenazah tdak ditunda untuk memperbanyak jumlah orang yang shalat.
Orang yang bunuh diri sama sepert jenazah yang lain dalam hal dimandikan dan dishalat.
Seandainya imam niat untuk shalat ghaib, sedang makmum niat shalat jenazah yang hadir/ada, atau
sebaliknya, maka hal itu boleh.
 
Menguburkan di tempat penguburan (kuburan) itu lebih afdhal; dan makruh menginap di kuburan.
(Saat penguburan) sunnah menutupi/menabiri kubur dengan pakaian/kain meskipun jenazahnya laki-laki, dan mengucapkan: bismillah wa ‘ala millat rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam416.
 
 Di bawah jenazah tdak dialasi dengan sesuatu, tdak juga bantal (makruh). Makruh menguburkan jenazah di dalam pet kecuali di tanah yang basah atau lembek. Boleh menguburkan malam hari, dan pada saat waktu makruh untuk shalat apabila tdak secara sengaja memilih waktu itu; selain dua waktu itu lebih afdhal. Makruh melepa kubur dengan kapur, membangun417 dan menulis418 di atasnya. Seandainya kuburan dibangun di tempat penguburan yang didermakan (kuburan umum), maka (wajib) dirobohkan419.

Sunnah menyiram kuburan dengan air420; meletakkan batu kerikil di atasnya421; dan meletakkan batu atau kayu di sisi kepalanya422; mengumpulkan kerabat dalam satu lokasi (di kuburan); ziarah kubur bagi laki-laki, dan makruh bagi perempuan; dan dikatakan: haram, dan dikatakan: boleh423; peziarah mengucapkan salam424 dan membaca (Al Qur’an)425 dan berdoa426. Haram memindahkan jenazah ke balad/kota lain dan dikatakan: makruh kecuali balad itu dekat dengan Mekkah atau Madinah atau Baitul Maqdis, hal ini dinashkan (oleh Imam Syaf’i). Menggali lagi setelah penguburannya untuk dipindahkan atau selainnya adalah haram, kecuali karena darurat (maka wajib digali); misal karena dikubur tanpa dimandikan, atau dikubur di tanah atau baju yang dighashab, atau ada harta yang terjatuh ke dalam kubur, atau dikubur tdak menghadap kiblat; tdak demikian (tdak digali) jika untuk mengkafani menurut pendapat yang ashah.
 
Sunnah sekelompok orang berhent sesaat di sisi kuburnya setelah penguburan, berdoa meminta ketetapan baginya427; bagi para tetangga, mempersiapkan makanan bagi keluarga jenazah yang mencukupi sehari semalam; dan mereka didesak untuk makan; haram mereka menyiapkan makanan untuk wanita-wanita yang meratap; wallahu a’lam.
LihatTutupKomentar