Terjemah Al-Bidayah wan Nihayah

Nama kitab: Terjemah Al-Bidayah wan Nihayah Penulis: Ibnu Katsir Nama lengkap: Ismail bin Umar bin Katsir Bidang studi: Sejarah Islam dan Biografi tokoh Muslim
Terjemah Al-bidayah wan Nihayah
Nama kitab: Terjemah Al-Bidayah wan Nihayah
Judul asal: Al-Bidayah wa An-Nihayah ( البداية والنهاية)
Penulis: Ibnu Katsir (ابن كثير)
Nama lengkap: Ismail bin Umar bin Katsir ( إسماعيل بن عمر بن كثير)
Volume: 15 jilid
Penerjemah:
Bidang studi: Sejarah Islam dan Biografi tokoh Muslim

Daftar Isi

PROFIL KITAB AL-BIDAYAH WAN NIHAYAH

Al-Bidayah wan Nihayah (bahasa Arab: البداية والنهاية) atau Tarikh Ibnu Katsir adalah kitab sejarah yang disusun oleh Al-Hafizh Ibnu Katsir (w.774 H). Pembahasan kitab ini berawal dari penciptaan alam semesta, langit dan bumi, malaikat, manusia pertama, kemudian kisah para nabi dan umat-umat terdahulu hingga Nabi terakhir, kemudian tokoh-tokoh, dinasti (khilafah/daulah) dan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada abad-abad yang dilalui dalam masa Islam hingga ke masa pengarang, kemudian diikuti dengan peristiwa yang akan terjadi di akhir zaman seperti tanda-tanda datangnya kiamat, perjalanan di alam barzakh, kebangkitan kembali hingga akhirat, Surga dan Neraka yang kisahnya diambil berdasarkan dari hadits nabi S.A.W. seluruh kisah diceritakan dengan baik melalui alqur’an dan juga hadist nabi.

PROFIL IBNU KATSIR

Nama: Ibnu Katsir (ابن كثير ), Ismail ibnu Kathir.
Nama lengkap: Abu al-Fida' Imadud Din Isma'il bin 'Umar bin Kathir al-Qurashi Al-Busrawi (إسماعيل بن عمر بن كثير القرشي الدمشقي أبو الفداء عماد الدين
Tempat lahir: Busra, Kesultanana Mamluk, Kairo, sekarang di Suriah.
Tanggal lahir: 1300 M / 701 H
Wafat: 18 Februari 1373 M/ 26 Sya'ban 774 H
Tempat wafat: Damaskus, Kesultanana Mamluk (Kairo), sekarang di Suriah.
Madzhab fikih: Madzhab Syafi'i
Aqidah: Atsariyah (Ahlul Hadis)
Terpengaruh oleh: Nawawi, Ibnu Taimiyah, Ibnul Qayyim, Al-Dzahabi.
Karya tulis:
- Tafsīr al-Qurʾān al-ʿaẓīm (Tafsir Ibn Kathir)
- Al-Bidāya wan Nihāya (“Yang awal dan yang akhir"), 14 jilid sejarah Islam.
- Kitāb al-jāmiʿ, kumpulan hadis.


MUKADDIMAH


مقدمة

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الأول الآخر، الباطن الظاهر، الذي هو بكل شيء عليم، الأول فليس قبله شيء، الآخر فليس بعده شيء، الظاهر فليس فوقه شيء، الباطن فليس دونه شيء، الأزلي القديم الذي لم يزل موجودًا بصفات الكمال، ولا يزال دائمًا مستمرًا باقيًا سرمديًا بلا انقضاء ولا انفصال ولا زوال. يعلم دبيب النملة السوداء، على الصخرة الصماء، في الليلة الظلماء، وعدد الرمال. وهو العلي الكبير المتعال، العلي العظيم الذي خلق كل شيء فقدره تقديرًا.

ورفع السماوات بغير عمد، وزينها بالكواكب الزاهرات، وجعل فيها سراجًا وقمرًا منيرًا وسوَّى فوقهن سريرًا، شرجعًا عاليًا منيفًا متسعًا مقبيًا مستديرًا - وهو العرش العظيم - له قوائم عظام، تحمله الملائكة الكرام، وتحفُّه الكروبيون عليهم الصلاة والسلام، ولهم زجل بالتقديس والتعظيم.

وكذا أرجاء السماوات مشحونة بالملائكة، ويفد منهم في كل يوم سبعون ألفًا إلى البيت المعمور بالسماء الرابعة لا يعودون إليه، آخر ما عليهم في تهليل وتحميد وتكبير وصلاة وتسليم.

ووضع الأرض للأنام على تيار الماء. وجعل فيها رواسي من فوقها وبارك فيها وقدر فيها أقواتها في أربعة أيام قبل خلق السماء، وأثبت فيها من كل زوجين اثنين، دلالة للألباء من جميع ما يحتاج العباد إليه في شتائهم وصيفهم، ولكل ما يحتاجون إليه ويملكونه من حيوان بهيم.

وبدأ خلق الإنسان من طين، وجعل نسله من سلالة من ماء مهين، في قرار مكين. فجعله سميعًا بصيرًا، بعد أن لم يكن شيئًا مذكورًا، وشرفه بالعلم والتعليم، خلق بيده الكريمة آدم أبا البشر، وصور جنته ونفخ فيه من روحه وأسجد له ملائكته، وخلق منه زوجه حواء أم البشر فأنس بها وحدته، وأسكنهما جنته، وأسبغ عليهما نعمته، ثم أهبطهما إلى الأرض لما سبق في ذلك من حكمة الحكيم. وبث منهما رجالًا كثيرًا ونساء، وقسَّمهم بقدرة العظيم ملوكًا ورعاة، وفقراء وأغنياء، وأحرارًا وعبيدًا، وحرائر وإماء.

وأسكنهم أرجاء الأرض، طولها والعرض، وجعلهم خلائف فيها يخلف البعض منهم البعض، إلى يوم الحساب والعرض على العليم الحكيم. وسخر لهم الأنهار من سائر الأقطار، تشق الأقاليم إلى الأمصار، ما بين صغار وكبار، على مقدار الحاجات والأوطار، وأنبع لهم العيون والآبار. وأرسل عليهم السحائب بالأمطار، فأنبت لهم سائر صنوف الزرع والثمار. وآتاهم من كل ما سألوه بلسان حالهم وقالهم { وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ } [إبراهيم: 34] فسبحان الكريم العظيم الحليم.

وكان من أعظم نعمه عليهم. وإحسانه إليهم، بعد أن خلقهم ورزقهم ويسر لهم السبيل وأنطقهم، أن أرسل رسله إليهم، وأنزل كتبه عليهم: مبينة حلاله وحرامه، وأخباره وأحكامه، وتفصيل كل شيء في المبدأ والمعاد إلى يوم القيامة.

فالسعيد من قابل الأخبار بالتصديق والتسليم، والأوامر بالانقياد، والنواهي بالتعظيم. ففاز بالنعيم المقيم، وزحزح عن مقام المكذبين في الجحيم ذات الزقوم والحميم، والعذاب الأليم.

أحمده حمدًا كثيرًا طيبًا مباركًا فيه، يملأ أرجاء السماوات والأرضين، دائمًا أبد الآبدين، ودهر الداهرين، إلى يوم الدين، في كل ساعة وآن، ووقت وحين، كما ينبغي لجلاله العظيم، وسلطانه القديم ووجهه الكريم.

وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، ولا ولد له ولا والد له، ولا صاحبة له، ولا نظير ولا وزير له ولا مشير له، ولا عديد ولا نديد ولا قسيم.

وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله، وحبيبه وخليله، المصطفى من خلاصة العرب العرباء من الصميم، خاتم الأنبياء، وصاحب الحوض الأكبر الرواء، صاحب الشفاعة العظمى يوم القيامة، وحامل اللواء الذي يبعثه الله المقام المحمود الذي يرغب إليه فيه الخلق كلهم حتى الخليل إبراهيم ﷺ وعلى سائر إخوانه من النبيين والمرسلين، وسلم وشرف وكرم أزكى صلاة وتسليم، وأعلى تشريف وتكريم.

ورضي الله عن جميع أصحابه الغر الكرام، السادة النجباء الأعلام، خلاصة العالم بعد الأنبياء. ما اختلط الظلام بالضياء، وأعلن الداعي بالنداء وما نسخ النهار ظلام الليل البهيم.

أما بعد

METODE DAN REFERENSI YANG DIGUNAKAN

Dalam menulis karya besar ini al-Hafizh Ibnu Katsir menggunakan referensi dasar yaitu al-Qur'an dan as-Sunnah, dibarengi dengan atsar dan khabar yang maqbul (diterima) oleh para ulama pewaris nabi yang biasa mengambil rujukan dari lentera sunnah nabi Muhammad.

Beliau berkata, "Kami tidak akan menyebutkan riwayat-riwayat Israiliyyat, kecuali yang telah diizinkan syariat untuk dinukil yang tidak menyelisihi al-Qur'an dan sunnah RasulNya li, dan inilah bagian dari hal-hal yang tidak boleh dibenarkan ataupun didustakan yang biasanya menceritakan secara lebih luas berita-berita ringkas yang terdapat dalam agama kita, seperti penyebutan nama yang tidak disebutkan dalam syariat kita, yang hakikatnya tidak begitu penting untuk kita ketahui detailnya, maka dalam hal ini kami akan sebutkan sebagai pelengkap saja bukan sebagai hujjah yang akan dijadikan sebagai landasan, sebab sandaran sebenarnya hanyalah al-Qur'an yang mulia dan riwayat-riwayat yang dinukil secara shahih ataupun hasan, adapun riwayat-riwayat yang lemah akan kami jelaskan kelemahannya ."[11]

Inilah metodologi yang dipakai pengarang buku-buku sirah nabi dan berita-berita
para nabi sebelumnya, dan demikian juga halnya metode yang dipakai pada bagian akhir kitab ini (tentang fitnah dan huru-hara hari kiamat) beliau selalu
bersandar kepada al-Qur'an dan riwayat-riwayat hadits yang menafsirannya baik secara marfu' ataupun mauquf baik hadits tersebut shahih ataupun hasan, dan beliau akan menyebutkan riwayat yang terdapat kelemahan di dalamnya sambil mengingatkannya.

Keunikan metode ini, beliau selalu menyebutkan hadits-hadits maupun atsar lengkap dengan sanadnya, agar para pembaca maupun peneliti dapat mengetahui kedudukan sanad tersebut, dan akan lebih mudah untuk mengkritisinya, beliau tidak pula menyebutkan berita Israiliyyat kecuali yang dibolehkan syariat saja, selain itu beliau tidak menyebutkannya kecuali untuk mengingkarinya.

Beliau telah menyebutkan kritikannya kepada ulama-ulama umat ini yang memuat dalam buku-buku mereka riwayat israiliyyat, beliau berkata, "Kami tidak akan mengikuti jejak mereka, ataupun menempuh jalan mereka, kami tidak akan sebutkan riwayat-riwayat seperti itu kecuali sedikit saja agar lebih ringkas, kemudian akan kami terangkan yang haq dan yang sesuai dengan apa-apa yang terdapat dalam agama kita, adapun berita yang menyelisihi konsep agama kita pastilah akan aku ingkari."[12]

Jadi referensi beliau di bagian pertama adalah sebagai berikut,

* Al-Qur'anul karim dan kitab-kitab tafsir bil mat'tsur (tafsir dengan atsar maupun hadits, pent.), kemudian asbabun nuzul (sebab turun ayat).

* Sunnah-sunnah yang diriwayatkan dari Nabi i§ baik yang terdapat dalam kitab-kitab Slinhih (yang memuat hadits shahih saja, pent.), kitab Sunan, Musnad, maupun ]ami'.

* Atsar yang dinukil dari perkataan sahabat dan para tabi'in.

* Kitab-kitab yang terdahulu seperti, Taurat dan Injil, namun beliau akan memilih-milih dari kitab tersebut -sebagaimana yang beliau sebutkan lebih dari sekali-, berita-berita yang boleh kita riwayatkan sebagaimana sabda Nabi

" Silakan menyampaikan riwayat dan bani Israil tidaklah mengapa, namun siapa saja yang berdusta atas namaku maka hendaklah mangambil tempat di neraka."[13]

* Di antara referensi beliau dalam penulisan sirah, kitab-kitab maghazi wa ad dalailun nubuwwah, khususnya kitab Maghazi Ibnu Ishaq dan Musa bin Uqbah, ataupun kitab Dalail an-Nubuwwah karya Abu Nu'aim ataupun Dalilun Nabi karya al-Baihaqi.

Disebabkan begitu luasnya bacaannya dan hafalannya terhadap sunnah nabi, sehingga seolah-olah beliau benar-benar mengusai semua yang terdapat dalam kitab-kitab Shahih, Sunan, Musnad, Mushannaf, dan kitab-kitab tafsir bil ma'tsur yang berkaitan dengan tema-tema yang terdapat dalam sirah nabi.

Adapun referensi beliau dalam menulis kejadian-kejadian penting dan wafatnya para tokoh adalah kitab-kitab yang telah disebutkan tadi, khususnya penukilan dari kitab Tarikh Rusul wal Muluk karya Ibnu Jarir ath-Thabari (wafat 310 H), Tarikh Madinah ad-Dimasyqi karya Ibnu Asakir (wafat 571 H), kitab al-Muntazham karya Ibnu al-Jauzi (wafat 597), kitab al-Kamilfi at-Tarikh karya Ibnu al-Atsir (wafat 630).

Adapun ketika menulis Masa Dinasti Ayyubi dan Dinasti Mamalik beliau bersandar kepada kitab penulis yang hidup di zaman itu, seperti Kitab Mir'atu az-Zaman fi Tarikh al-A'yan karya Sibt al-Jauzi (wafat 653 H) dan kitab ar-Raudatain fi akhbar ad-Daulatain an-Nuriyah wa as-Salahiyyah karya Abdurrahman bin Ismail al-Maqdisi (wafat 669 H), kitab al-Jami' al-Mukhtasar fi Umtrni at-Tawankh wa Uyun as-Siyar karya Ibnu Anjab yang dikenal dengan Ibnu as- Sa'iy (wafat 673), kitab Wafayatul 'A'yan wa anba'n Abnai az-Zaman karya al-Qadhi Ibnu Khalkan (wafat 681 H), kitab Qutbuddin al-Yunini (wafat 736 H) yang merupakan syarah kitab Mir'atu az Zaman karya Sibt al-Jauzi, kitab al-Mucjtafa fi at-Tarikh yang merupakan penjelasan dari kitab Tarikh Abu Syamah karya Alamuddin al-Qashim al-Barzali (wafat 739 H).[14]

Beliau juga banyak mengambil referensi dari kitab Tarikh Islam karya imam Adz-Dzahabi (wafat 748 H) khususnya ketika menukil tanggal wafat para tokoh dan biografi mereka, tidak hanya itu saja tetapi beliau juga banyak mengambil dari sejarah yang beliau alami dan beliau saksikan sendiri. Ditambah pula dengan sejarah yang dialami dan saksikan para gurunya.

Di antara sekian informasi sejarah penting itu beliau lebih mengkhususkan diri dengan mengkaji berbagai keterangan dari berita-berita yang disampaikan guru beliau, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, baik mengenai perdebatannya dengan lawan-lawannya, sepak terjangnya dalam berjihad maupun sikapnya.

Nampak jelas bagi kita dari buku ini betapa luas wawasan Ibnu Katsir dalam masalah ilmu-ilmu syariat, istkjomah dan kelurusan aqidah maupun pemikirannya dan kecenderungannya terhadap sunnah nabi.

Tidak hanya sekedar menukil, tetapi beliau banyak mengkritisi nash-nash yang sampai kepadanya, selain itu beliau akan saring dan pilih dengan seksama sambil terus berusaha untuk meringkas, merangkum , mengkritik sanad dan matannya, dan terkadang mendiskusikan serta membantah pendapat-pendapat yang keliru dengan buah pikirannya yang jelas dan jitu. Namun terkadang terlihat dirinya mengikuti pendapat ulama-ulama terdahulu meskipun sebenarnya beliau tidak merasa puas dengan berbagai pendapat tersebut.[15]

CATATAN

11 Ibid 1/6.

12 Ibid 1/6.

13 Diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam Shahihnya, Kitab Ahadits al-Anbiya. (6/ 496 dengan Fathu! Bari).

14 Lihat Mas'ud ar-Rahman an-Nadawi, Ibnu Katsir al-Muarrikh. 116-121, 136-139.

15 Al Bidayah wan Nihayah, 8/202.

DOWNLOAD TERJEMAH AL-BIDAYAH WAN NIHAYAH (RINGKASAN)

- Al Bidayah Wan Nihayah

DOWNLOAD KITAB AL-BIDAYAH WAN NIHAYAH VERSI ARAB (LENGKAP 15 JUZ)

- Al Bidayah Wan Nihayah 0 (Cover)
- Al Bidayah Wan Nihayah 1a
- Al Bidayah Wan Nihayah 1b
- Al Bidayah Wan Nihayah 2
- Al Bidayah Wan Nihayah 3
- Al Bidayah Wan Nihayah 4
- Al Bidayah Wan Nihayah 5
- Al Bidayah Wan Nihayah 6
- Al Bidayah Wan Nihayah 7
- Al Bidayah Wan Nihayah 8
- Al Bidayah Wan Nihayah 9
- Al Bidayah Wan Nihayah 10
- Al Bidayah Wan Nihayah 11
- Al Bidayah Wan Nihayah 12
- Al Bidayah Wan Nihayah 13
- Al Bidayah Wan Nihayah 14
- Al Bidayah Wan Nihayah 15
- Al Bidayah Wan Nihayah 16
- Al Bidayah Wan Nihayah 17
- Al Bidayah Wan Nihayah 18
- Al Bidayah Wan Nihayah 19
- Al Bidayah Wan Nihayah 20
LihatTutupKomentar